4 Macam sticker Dibidang Industri, Manakah Yang Anda Butuhkan?

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by ilovemaci, Feb 11, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan yang namanya sticker. Ya, kertas atau plastik yang dapat menempel dan biasa ditemukan pada kemasan, entah itu kemasan minuman, makanan, botol, kaleng, kardus dan sebagainya. Namun, apakah kita cukup luas mengetahui tentang sticker? Maka dari itu saya akan menjelaskan dalam artikel ini mengenai sticker.

    Pengertian dan fungsi sticker

    Sticker merupakan media informasi visual berupa lembaran kertas atau plastik dengan berbagai warna, bentuk, ukuran dan di sisi belakangnya terdapat perekat yang berfungsi agar dapat menempel pada suatu tempat atau benda yang kita inginkan.

    Fungsi dari sticker yakni bisa sebagai media promosi tempel pada kemasan sebuah produk sebagai informasi mengenai sebuah merek agar pembeli mengenali produk tersebut dan dapat membedakan dengan pesaing. Sticker bisa juga sebagai segel suatu barang electronic untuk mengetahui keaslian barang dan garansinya. Biasanya menggunakan sticker hologram untuk pembuatan sticker security atau segel.

    [​IMG]

    Manfaat sticker

    Seperti yang sudah disebutkan diatas, manfaat sticker adalah sebagai media promosi atau informasi mengenai sebuah produk dan juga sebagai segel garansi. Namun masih ada lagi manfaat sticker, yakni untuk memperbagus visual suatu barang misalnya sticker untuk body motor dan mobil, hiasan tembok dan lain-lain. atau sticker sebagai media pemilu dan pilkada, mengetahui keaslian produk, souvenir, sticker organisasi atau kelompok dan masih banyak lagi manfaatnya.

    Jenis-jenis bahan sticker

    Ada berbagai jenis dari bahan sticker yang sering digunakan yaitu :

    1. Sticker vinyl

    Bahan sticker ini terbuat dari bahan sejenis plastik yang tahan terhadap air dan tidak mudah sobek. Maka bahan sticker ini cocok untuk diterapkan pada area outdoor karena tidak mudah luntur warnanyadan daya tahannya sangat kuat. Tidak heran dengan harganya yang cukup mahal dari jenis yang lainnya.

    2. Sticker bontaks

    Bahan yang satu ini fisiknya sama seperti kertas biasa namun memiliki daya rekat yang sangat kuat. Karena itulah sticker bontaks digunakan sebagai sticker pada kemasan suatu produk. Bisa dicetak menggunakan inkjet biasa. Untuk menambah daya tahan sticker ini bisa ditambah dengan proses laminasi.

    3. Sticker chrome

    Sticker chrome merupakan kertas sticker yang memiliki lapisan glitter atau berkilau kilau. Jenis ini tidak bisa diprint, hanya dipotong sesuai keinginan. Biasanya digunakan sebagai sticker body motor dan mobil.

    4. Sticker HVS
    [​IMG]
    Seperti namanya sticker HVS memiliki ukuran sama seperti kertas HVS biasanya dan pastinya ada di toko-toko buku . jenis ini dapat diprint hanya menggunakan tinta biasa dan kekuatannya juga terbatas seperti lemnya yang mudah lepas, biasanya hanya digunakan untuk mencetak souvenir saja.
     

Share This Page