4 Tips dan Trik Mencegah Baja Ringan Karatan

Discussion in 'Introductions' started by fikryan, Jan 29, 2020.

  1. fikryan

    fikryan New Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Saat ini banyak pelaksana ataupun kontraktor terutama di daerah perkotaan mulai mengganti struktur penutup atap mereka atau kuda-kuda dan kaso kayu digantikan dengan baja ringan dengan mempertimbangkan ketersedian barang yang melimpah dan harga yang kompetitif.

    Dari segi kekuatan memang baja ringan bisa diadu dengan kayu, namun baja ringan tetap memliki kelemahan salah satunya adalah masalah karatan. Meski sudah dilapisi dengan zat anti-karat, bukan berarti baja ringan ini bisa langsung terbebas dari korosi atau pengaratan yang disebabkan banyak faktor. oleh sebab itu setidaknya ada empat hal yang harus kita hindari penyebab karat pada baja ringan, apa saja mari kita simak bersama.

    [​IMG]

    1. Hindari goresan alat kerja berlebih

    Banyak faktor yang dapat menyebabkan korosi atau karatan salah satunya adalah tergores alat kerja, Ketika terjadi goresan pada baja ringan, maka secara otomasitis permukaan baja yang tergores tidak lagi terlindung dari zat anti karat, dan goersan tersebut akan berhubungan langsung dengan oksigen.

    pada proses oksidasi itulah, antara oksigen dengan zat kimia baja yang kemudian dapat menimbulkan karatan atau korosi. Maka dari itu ketika terjadi goresan atau penyebab lain seperti salah potong dan bekas sambungan alangkah baiknya untuk secapat mungkin melakukan pelapisan ulang menggunakan zat anti karat.

    dan untuk melakukan pencegahan lebih lanjut, baiknya kurangi kesalahan se-minimal mungkin dalam pemasangan baja ringan agar tidak menimbulakan banyak goresan-goresan di permukaan baja ringan.

    2. Hindari Cairan Asam

    Pada bagiang kedua yang perlu dihindari adalah Cairan atau larutan yang bersifat asam, karena sangatlah reaktif ketika bersinggungan atau kontak langsung dengan permukaan baja ringan

    Jika hal itu terjadi maka lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan dengan seketika mampu menimbulkan karat pada permukaan

    Pada umumnya larutan yang mengandung unsur asam ada pada produk-produk pembersih, salah satunya pembersih lantai ataupun keramik. Oleh sebab itu, singkirkanlah jauh-jauh larutan tersebut agar tidak berdekatanan secara langsung.

    3. Hindari Hujan dan Panas

    Meskipun sudah dilengkapi lapisan anti karat, namun baja ringan bukanlah material yang bisa kita gunakan secara langsung di lingkungan outdoor, tanpa adanya perlindungan dari atap. Pasalnya lama-kelamanan ketahanan baja ringan bisa semakin menurun apabil terkena air hujan dan panas berlebih. Jadi lebih baik melindungi baja ringan dari hujan ataupun panas.

    4. Hindari Air Semen

    Agar baja ringan awet dan terhindar dari karat, kami sarankan untuk mencegah baja ringan berkontakan langsung dengan air semen. Pasalnya air semen bisa merusak lapisan anti karat yang sudah diberikan oleh pabrikan untuk mencegah baja ringan dari karat.

    Nah itulah beberapa tips dari kami agar baja ringan awet dan terhindar dari kawat. Kalian mungkin memiliki tips penting lainnya, jadi jangan lupa untuk berkomentar agar kita bisa belajar bersama-sama soal baja ringan dan material bangunan lainnya.
     
Loading...

Share This Page