5 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Tape Mobil USB

Discussion in 'Otomotif' started by audiomobilbsd, Feb 19, 2018.

  1. audiomobilbsd

    audiomobilbsd New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Head Unit untuk mobil.jpg

    Hampir semua orang menyenangi aktivitas mendengarkan musik. Bahkan, saking menyenangkannya aktivitas ini, musik senantiasa diperdengarkan di segala tempat, waktu, dan kondisi. Tak terkecuali ketika berada dalam sebuah perjalanan. Ya, di mobil pun menyetel musik dianggap sebagai sarana hiburan utama yang tak boleh ditinggalkan.

    Oleh karenanya, dalam interior sebuah mobil telah disediakan space khusus untuk memasang head unit tape mobil. Tape mobil ini sendiri turut berkembang sesuai zaman, hingga saat ini tampil semakin canggih dengan kualitas audio yang sangat baik.

    Jika dulu tape mobil hanya bisa memainkan lagu dengan media CD audio dan MP3, kini tape mobil juga bisa disambungkan dengan kabel USB, sehingga Anda pun bisa mendengarkan musik yang bersumber dari flashdisk, Android, ipod, atau iPhone.

    Nah tentunya, terobosan tape mobil USB ini menawarkan beragam kelebihan yang membuatnya digandrungi dan terpilih sebagai head unit standar yang harus ada pada sebuah mobil. Berikut beberapa kelebihan tersebut.

    Unggul dalam Hal Konektivitas

    Karena dapat dihubungkan dengan kabel USB, tentunya tape mobil ini juga didukung oleh fitur canggih dalam hal kecepatan konektivitas. Fitur ini menjadikan musik atau lagu bisa diputar dan berpindah secara lebih cepat. Jauh berbeda dengan tape mobil CD Player yang cenderung lebih lambat dan ribet. Tak hanya itu, tape mobil ini juga sangat mudah dikoneksikan dengan perangkat multimedia lain seperti ipod dan ponsel pintar.

    Cenderung Lebih Simpel

    Dengan menggunakan tape mobil USB, Anda hanya perlu mencolokkan USB (flashdisk, ipod, dan ponsel pintar) yang telah berisi lagu-lagu favorit. Dan lagu tersebut akan secara otomatis diputar atau dimainkan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menyediakan berkeping-keping CD dan bolak-balik menggantinya.

    Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa USB telah terisi dengan lagu-lagu berformat MP3. Untuk itu, Anda harus terlebih dulu menyiapkan USB tersebut dengan mentransfer file lagu dari komputer atau laptop. Begitu pun halnya ketika Anda menggunakan ipod dan smartphone, harus telah terisi dengan lagu/musik berformat MP3.

    USB Berkapasitas Lebih Besar dan Lebih Fleksibel

    Kelebihan utama dari USB adalah bentuknya yang kecil namun mampu menampung file yang jauh lebih besar dibandingkan dengan CD (Compact Disk). Jadi, dengan kapasitas tersebut dapat dipastikan bahwa Anda tidak perlu mengisi dashboard mobil dengan tumpukan CD, melainkan hanya perlu menyediakan sebuah flashdisk atau bahkan dengan hanya menggunakan ponsel pintar yang Anda bawa. Dalam hal ini, USB memiliki keunggulan karena tidak memakan tempat, serta bisa lebih fleksibel untuk dibawa ke mana-mana sesuai kebutuhan.

    Namun, karena bentuknya yang kecil (mini), Anda juga perlu berhati-hati dalam hal penyimpanan karena semakin kecil sebuah barang, maka potensi hilang juga akan semakin besar. Untuk meminimalisasi potensi kehilangan, alangkah baiknya jika Anda menggunakan USB khusus untuk mobil. Dalam arti, jangan campur USB mobil dengan kebutuhan lainnya dan sediakan tempat khusus untuk menaruh USB tersebut.

    Adanya Preamp

    Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan amplifier eksternal, seperti speaker atau subwoofer. Jika Anda tertarik untuk menambahkannya, sebaiknya pilihlah subwoofer dengan model output khusus, sehingga Anda lebih mudah mengatur volume, tegangan output, dan kontrol kualitas audio.

    Kualitas Audio Lebih Baik

    Jika tujuan Anda memasang head unit adalah untuk mendengarkan musik, tape mobil jenis ini memang lebih baik dibandingkan dengan head unit Double Din. Tape mobil USB diyakini memiliki kualitas suara stereo lebih baik, karena memang khusus diproduksi untuk memainkan musik secara 'audio'. Berbeda dengan Double Din yang menawarkan audio dan visual, serta beragam fitur canggih lainnya.

    Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakantape mobil USB untuk mobil Anda.
     
Loading...

Share This Page