5 alasan mengapa harga bticoin turun

Discussion in 'General Internet' started by sdkrahman, Sep 29, 2019.

  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital yang sangat riskan terhadap perubahan nilai. Itulah yang terjadi untuk saat ini, tidak tahu kedepannya akan seperti apa. Apakah akan menjadi salah satu mata uang yang diakui oleh semua negara, memiliki sistem lebih sempurna dari sekarang sehingga fluktuasi nilai menjadi stabil atau malah menghilang dari peredaran dunia maya.

    Mungkin Anda bertanya-tanya, apasih yang menyebabkan penurunan nilai dari mata uang Bitcoin ini. Untuk memahami hal tersebut, salah satu contoh simpelnya adalah jika jumlah suatu barang sedikit maka nilainya pasti tinggi, begitupun sebaliknya. Agar lebih jelas, kami akan memaparkan faktor apa saja yang membuat Harga Bitcoin Hari Ini turun. Sehingga Anda akan lebih berhati-hati dalam memperhatikan pasar.

    1. Tambang bitcoin tutup

    Jika salah satu tambang bitcoin yang ada di dunia digital tutup, maka kemungkinan mereka akan melepas semua bitcoin yang mereka miliki. Sehingga, ketersediaan mata uang tersebut akan melimpah di pasaran. Hal ini sendiri akan memicu efek berantai yang mengakibatkan penurunan harga. Beberapa alasan tutupnya sebuah tambang adalah ketidak mampuan mereka dalam mengolah keuangan, hasil tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan, terjadi perpecahan internal atau pemerintah setempat mengeluarkan larangan beroperasi.

    2. Perusahaan exchange tutup

    Perdagangan bitcoin sama halnya juga dengan perdagangan falas yang akan terjadi pergolakan pasar bila terdapat masalah pada sebuah perusahaan exchange. Penutupan bursa bitcoin karena diserang hacker, terdapat masalah hukum atau masalah lainnya akan membuat kepercayaan pasar menurun. Hal ini justru akan mengakibatkan para pemilik bitcoin yang telah bergabung sebagai anggota di perusahaan tersebut malah jadi mengalihkan investasinya ke bursa lain yang lebih aman bagi mereka. Sehingga, jumlah bitcoin di pasaran akan terus melimpah dan berefek pada penurunan harga yang sangat tinggi.

    3. Pengumuman larangan penggunaan Bitcoin

    Saat ini, beberapa negara besar yang memiliki kekuatan ekonomi stabil dan kuat memang memberikan izin terhadap perdagangan mata uang digital ini. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa negara yang sebelumnya memberikan izin tersebut akan mencabutnya dikemudian hari. Jika hal tersebut terjadi, maka para pengguna akan melepas bitcoinnya ke pasar. Lagi-lagi hal ini akan mengakibatkan pada peningkatan ketersediaan bitcoin yang akan berefek penurunan nilai.

    4. Jumlah trader lebih banyak dari user

    Penggunaan bitcoin sendiri dalam hal melakukan transaksi online memang lebih sedikit dari para trader yang hanya memanfaatkan perubahan nilai untuk mencari profit. Maka perubahan nilai bitcoin sampai hari ini masih sangat fluktuatif atau berubah-ubah. Salah satu kasus untuk memahami hal tersebut yaitu ketika harga turun maka para trader berlomba untuk membeli bitcoin. Sementara ketika harga BTC naik kembali, para trader melepasnya kepasaran yang mengakibatkan harga BTC kembali turun. Bahkan, jika pelepasan bitcoin oleh para trader dilakukan secara bersamaan dalam jumlah yang sangat besar, maka kemungkinan besar nilai BTC akan turun drastis.

    5. Terjadi penipuan

    Maraknya penipuan yang terjadi dalam dunia online juga melanda pada bisnis investasi yang menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi. Seperti yang terjadi pada sebuah perusahan investasi MyCoin yang berasal dari hong kong. Dengan berbagai iming-iming, para investor bersedia memberikan dananya untuk dikelola pada perusahaan tersebut. Dalam beberapa bulan, mereka mendapat investor yang lumayan banyak. Ketika MyCoin menghilang tanpa jejak, situs tidak bisa diakses, semua membernya ketakutan yang akhirnya melepas bitcoin yang dipegangnya kepasar. Hal ini berakibat meningkatnya supply bitcoin yang mengakibatkan harga turun drastis.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,237
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Dulu sejak jaya-jayanya nilai bitcoin sangat tinggi
    tapi kalau sekarang volume kapitalisasi marketnya menurun, bisa jadi kurang menarik lagi untuk para trader
     
  3. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    240
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Kalo si Libra bisa jadi saingan ketat bitcoin, ga?
     
  4. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    415
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Dalam semua bidang "Penipuan" sebuah hal yang pasti berdampak buruk ya.
     
  5. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    416
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    sejak dilarang sih yang paling berasa nya , langsung drop nilai nya
     
  6. Romi Suganda

    Romi Suganda Member

    Joined:
    Nov 3, 2014
    Messages:
    25
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kalau dibilang turun, jika dibandingkan awal tahun, bitcoin masih di atas itu nilainya saat ini

    Kenapa sekarang trend menurun (kita bikin konteks sempit ya sebulan terakhir), menurut saya tidak lepas karena ekonomi dunia dan para pemegang uang sudah mulai bisa menerka dan memiliki plan-plan lebih matang setelah awal mula perang dagang china amerika dimulai.. Nominal yang dimiliki segerintil orang itu tentu cukup banyak dibanding uang-uang member-member kecil. Jika mereka menarik diri, tentu bitcoin menjadi turun dan yang tersisa hanyalah trader-trader kecil saja

    Dollar sudah mulai stabil, pergerakan tidak terlalu ekstrem saat ini. Emas juga relatif stabil, naik turun sudah lebih normal dibanding beberapa bulan terakhir

    Andaikata bitcoin turun menjadi 50an juta barulah kita gelar lapak analisa mendalam karena saat ini meski turun, turunnya masih lebih tinggi dibanding sebelum perang dagang
     
Loading...

Share This Page