5 Bisnis Modal Dengkul yang Bisa Anda Maksimalkan Saat ini!

Discussion in 'General Business' started by tukangbaso, Jan 6, 2017.

  1. tukangbaso

    tukangbaso New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Setiap orang memiliki mimpi untuk membuat bisnis sendiri. Bayangan yang mereka miliki adalah mempunyai penghasilan atas keras mereka. Tapi tentu saja dalam meraih mimpi tersebut ada hambatan yang menghadang. Kadang hambatan itu datang dari diri sendiri dan dari luar. Sering kali karena hambatan tersebut, kita yang awalnya semangat menjadi malas-malasan dalam menggapai cita-cita. Salah contoh adalah minimnya modal untuk usaha.

    Sebenarnya Anda masih bisa mempertimbangakn memulai usaha dengan meminjam uang, menggadaikan barang, hibah, dan penggalangan dana (crowdfunding). Jika lebih kreatif, bisnis tidak melulu dihubungkan dengan modal yang besar dan usaha yang berat. Sebelum masuk ke area bisnis yang sesungguhnya, ada baiknya Anda mempertimbangkan era online. Beberapa tips yang bisa saya berikan antara lain ;

    Sebelumnya pisahkan dulu mana ide yang mengandung biaya dan tidak.

    Perencanaan. Semua bisnis mutlak harus direncanakan, baik ketika akan memulai, menjalani dan evaluasi. Tak apalah, perencanaan masih gratis.

    Sebuah nama domain. Anda harus berinvestasi dalam brand online Anda sejak dini,namun tetap mempertimbangkan profesionalitas.Harga domain .com biasanya berkisar antara 115 ribu hingga 150 ribu, tergantung di website mana Anda mencari. Cari nama domain yang mewakili nama produk atau bisnis Anda.

    Sebuah situs website. Website adalah rumah bagi usaha Anda di dunia online, semakin baik desain website Anda maka semakin betah pula pengunjung di web Anda. Gunakan web profesional seperti wordpress.

    Marketing. Tidak menampik bahwa suatu usaha besar juga karena jasa pemasaran, diaman brand bisa dikenal banyak orang. Pemasaran adalah kunci selain dari produk yang kita miliki bagus. Di dunia online ada beberapa cara yaitu ; Social media marketing, SEO, Content marketing.

    Produk. Pada akhirnya, semua bisnis perlu menjual sesuatu, yang biasanya berarti membutuhkan investasi.

    Lalu jenis usaha apa yang bisa dilakukan bahkan dengan modal dengkul?

    1. Kreasi Pribadi

    Pertama, ada kreasi pribadi, seperti seni dan kerajinan. Tiap manusia dikaruniai keahlian yang berbeda-beda. Contoh yang paling nyata adalah melukis, Anda hanya perlu mempersiapkan kanvas dan cat. Jika ingin lebih murah lagi Anda hanya perlu mempersiapkan cat hitam (lukisan hitam putih). Setelah selesai Anda kerjakan, bisa dijual di toko online yang tidak memerlukan biaya pendaftaran seperti Tokopedia, OLX, Bukalapak dan lain-lain. Media sosial pun juga tidak luput dari sasaran, metode social media marketing saat ini terkenal ampuh mengubah pangsa pasar. Anda bisa membuat porfil instagram dan memajang hasil karya tersebut di dalamnya. jangan lupa untuk menulis kontak agar bisa dihubungi.

    2. Cleaning Service

    Jakarta sebaga ibukota Indonesia sebagai tempat tinggal lebih dari 10 juta jiwa, pasti memiliki berbagai macam peluang usaha untuk dikembangkan. Jika Anda mencermati, layanan house keeping di hotel sebenarnya bisa menjadi ladang Anda mencari pundi-pundi. Beberapa waktu yang lalu saya searching di Google bahwa layanan ini sudah banyak yang menyediakan, namun tentunya masih ada peluang untuk hal tersebut mengingat Jakarta adalah kota padat penduduk.

    3. Jasa Service Peralatan

    Satu lagi yang berhubungan dengan pelayanan, jasa service peralatan. Pastinya setiap rumah memiliki barang elektronik, dimana hal tersebut sudah umum dimiliki oleh orang jaman sekarang namun bukan berarti orang tersebut mengetahui cara merawat barang. bagi Anda yang memiliki ketrampilan di bidang service elektronik, entah itu AC, Kulkas, Radio, TV, jangan lewatkan kesempatan ini.

    4. Konsultan

    Pernah mendengar Mario Teguh, Jeames Gwee dan motivator lain? Mereka adalah konsultan bisnis yang mempunyai jaringan luas. Bekerja menjadi konsultan memang gampang-gampang sulit. Seorang konsultan harus bisa meraba bagian mana dari perusahaan yang ia layani, yang bisa ia beri masukan pengembangan, strategi dan tips untuk menjadi lebih produktif. Selain itu menjadi konsultan haruslah memiliki pengetahuan yang luas untuk membuat rancangan aksi perusahaan ke depan.

    5. Reseller

    Ide kreatif ini sedang booming di Indonesia. Anda tidak memerlukan modal, cukup hanya mengerti alur bisnis produk kemudian memasarkannya. Ya, pemasaran adalah kunci dari jenis produk ini. Semakin banyak yang membeli dari Anda semakin banyak pula barang yang bisa dipindahkan. Sistem dropshipping adalah metode yang paling banyak digunakan dalam reseller. Jangan khawatir, semua produk bisa dibuat metode reseller.

    Setelah Anda mendapatkan bisnis Anda mulai berjalan dan berkembang, pasti ada sisi keuntungan yang didapat. Ada baiknya untuk menginvestasikan uang tersebut dibidang yang lain tapi tentunya dengan perhitungan yang matang.

    Mudah-mudahan, pembahasan diatas bisa meringankan jalan Anda dalam berbisnis. Selamat mencoba!

    Ditulis oleh : Nofa Riyanto Nurhuda — Writer Staff PPOB Nusantara
     
  2. tonih123

    tonih123 New Member

    Joined:
    Dec 13, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jasa service peralatan sih yang bisa jadi pilihan mah hmm
    Soalnya jasa ini lumayan loh, apalagi kalauy kita jago service, pasti menang banyak wkwkwk
     
  3. Asara90

    Asara90 New Member

    Joined:
    May 18, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Reseller kayaknya memang bisa dijadikan salah satu bisnis yang bagus bila di jalankan, apalagi kalo memang menjadi reseller yang menawarkan produk ataupun jasa yang menarik.
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,672
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Saya ada teman yang pinter service tv dan lain sebagainya memang ini memberikan hasil yang lumayan katanya bahwa kadang harga komponen tak seberapa tapi ambil ongkosnya yang seberapa suka
     
  5. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    intinya tetap sabar dan semangat jangan putus asa
     
  6. Omar Abdullah

    Omar Abdullah New Member

    Joined:
    Mar 19, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page