5 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lelet Menjadi Cepat

Discussion in 'General Internet' started by Ganyool, Jan 2, 2020.

  1. Ganyool

    Ganyool Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    421
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    HP yang lemot bisa terjadi kapan saja apalagi jika lemotnya pada saat kita lagi membutuhkan sekali HP tersebut sehingga pekerjaan yang ingin dilakukan akan terhambat dan memakan banyak waktu. Menurunya kecepatan kinerja handphone android bisa disebabkan oleh beberapa faktor misal saja memori terlalu penuh, kerusakan pada hardwarenya, software yang terinstall di HP dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasi permasalahan yang ada tidak bisa menggunakan satu cara saja, melainkan bisa banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka dari itu simak baik-baik tips yang akan admin berikan kepada kalian semua supaya HP Smartphone kalian tidak lemot lagi.

    1. Bersihkan Memori dan Hapus Aplikasi yang tidak berguna
    Pada saat memiliki HP baru rasanya kita ingin sekali menginstall apa saja yang ada di google play. Untuk menginstall suatu aplikasi kalian harus pintar untuk melihat apakah aplikasi tersebut bisa dijalankan di HP kalian dan apakah memori internalnya cukup? Semakin banyak aplikasi yang kalian install tentunya HP akan melakukan suatu kinerja walaupun kalian tidak menggunakan aplikasi tersebut. RAM yang ada di dalam HP akan memproses aplikasi tersebut dan akan banyak memakan kapasitas RAM kalian.

    Solusi : Sering-sering membersihkan memori cache atau data yang ada didalamnya, tetapi berhati-hatilah pada saat ingin menghapus cache atau data ini. Jika aplikasi ini sering kalian pakai silahkan hapus cachenya saja, Menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting sekali / jarang digunakan. Dengan melakukan 2 hal ini HP kalian akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan yang sebelumnya.

    2. Kurangi Penggunaan Widget
    Memiliki widget yang berlebihan tentunya tidak sangat penting untuk HP yang memiliki spesifikasi rendah, jika kalian memiliki HP dengan spesifikasi yang tinggi boleh-boleh saja untuk memakainya tetapi jangan terlalu besar memorinya karena hal ini tidak penting dan hanya mempercantik tampilan HP saja. Program widget atau tema akan memaksa RAM untuk bekerja terus menerus walaupun kalian tidak sedang menggunakannya contohnya seperti laporan cuaca pada HP yang akan terus mengupdate di setiap saat dan dimanapun kalian berada.

    Solusi : Hapus / kurangi widget yang tidak berguna.

    3. Kurangi penggunaan Tema Animasi
    Hampir mirip dengan poin yang kedua, tema dengan animasi akan membuat RAM kalian bekerja yang tidak semestinya, selain boros baterai animasi tema juga akan mengurangi kinerja HP kalian. Biasanya orang menggunakan tema animasi hanya untuk mempercantik tampilan HP saja.

    Solusi : Nonaktifkan saja tema animasinya.

    4. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar
    Pada saat bermain HP, admin yakin jika kalian sudah selesai menggunakannya kalian akan menekan tombol back. Tombol tersebut tidak akan membuat aplikasi kalian mati. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan tentunya kecepatan HP kalian akan semakin berkurang dan bahkan jika Hpnya tidak kuat bisa langsung mati.

    Solusi : Cek di Pengaturan > Manajer Aplikasi > Aplikasi Berjalan. Nah disana kalian akan melihat beberapa aplikasi yang berjalan. Jika sudah tahu dan jika tidak dibutuhkan lagi lebih baik dimatikan saja untuk menghemat memori dan baterai.

    5. Mematikan Auto-Sync
    Auto-Sync ini fungsinya yaitu mensinkronisasi suatu aplikasi secara otomatis sehingga data akan terus diperbaharui. Masih banyak orang menyepelekan hal ini dan kebanyakan dari mereka masih menggunakan Auto Sync.

    Solusi : Supaya kinerja HP semakin cepat kalian bisa menonaktifkan Auto-Sync ini dengan cara masuk ke Pengaturan > Akun > Hilangkan Centang pada Sinkronisasi Data Otomatis.

    Sumber : https://www.masfavo.com/2019/12/7-tips-ampuh-cara-mengatasi-hp-android-lemot.html
     
  2. Penulis Artikel

    Penulis Artikel New Member

    Joined:
    Aug 10, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    3 dari trik ini sudah saya coba... tapi masih lelet om main pubg... kenapa ya.. padahal ram udh 6 gb
     
Loading...

Share This Page