5 Cara Cepat Bereskan Pembukuan Dengan Aplikasi Tanpa Menguras Kantong

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Sisi Setya, Aug 5, 2020.

  1. Sisi Setya

    Sisi Setya New Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    16
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Pernahkah Anda kesulitan dalam membereskan pembukuan dengan cepat?

    Tunggu berhari-hari
    untuk mendapatkan laporan keuangan yang lengkap.

    Banyak pebisnis hanya fokus untuk penjualan saja, namun tidak menyadari pentingnya cara mengelola keuangan dengan benar sampai terjadi kebocoran pada bisnisnya.

    Disinilah peran penting sebuah pembukuan, yaitu untuk melihat apakah keuangan bisnis benar-benar sehat. Semakin rapih pembukuan Anda maka akan semakin cepat Anda menentukan arah bisnis Anda.

    Lazimnya UKM atau pebisnis melakukannya secara manual mulai dari pengumpulan bukti transaksi bank, nota, struk belanja sampai dengan klaim yang dilakukan oleh internal tim Anda.

    Namun, kini pebisnis terbantu dengan sistem cloud accounting. Sistem ini merupakan sistem kombinasi antara teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program akuntansi melalui koneksi internet secara bersamaan.

    Dengan sistem aplikasi ini, pemilik bisnis ataupun UKM tidak perlu menguras kantong terlalu mahal untuk mendapatkan sistem dengan fitur canggih yang membantu membereskan pembukuan repot. Bisnis akan semakin efektif dijalankan dengan adanya sistem otomatis.

    Inilah 5 cara cepat untuk membereskan pembukuan menggunakan aplikasi tanpa menguras kantong.

    1. Rekonsiliasi Ribuan Transaksi Bank Secara Otomatis

    Jaman sekarang, semua transaksi keuangan semakin cepat dan mudah. Biasanya pemilik bisnis harus repot rekap puluhan bahkan ratusan transaksi melalui rekening koran secara manual. Kini tidak perlu khawatir, aplikasi akuntansi berbasis cloud akan membantu Anda dalam melakukan rekonsiliasi perbankan secara otomatis. Anda sangat dipermudahkan untuk melacak setiap transaksi bank dengan pembukuan secara realtime.

    2. Rutin Lacak Kebocoran Pengeluaran Bisnis Anda

    Sebagai pebisnis sangat wajar, jika fokus utamanya adalah penjualan. Namun, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memantau dengan benar pengeluaran yang terjadi dalam bisnis.

    Jika Anda masih menggunakan sistem lama, maka akan sulit untuk memantau secara cepat. Era digitalisasi membuat pengeluaran bisnis dapat terlacak dengan mudah hanya melalui aplikasi.

    Tentu Anda ingin untuk mengatur arus kas dengan benar sebelum terlambat bukan?

    Salah satu cara yang dapat dilakukan pemilik bisnis adalah mengetahui sumber kebocoran pengeluaran bisnis dengan satu tampilan praktis dalam aplikasi pembukuan. Semakin cepat Anda mengetahui sumber kebocoran, maka semakin cepat Anda dapat memperbaiki arus kas bisnis ditengah ekonomi sulit.

    3. Pantau Arus Kas, Laba Rugi dan Tagihan Tertunggak Dengan Cepat

    Dengan situasi seperti ini, sangatlah penting untuk mengetahui secara cepat kondisi keuangan bisnis. Namun bagaimana semua itu terjadi jika Anda masih menggunakan pembukuan secara manual. Butuh waktu cukup lama, untuk dapat menganalisa segala transaksi yang terjadi.

    Manfaatkan teknologi dengan maksimal melalui aplikasi pembukuan untuk memantau arus kas masuk dan keluar, laporan keuangan lain bahkan sampai tagihan yang tertunggak cukup lama. Dalam aplikasi ini terdapat sebuah dashboard yang canggih untuk memberikan data secara praktis dan lengkap. Sehingga Anda mudah memantau bisnis secara realtime, kapan saja dan dimana saja.

    4. Fokus Analisa Praktis Laporan Keuangan Lengkap

    Melakukan pembukuan menggunakan aplikasi sangat membantu Anda untuk mendapatkan data laporan keuangan secara realtime. Dalam aplikasi ini, Anda dapat langsung menerima secara realtime lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan dalam proses analisa bisnis.

    Artinya, laporan keuangan Anda terupdate otomatis setiap kali Anda menginput transaksi bisnis, tanpa perlu merapihkan kembali.

    5. Pakai Indikator & Rasio Keuangan

    Untuk mengetahui seberapa sehatnya bisnis Anda, maka perlu bagi Anda untuk menggunakan indikator dan rasio keuangan. Biasanya pebisnis memakai jasa konsultan untuk mendapatkan data keuangan tersebut dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

    Indikator dan rasio keuangan digunakan untuk mengukur setiap pergerakan keuangan yang ada dalam bisnis. Untuk mendapatkan hasil yang benar diperlukan rumus yang sesuai, kini Anda tidak perlu repot dalam perhitungannya karena melalui aplikasi pembukuan berbasis cloud itu semua mudah didapatkan.

    Anda hanya perlu melihat hasil secara cepat dan membacanya dengan sederhana setiap indikator keuangan yang ada. Dalam aplikasi akuntansi ini, Anda dapat dengan mudah memiliki executive summary yang berisikan seluruh rasio keuangan bisnis Anda. Sehingga akan jauh lebih mudah bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan cepat.

    Banyak sekali kemudahan dan kenyamanan diberikan oleh software akuntansi berbasis cloud melalui fitur lengkap dan canggih. Dimana dapat membantu Anda untuk memiliki pembukuan rapih secara cepat dan mudah.

    Melalui sistem jaringan yang luas, dapat mempermudah Anda dalam memonitor keuangan bisnis, mengakses dan menganalisa sehingga siap untuk menghadapi persaingan bisnis yang cukup kompetitif.
     
Loading...

Share This Page