5 Cara Mengatasi Laptop yang Ngelag Saat Bermain Game

Discussion in 'Computer' started by Rafi Abrar, Jul 18, 2023.

  1. Rafi Abrar

    Rafi Abrar New Member

    Joined:
    Jul 17, 2020
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Bagi para pecinta game, pengalaman bermain yang lancar dan tanpa lag adalah hal yang sangat diinginkan. Namun, seringkali laptop kita mengalami masalah ngelag saat bermain game, yang dapat mengganggu kesenangan dan kinerja dalam bermain. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan 5 cara efektif untuk mengatasi masalah laptop yang ngelag saat bermain game. Dari pengaturan grafis hingga pemeliharaan perangkat keras, mari kita temukan solusi yang tepat agar Anda dapat menikmati pengalaman gaming yang lancar dan menyenangkan!

    1. Kurangi Pengaturan Grafis

    Salah satu alasan utama laptop mengalami ngelag saat bermain game adalah pengaturan grafis yang terlalu tinggi. Mengejar pengalaman visual yang maksimal mungkin membuat laptop Anda berkinerja lebih berat dari yang mampu diatasi. Coba kurangi pengaturan grafis dalam game, seperti resolusi, kualitas tekstur, dan efek visual lainnya. Dengan mengurangi beban grafis, laptop Anda akan mampu menjalankan game dengan lebih lancar dan mengurangi lag yang mengganggu.

    2. Tutup Aplikasi Latar Belakang yang Tidak Diperlukan

    Saat bermain game, pastikan Anda menutup semua aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat menghabiskan sumber daya sistem dan mempengaruhi performa game. Periksa task manager atau manajer tugas Anda dan tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, terutama aplikasi berat seperti browser dengan banyak tab terbuka. Dengan membebaskan sumber daya sistem, laptop akan fokus pada menjalankan game dengan lebih baik dan mengurangi lag.

    3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

    Ruang penyimpanan yang penuh juga dapat menyebabkan laptop mengalami ngelag saat bermain game. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menjalankan game dengan lancar. Hapus file-file yang tidak perlu, seperti file sementara, file unduhan yang sudah tidak digunakan, atau game yang tidak lagi dimainkan. Jika perlu, pindahkan file-file besar ke penyimpanan eksternal atau cloud storage untuk mengosongkan ruang penyimpanan laptop Anda.

    4. Perbarui Driver dan Perangkat Lunak

    Driver perangkat keras dan perangkat lunak yang tidak diperbarui dapat menjadi penyebab laptop mengalami ngelag saat bermain game. Pastikan Anda selalu memperbarui driver kartu grafis, chipset, dan komponen penting lainnya ke versi terbaru yang disediakan oleh produsen. Selain itu, pastikan juga perangkat lunak seperti DirectX dan game launcher Anda diperbarui ke versi terbaru. Perbarui perangkat lunak secara rutin dapat membantu meningkatkan kompatibilitas, stabilitas, dan performa laptop saat bermain game.

    5. Perhatikan Suhu Laptop

    Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan laptop ngelag saat bermain game. Pastikan laptop Anda mendapatkan ventilasi udara yang cukup dan tidak terlalu panas. Gunakan bantalan pendingin atau stand khusus yang membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar laptop. Selain itu, jangan lupa membersihkan kipas pendingin secara teratur dari debu dan kotoran yang dapat menghambat aliran udara. Dengan menjaga suhu laptop tetap optimal, Anda dapat menghindari masalah ngelag yang disebabkan oleh overheating.

    Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat mengatasi masalah laptop yang ngelag saat bermain game. Kurangi pengaturan grafis, tutup aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan, bersihkan ruang penyimpanan, perbarui driver dan perangkat lunak, serta perhatikan suhu laptop Anda. Dengan perawatan yang tepat, laptop Anda akan mampu memberikan pengalaman gaming yang lancar dan menyenangkan.

    Jangan biarkan masalah ngelag menghambat kesenangan bermain game Anda. Terapkan solusi-solusi ini dan nikmati pengalaman gaming yang lebih mulus dan tak terganggu!

    Sumber: Muktamarnu34.id
     
  2. egihrsn

    egihrsn Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    makasih gan tipsnya cara mengatasi laptop lag joss
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    suhu laptop penting, jadi tiap 2 tahun harus dibersihkan dan ganti thermal paste :D
     
Loading...

Share This Page