5 Cara Mengelola Sistem Manajemen Gudang untuk Bisnismu!

Discussion in 'General Business' started by Darin Rania, May 20, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8

    Warehouse management system adalah sistem yang digunakan untuk mengamati persediaan stok barang gudang dan memonitor segala arus keluar masuk barang gudang.

    Ternyata manajemen pergudangan cukup penting karena diperlukan untuk jangka panjang bisnis kamu berkaitan dengan penjualan usaha. Kalo misalnya gudang kamu tidak memiliki sistem yang tepat maka dapat menimbulkan kerugian.

    Maka dari itu, sistem manajemen gudang dapat membuat arus barang kamu tertata rapi dan teratur. Nah, ini dia 5 cara untuk mengelola dan menerapkan sistem manajemen gudang yang benar.

    1. Membuat Data dan Forecast Persediaan Barang
    Untuk mengelola sistem manajemen gudang yang baik dan tepat, pertama kamu harus membuat data yang akurat karena berkaitan dengan data pembelian dan penjualan serta stok barang.

    2. Melakukan Pengecekan Kembali
    Sebelum kamu memasukkan barang ke gudang, kamu harus melakukan pengecekan kembali. Dengan pengecekan kembali dapat membantu kamu untuk mengetahui barang yang mempunyai kecacatan, salah produksi atau yang lainnya sebelum kamu memasukkannya ke dalam gudang.

    3. Pisahkan Stok Barang Baru dan Lama
    Cara ketiga ini cukup penting untuk kamu lakukan. Kenapa ? karena biasanya sebuah bisnis akan mencampurkan stok barang baru dengan yang lama di satu tempat.

    4. Mengatur Tata Letak Barang
    Dalam mengelola sistem manajemen pergudangan yang benar, kamu harus dapat mengatur tata letak barang gudang secara optimal.


    5. Jadwalkan Persediaan Barang
    Jangan lupa lakukan penjadwalan untuk persediaan barang. Pasti kamu enggak mau kan mengecewakan pelanggan kamu karena stok barang yang habis dan enggak bisa mengirimkan produk tepat waktu.
     
Loading...

Share This Page