5 Cara Mengelola Stok Secara Efektif Bagi Bisnis Ritel

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Triana A., Sep 17, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Dalam menjalankan bisnis, mengelola stok barang merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, baik oleh bisnis kecil maupun besar. Kesuksesan bisnis ritel atau eceran salah satunya ditentukan oleh pengelolaan stok yang tepat.

    Saat baru memulai bisnis dan jumlah barang masih sedikit, mengelola stok mungkin masih terasa mudah. Namun seiring berkembangnya bisnis dan jumlah stok barang semakin meningkat, mengelola stok bisa menjadi suatu tantangan yang apabila tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan masalah dalam bisnis.

    Bayangkan jika kamu menerima banyak pesanan tetapi ternyata stok habis. Atau sebaliknya, stokmu berlebihan sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal. Maka itu, pebisnis harus mengetahui cara mengelola stok yang efektif.

    Apalagi menjelang promo 9.9, pengelolaan stok sangat perlu untuk dipersiapkan agar kamu bisa melayani calon pembeli dengan baik. Berikut beberapa cara mengatasi tantangan dalam mengelola stok bisnis ritel.

    Buat Daftar Stok
    Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum stok menumpuk adalah membuat daftar stok barang. Melalui daftar tersebut, kamu bisa mengetahui ketersediaan barang, stok mana yang hampir habis dan mana yang masih tersisa banyak. Dari sini kamu juga bisa kemudian menganalisis penjualan bisnismu untuk menyusun rencana ke depannya.

    Agar lebih mudah, beri label pada barang misalnya dengan menggunakan kode atau label warna. Kelompokkan berdasarkan kategori dan jenisnya. Jangan lupa juga untuk memisahkan stok baru dan stok lama agar tidak tercampur. Sebaiknya keluarkan stok lama terlebih dahulu sampai habis agar tidak terjadi kerugian.

    Atur Tata Letak Penyimpanan Stok

    Apabila peletakkan stok tidak teratur, kamu akan lebih sulit untuk menemukan barang. Kualitas pelayanan pun bisa menurun akibat lamanya waktu yang diperlukan hanya untuk mencari barang. Masalah ini bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya jenis produk dan jumlah stok.

    Cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengatur lokasi atau penataan tempat penyimpanan stok agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya agar lebih mudah, kamu bisa meletakkan produk yang populer di tempat yang mudah diakses sehingga bisa ditemukan dengan cepat.

    Memperkiraan Jumlah Permintaan

    Buat perkiraan jumlah stok yang dibutuhkan berdasarkan laporan penjualan sebelum-sebelumnya. Kamu juga bisa membuat perkiraan berdasarkan situasi yang ada. Misalnya di tengah pandemi seperti ini, mungkin penjualan mengalami penurunan sehingga stok yang dibutuhkan tidak sebanyak pada biasanya.

    Dengan melakukan perkiraan, kamu jadi bisa terus memenuhi permintaan pasar yang mungkin mengalami naik turun. Setelahnya, tentukan kapan pembelian barang akan dilakukan agar kamu dapat mengatur manajemen keuangan bisnis dengan efektif.

    Melakukan Quality Control Secara Berkala

    Lakukan stok opname dan pemeriksaan kualitas secara berkala agar ketersediaan maupun kualitas barang terjamin. Bisnis harus bisa menghitung jumlah stok yang tersisa dengan akurat agar tidak terjadi kerugian. Selain itu lakukan juga pengecekan kualitas secara berkala mulai dari saat menerima atau mengambil barang dari pemasok, mengemas, hingga mengirim barang agar kepuasan konsumen terjaga.

    Perhatikan Tahap Pendistribusian

    Terutama bagi bisnis ritel yang memiliki cabang, proses pendistribusian stok merupakan tahap yang tidak boleh diabaikan. Tujuannya tak lain adalah agar jumlah dan kualitas barang di tiap cabang bisa sesuai. Apabila pendistribusian terhambat, kelancaran bisnis pun bisa ikut terdampak.

    Agar pendistribusian baik dari pemasok ke penjual, penjual ke cabang, ataupun penjual ke konsumen berjalan lancar, gunakan jasa pengiriman barang yang aman dan terpercaya sehingga menjalankan bisnis jadi lebih tenang.

    Sumber: 5 Cara Mengelola Stok Secara Efektif Bagi Bisnis Ritel
     
  2. Fuad Tadashi

    Fuad Tadashi Member

    Joined:
    Apr 17, 2020
    Messages:
    26
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    MaasyaaAllah... Infonya lengkap ya gan... Thank you very much...
     
Loading...

Share This Page