5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Mar 23, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Mempunyai anak yang cerdas serta kreatif pasti impian hampir semua orang tua. Anda sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk mencerdaskan anak anda. Maka dari itu, anda pun harus belajar mengenai hal apa saja yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir terhadap sang anak.

    Terdapat banyak cara untuk dilakukan oleh para orang tua tentunya, seperti melakukan tes minat atau bakat pada anak, memberikan nutrisi yang sehat pada anak, menyekolahkan anak di sekolah yang ternama, atau memasukan anak ke dalam kursus.

    Perlu diketahui bahwa, cara meningkatkan kecerdasan pada anak ini harus dimulai sejak dari kandungan atau minimal dari bayi. Hal tersebut akan sangat membantu dalam membangun kecerdasan intelektual secara optimal.

    Menurut penelitian menunjukan bahwa, bayi yang diberikan perhatian serta kasih sayang secara penuh dari ibunya akan mempunyai daya ingat dan daya tangkap yang lebih baik. Hal tersebut memang sangat penting dan berkaitan dengan dunia pendidikan.

    Ketika anak sudah mencapai usia empat tahun, pertumbuhan otak pada anak tentunya akan berkembang secara pesat. Di usia ini anda dapat memberikan pengarahan agar dapat menguasai keterampilan dan menyediakan waktu untuk belajar dengannya. Hal ini tidak berarti bahwa perkembangan otak anak akan berhenti pada usia empat tahun.

    Apabila usia sang anak semakin bertambah, maka otaknya pun akan semakin berkembang hingga memasuki kehidupan dewasa. Dan jangan lupa selalu berikan perhatian serta kasih sayang secara penuh terhadap anak sampai membuatnya merasa aman dan nyaman, kondisi inilah yang dapat mempermudah proses belajar.

    Supaya mengetahui lebih lanjut mengenai cara meningkatkan kecerdasan otak anak, mari kita telusuri lebih dalam lagi beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua sejak anak berusia dini atau bahkan masih bayi. Berikut ini adalah beberapa Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak, diantaranya :

    1. Memberikan Kasih Sayang

    Salah satu cara yang dapat meningkatkan kecerdasan terhadap anak adalah dengan memberikannya kasih sayang serta cinta. Menurut sebuah penelitian yang menyatakan bahwa, hubungan antara kasih sayang dengan meningkatnya perkembangan otak pada anak.

    Maka dari itu, biasakan untuk berinteraksi sesering mungkin dengan anak yang disertai dengan kontak mata. Selain itu, anda sebagai orang tua juga harus mengenali potensi anak yang mungkin berbeda dari saudara kandungnya dan usahakanlah untuk tidak membandingkan karena setiap anak adalah unik.

    2. Menjaga Nutrisi

    Hal yang berperang penting dalam meningkatkan kecerdasan anak selanjutnya adalah pemberian nutrisi yang baik. Kemungkinan berbagai macam bahan makanan dapat dijadikan sebagai pilihan untuk peningkatan kecerdasan terhadap anak.

    Mulai dari buah-buahan, sayuran, daging, hingga susu. Akan tetapi, salah satu hal yang paling baik adalah pemberian asupan makanan yang mengandung nutrisi seimbang dengan banyak kandungan vitamin nya.

    3. Memberikan Penjelasan Sesuai Dengan Usianya

    Anak biasanya akan selalu bertanya terhadap apa yang mereka tidak ketahui. Kemampuan berbahasa serta logika anak disini biasanya akan diuji dengan kemampuan orang tua yang mengajari nya. Namun, sebagai orang tua harus menjawabnya dengan sabar mengenai segala pertanyaan anak meskipun terkadang suka sulit untuk menjawabnya.

    Misalnya seperti anak yang baru berusia 3 tahun bertanya mengenai dari mana bayi berasal ? Orang tua tentu dapat menjawabnya bahwa bayi berasal dari cinta ayah dan ibunya yang berkembang di perut ibunya selama 9 bulan lalu lahirlah dia ke dunia. Perlu diketahui bahwa, janganlah anda memberikan jawaban yang berbohong atau pun mengada-ada seperti burung bangau yang mengantar bayi kepada orang tuanya.

    4. Membaca Cerita Bersama

    Pembentukan emosional bersama anak akan bisa didapatkan melalui membaca cerita secara bersama-sama. Hal seperti ini dapat anda ajarkan agar sang anak dapat membaca maupun bercerita secara bergantian. Cara seperti ini bertujuan untuk memicu timbulnya percakapan, serta memperbanyak kosakata.

    5. Memberikan Stimulasi Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Anak

    Rangsangan atau pun stimulasi ini jika dilakukan secara terus-menerus memang perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kecerdasan bagi sang anak. Mulai dari dalam kandungan, ibu sudah dapat memberikan rangsangan pada janin dengan cara mengelus perut, memperdengarkan musik atau bacaan al-qur'an, mengajak nya bicara, menyanyi, dan lainnya.

    Tumbuh kembang sang bayi biasanya akan memakan waktu kurang lebih setiap 3 bulan. Pertumbuhan ini dapat terjadi secara alami, maka dari itu orang tua tidak perlu memaksakan jika belum pada waktunya bagi anak untuk menguasai suatu kemampuan.

    Misal nya seperti pada bayi yang berusia 6 bulan, bayi tentunya akan belajar untuk duduk, jadi orang tua dapat memberikan rangsangan bagi bayi untuk duduk bukannya berdiri atau pun berjalan.
     
Loading...

Share This Page