5 Cara Tingkatkan Omset Penjualan untuk Bisnis

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Triana A., Jul 8, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Untuk memperbesar keuntungan, salah satu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan penjualan. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula pendapatan bisnis Anda. Namun, untuk meningkatkan penjualan butuh berbagai strategi. Apalagi ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat penjualan.

    Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, khususnya bisnis kecil dan bisnis online.

    Perbanyak Channel Penjualan
    [​IMG]

    Agar penjualan meningkat, Anda perlu menjangkau lebih banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan menambah channel penjualan. Misalnya jika tadinya hanya berjualan di toko, Anda bisa merambah ke platform online baik itu website, media sosial, atau marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.

    Agar lebih optimal, pelajari juga cara kerja platform yang Anda gunakan. Misalnya jika berjualan di media sosial, pelajari kira-kira konten seperti apa yang menarik bagi banyak orang dan bisa meningkatkan penjualan. Jika berjualan di marketplace, pelajari fitur-fiturnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan penjualan.

    Perkuat Brand
    [​IMG]

    Dengan punya brand yang kuat, bisnis Anda bisa lebih diingat oleh konsumen. Artinya, saat ingin membeli produk, mereka kemungkinan akan lebih cenderung untuk berbelanja dari bisnis Anda dibanding kompetitor. Jadi pada dasarnya branding yang kuat membantu Anda untuk jadi lebih unggul dari kompetitor.

    Untuk memperkuat branding, pastikan agar karakteristik brand Anda sejalan dengan karakteristik target konsumen Anda. Misalnya Anda menjual produk kecantikan. Artinya target konsumen Anda kebanyakan adalah perempuan. Anda bisa menggunakan warna dan visual yang lembut seperti warna pink atau pastel. Gaya bahasanya juga tentu yang ramah dan menarik. Berbeda lagi jika Anda menjual suplemen untuk pria. Gaya bahasa yang digunakan juga pasti lebih bersemangat.

    Berikan Penawaran
    [​IMG]

    Promo jadi salah satu cara paling efektif untuk menarik pelanggan. Ada banyak jenis promo yang bisa Anda coba, mulai dari potongan harga, gratis ongkir, buy 1 get 1, dan sebagainya. Dalam strategi penjualan, ada yang namanya upselling dan cross-selling.

    Upselling merupakan strategi penjualan dengan menawarkan produk yang sama dengan fitur yang lebih banyak atau ukuran yang lebih besar. Misalnya Anda jual makanan, Anda bisa tawarkan kepada pembeli untuk membeli porsi yang lebih besar dan lengkap.

    Sedangkan cross-selling merupakan strategi meningkatkan penjualan dengan cara menawarkan produk lain untuk melengkapi produk yang ingin dibeli konsumen. Misalnya konsumen ingin membeli laptop, Anda bisa menawarkan kepada konsumen tersebut untuk sekaligus membeli tas dan casing. Dengan demikian, omset penjualan Anda juga bisa meningkat.

    Tunjukkan Review
    [​IMG]

    Khususnya untuk bisnis online, rating dan review sangat bisa menentukan apakah seseorang berminat berbelanja di toko Anda atau tidak. Apalagi kebanyakan aplikasi marketplace memungkinkan penggunanya untuk mensortir toko online berdasarkan rating.

    Rating merupakan reputasi dari bisnis Anda. Dengan menunjukkan rating, Anda menunjukkan keterbukaan dan kejujuran serta kepercayaan diri Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan. Semakin tinggi rating toko Anda, semakin yakin juga orang untuk berbelanja dengan Anda.

    Berikan Pelayanan yang Terbaik
    Kelihatannya sepele, tapi kualitas pelayanan juga sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Misalnya saja seperti ini. Jika ada pembeli ingin belanja produk Anda tapi Anda membalasnya lama. Akhirnya pembeli tersebut membeli dari kompetitor. Sayang sekali, bukan?

    Maka itu, hal-hal kecil seperti membalas chat, konsistensi kualitas produk, keramahan dalam menjawab pertanyaan, serta kecepatan pengiriman barang bisa sangat menentukan loyalitas dan kepuasan konsumen. Faktanya, mempertahankan pelanggan jauh lebih murah lho dibandingkan mendapatkan konsumen baru. Makanya jangan sampai pelanggan bisnis Anda kabur hanya gara-gara pelayanan yang kurang oke ya.

    Agar konsumen merasa tenang dan aman saat berbelanja dari Anda, gunakanlah jasa ekspedisi yang cepat dan terpercaya. Jadi konsumen tidak was-was dan bertanya-tanya setelah melakukan transaksi. Anda pun sebagai pebisnis tidak dipusingkan dengan banyaknya pengiriman.

    Sumber: Terapkan 10 Cara Ini untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu!
     
  2. danaVincent

    danaVincent New Member

    Joined:
    May 6, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    semakin banyak channel penjualan emang bisa bikin omset naik, tp maintainnya juga perlu diseriusin :)
     
Loading...

Share This Page