5 Ciri Amandel Bengkak Akibat Radang

Discussion in 'Health & Medical' started by Rista aulia, May 29, 2018.

  1. Rista aulia

    Rista aulia Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Amandel sebenarnya adalah nama dua buah tonsil yang terletak pada bagian batang tenggorokan. Semua orang memiliki dua buah amandel dengan bentuk oval. Peradangan amandel sering disebut juga dengan amandel itu sendiri.
    [​IMG]
    Peradangan amandel sering terjadi pada anak-anak dan hanya kasus kecil yang terjadi pada orang dewasa. Anak-anak yang menderita peradangan amandel biasanya sudah diketahui sejak kecil oleh ahli penyakit hidung telinga dan tenggorokan.

    Peradangan amandel biasanya tidak terjadi secara langsung. Setiap anak atau orang dewasa akan mengalami beberapa gejala. Berikut ini beberapa ciri-ciri amandel yang paling sering terjadi.

    • Amandel Bengkak
    Amandel tidak terlihat jelas ketika mulut terbuka. Namun ketika terjadi peradangan amandel maka bagian amandel akan terlihat membengkak. Karena itulah rasa sakit akan berkembang dari bagian tenggorokan hingga ke sekitar rahang. Pembengkakan adalah reaksi dari peradangan yang bisa disebabkan oleh virus. Amandel juga akan bengkak ketika penderita sedang mengalami influenza atau radang tenggorokan.

    Baca Juga :
    https://www.bersosial.com/threads/2-bahan-alami-ini-ternyata-bisa-sembuhkan-amandel.52299/
    https://www.bersosial.com/threads/13-manfaat-buah-jeruk-buat-tubuh-kamu.52079/

    • Bercak Putih pada Amandel
    Warna amandel yang sehat seharusnya merah dan bersih. Untuk anak-anak atau remaja yang terkena peradangan amandel maka amandel akan terlihat ada bercak putih seperti bagian daging yang berubah warna.

    Hal ini disebabkan karena reaksi amandel yang memproduksi sebuah zat antibodi yang berusaha menolak semua infeksi dari virus atau bakteri. Bercak putih biasanya akan muncul sebelum peradangan amandel terasa sakit.

    • Sakit Tenggorokan
    Sakit tenggorokan biasanya akan terjadi pada tahap awal ketika amandel sudah mulai membengkak. Rasa sakit pada tenggorokan terjadi ketika menelan minuman maupun makanan. Bahkan ketika sedang menelan ludah seperti yang biasanya. Rasa sakit ini terjadi ketika peradangan amandel memang membuat semua bagian tenggorokan termasuk bagian dalam menjadi lebih tidak nyaman.

    • Sakit Saat Menelan
    Karena amandel mengalami pembengkakan atau peradangan maka ketika bertemu dengan zat asing yang melewati tenggorokan akan terasa sakit. Rasa sakit bisa terjadi mulai dari bagian tenggorokan, lidah, hingga ke telinga. Karena itu sulit untuk menelan apapun ketika amandel membengkak atau meradang.

    • Sulit Saat Menelan
    Rasa sakit yang sangat parah ketika menelan berbagai zat asing termasuk makanan dan minuman juga membuat kemampuan tenggorokan berkurang. Hal ini bisa disebabkan karena rasa sakit yang terlalu berat atau ketika amandel membengkak dan menyebabkan tidak ada ruang yang bisa dilewati oleh makanan. Dua amandel yang membengkak dan membuat celah tenggorokan menjadi lebih sempit juga akan menyulitkan ketika tenggorokan menelan sesuatu.

    Jika anda mengalami kondisi diatas, temukan segera solusi amandel dimana saja. Baiknya anda juga segera memeriksakan diri ke dokter ya !
     
  2. Ganyool

    Ganyool Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    421
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page