5 Dampak Memencet Komedo Yang Mengancam Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by walatraherbal, Sep 17, 2018.

  1. walatraherbal

    walatraherbal Member

    Joined:
    May 17, 2018
    Messages:
    197
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Dampak Memencet Komedo

    1. Dapat memicu tumbuhnya jerawat
    Disaat kamu memencet komedo dengan menggunakan tangan dan kondisi tangan kamu sedang tidak steril, maka hal itu akan mengantarkan kotoran baru yang nantinya masuk ke dalam pori-pori wajah. Sehingga kuman di tangan akan berpindah ke wajah kamu dan menjadi pemicu munculnya masalah kulit wajah.

    Kotoran yang masuk ke melalui pori-pori tadi bisa juga akan membentuk sebuah masalah baru pada wajah lalu terbentuklah jerawat. Dan masalah komedo memang akan hilang, tetapi setelah itu masalah jerawat yang akan muncul.

    2. Pori-pori pada kulit wajah akan membesar
    Dampak berikutnya adalah dapat menyebabkan pori-pori membesar. Hal ini terjadi saat kamu ingin mengeluarkan komedo dengan cara memencetnya sembarangan, otomatis pori-pori pada wajahmu akan terbuka lebar. Dan sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengobati dan mencegah munculnya jerawat.

    Salah satunya dari para ahli dermatologi biasanya selalu melakukan ekstraksi, dengan cara membuka pori-pori kulit yang tersumbat oleh komedo. Saat proses tindakan mereka selalu menggunakan peralatan yang steril, sarung tangan dan tisu alkohol saat membersihkan komedo. Jadi kamu bisa melakukan tindakan tersebut tanpa menggunakan tangan kotor lagi.

    3. Dapat melukai permukaan kulit wajah
    Jika kamu memiliki kuku tangan yang panjang apalagi kasar, lalu kamu gesekan kuku tersebut terhadap permukaan wajah sehingga bisa menimbulkan kemerahan serta iritasi pada jaringan kulit wajah. Jika kebiasaan buruk itu terus kamu lanjutkan, bisa-bisa muka kamu penuh bekas luka yang nantinya akan susah hilangnya.

    Dan tidak hanya itu, terkadang bekas dari komedo yang kamu pencet bisa menimbulkan noda hitam di wajah yang akan semakin membuat wajah kamu rusak dan kamu akan merasa percaya diri saat di tempat umum

    4. Menimbulkan infeksi
    Ketika kamu memencet komedo dengan menggunakan tangan yang kotor, artinya kamu sudah memaksa kotoran pada wajah tersebut keluar sehingga jika terlalu dipaksakan hal itu dapat merobek kulit wajah. Dan perlu kamu ketahui sebenarnya saat kamu menekan area yang terdapat komedonya, hal itu sama saja dengan kamu sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah. Jika sering memencet komedo dengan tangan secara paksa ini bisa membuat kulit kamu infeksi.

    5. Menyebabkan kerusakan pembuluh darah pada otak
    Di dunia kecantikan pasti sudah sangat terkenal sekali mengenai area segitiga terlarang pada wajah. dan hal itu dipercaya memiliki bahaya yang serius bahkan dapat mengancam kesehatan manusia. Area segitiga tersebut adalah antara bagian yang mencakup hidung atas sampai bagian bawah mulut, karena pada area tersebut terdapat pembuluh darah yang berhubungan langsung pada otak.

    Jadi, ketika kamu memencet komedo pada area tersebut dengan menggunakan tangan yang belum steril, maka dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi pada pori-pori yang terbuka. Sehingga infeksi tersebut menyebar ke otak. Dan saat itu terjadi, pembuluh darah di saraf pusat bisa saja ikut rusak cukup parah dan mengancam kesehatan.
     
  2. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  3. walatraherbal

    walatraherbal Member

    Joined:
    May 17, 2018
    Messages:
    197
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page