5 Gaya hidup sehat Secara Psikis

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Aug 20, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat kian meningkat. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah fakta bahwa semakin banyak orang yang menderita penyakit kritis. Rasanya ada saja orang di sekitar yang terserang penyakit kritis seperti jantung atau kanker.

    [​IMG]

    Fakta bahwa biaya pengobatan penyakit kritis amat mahal dan memakan waktu lama menjadi penyebab lain yang membuat orang-orang mulai sadar untuk merubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Ketika berbicara gaya hidup sehat pikiran Anda mungkin langsung tertuju pada menjaga pola makan. Tapi tahukah Anda bahwa kesehatan psikis juga tak kalah penting untuk dijaga?

    Gaya hidup sehat Secara Psikis

    Meskipun tak tampak berkaitan secara lansung, psikis yang sehat nyatanya akan sangat berdampak pada kesehatan. Hal itu sejalan lurus dengan bagaimana psikis yang tertekan akan membuat kondisi fisik seseorang turut tidak fit. Mengacu pada hal tersebut, tentunya kini Anda sudah menyadari bahwa menjaga kesehatan psikis juga tak kalah pentingya. Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan gaya hidup sehat secara psikis:

    1. Kendalikan Stress
      Sulit dipungkiri bahwa rutinitas sehari-hari seperti bekerja atau merawat keluarga pastilah mendatangkan stress tertentu, dan hal tersebut wajar adanya. Namun Anda harus memastikan diri Anda bisa mengendalikan kadar stress yang menerpa. Stress yang berlebih bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan seperti naiknya tekanan darah, naiknya asam lambung, hingga melemahnya sistem imun.

      Cara mengendalikan stress pada setiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang mengendalikannya dengan berjalan-jalan ke alam terbuka, mendengarkan musik, berolahraga, dan lain-lain. Cara positif apapun boleh dilakukan, selama kadar stress jadi terkendali dan kesehatan fisik tetap terjaga.

    2. Senantiasa Berpikiran Positif
      Selalu berpikiran positif tentunya bukanlah hal yang mudah, tetapi hal ini perlu diusahakan agar bisa menjalankan gaya hidup sehat secara psikis. Anda perlu menghindari segala hal yang memberikan efek negative bagi psikis Anda. Contoh hal yang memberikan efek negatif misalnya lingkungan pekerjaan yang terlalu penuh tekanan, pertemanan yang tidak sehat, dan lain-lain. Anda juga perlu belajar mengurangi sikap overthinking agar kesehatan psikis senantiasa terpelihara.

    3. Meluangkan Waktu untuk Me Time
      Beberapa penelitian menemukan bahwa Me Time terbukti memberikan dampak yang baik bagi kesehatan psikis seseorang. Me Time ialah menyediakan waktu khusus untuk diri sendiri guna merecharge pikiran yang lelah setelah menjalani semua rutinitas. Me Time bisa diisi dengan berbagai kegiatan atau hanya bersantai di rumah, tergantung apa yang membuat Anda merasa nyaman. Sediakan waktu untuk Me Time sedikitnya 1 kali dalam seminggu.|

    4. Bermeditasi
      Apakah Anda pernah mencoba kegiatan yang satu ini? Jika belum maka Anda harus mulai rutin melakukannya. Meditas memiliki banyak manfaat yang amat baik bagi kesehatan psikis. Manfaat meditasi antara lain ialah menguransi stress, kecemasan, menigkatkan kualitas tidur, dan memicu munculnya perasaan tenang dan bahagia.

    5. Meluangkan Waktu untuk Menjalankan Hobi
      Memiliki hobi dan meluangkan waktu untuk menjalankannya adalah hal yang amat diperlukan, terutama bagi Anda yang memiliki beban kerja tinggi. Melakukan hobi bisa menjadi sarana untuk mengurangi stress sekaligus memelihara rasa bahagia. Bahagia tentu saja identik dengan kesehatan psikis yang baik.

    Menjalankan gaya hidup sehat secara psikis perlu dilakukan sesegera mungkin. Lakukan segera demi menjaga diri Anda dari depresi dan gangguan mental lainnya.
     

    Attached Files:

  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    400
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    berpikiran positif yang susah , terutama kalo udah nyangkut orang yang bikin kita kesal.
     
  3. Nani Pratiwi

    Nani Pratiwi New Member

    Joined:
    Oct 10, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    bermeditasi sulit dilakukan, karena saya orangnya gak bisa diem dan gak bisa tidak memikirkan sesuatu *dancing*
     
Loading...

Share This Page