5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung

Discussion in 'General Lifestyle' started by Aisy Nabilla, Dec 28, 2017.

  1. Aisy Nabilla

    Aisy Nabilla Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Ayo, absen! Siapa di antara kalian yang gemar mendaki gunung? Mungkin bagi Anda yang menyukainya, mendaki gunung dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri. Rasa lelah karena menumpuh perjalanan yang ekstrem akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang indah di puncak gunung. Selain untuk menikmati indahnya alam, biasanya seseorang memutuskan mendaki gunung untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

    Meskipun kaya akan manfaat, namun mendaki gunung bukanlah perkara yang sepele, lho! Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika berniat hiking minggu ini:

    1. Beban

    [​IMG]

    Medan yang sulit, jarak tempuh yang jauh serta kondisi jalan yang menanjak menjadi tantangan bagi Anda, sehingga diperlukan pertimbangan dalam membawa berbagai macam perlengkapan. Namun, banyaknya perlengkapan yang dibawa akan semakin mempersulit pendakian dan tentunya akan semakin menambah beban Anda.

    2. Makanan

    [​IMG]

    Karbohidrat menjadi kunci bagi Anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan selama mendaki. Pendaki gunung profesional akan lebih memilih makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah lemak sebagai panganan sehat untuk menemani pendakian. Mengapa? Karena, karbohidrat berperan dalam membantu menggantikan glikogen serta mencegah proses pembakaran protein. Carolyn Gunn seorang penulis Ekspedisi Cookbook berpendapat bahwa para pendaki diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 4000 kalori per hari, dimana makanan yang dikonsumsi terdiri dari 65% karbohidrat, 20% lemak dan 15% protein. Hal ini disebabkan karena mendaki gunung akan membuat tubuh mengeluarkan energi sebanyak 6.000 kalori setiap harinya (tergantung pada ketinggian, suhu udara, dan kesulitan medan). Semakin tinggi puncak yang Anda daki semakin besar kalori yang dibakar. Jadi, selektif lah dalam memilih makanan ya!

    3. Dehidrasi

    [​IMG]

    Salah satu kunci sukses untuk mencapai puncak gunung adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan Anda. Karena, dehidrasi akan memperburuk gejala penyakit ketinggian dan akan mengurangi nafsu makan. Selain itu, kekurangan cairan akan menyebabkan kepala menjadi sakit. Jika Anda mulai merasa sakit pada kepala, cobalah untuk minum dan mengonsumsi makanan manis seperti permen.

    4. Batas Ketinggian


    [​IMG]

    Tahukah Anda bahwa setiap harinya Anda hanya diperbolehkan mendaki gunung tidak lebih dari 2.000 kaki? Apabila mendaki lebih dari 2.000 kaku akan berbahaya bagi kesehatan. Nah, hal yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan ketinggian dari gunung yang akan didaki. Ingat! Ketinggian akan memicu tubuh kehilangan nafsu makan yang dapat berpotensi anoreksia.

    5. Obat-obatan

    [​IMG]

    Untuk mengatasi sesuatu yang mungkin terjadi selama pendakian, seperti cedera yang mungkin terjadi maka sebaiknya Anda membawa berbagai macam perlengkapan dan berbagai macam jenis obat-obatan serta peralatan. Selain itu, karena di gunung banyak tumbuhan yang bisa dijadikan obat-obatan, akan lebih baik apabila Anda memiliki sedikit pegetahuan beberapa jenis tanaman obat-obatan . ini akan sangat membantu ketika Anda mengalami cedera dan tidak membawa obat sama sekali.

    Sumber: go-dok.com
     
    Last edited by a moderator: Jan 9, 2018
  2. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,280
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sudah lama tidak mendaki gunung
    terakhir mendaki gunung batur

    [​IMG]
     
    Last edited: Dec 28, 2017
  3. Rip Neko

    Rip Neko Member

    Joined:
    Jun 22, 2017
    Messages:
    136
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Wah baru tau ternyata mendaki gunung terlalu tinggi bisa berpotensi pada anoreksia ... *kaget2*
     
  4. idan

    idan Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    141
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    pengalaman mendaki gunung mulai dari kesenangan sampai melarat ikut merasakan
    hahaaaa... jgn sampai merasakan melarat deh karna sifat masing2 akan keluar ada yg penakut, egois, sembunyi2, tim-timan, pemarah dan ada juga yg solidaritas.
    oh ia link aktifnya terlalu banyak tuh
    :D
     
  5. Nabila

    Nabila Active Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Pengen deh mendaki gunung, minimal 1x lah seumur hidup *akhirnya*
     
  6. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    809
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    dulu sering naik, sekarang maunya naik tapi ogah turun, kadang kagak mau naik juga.
     
  7. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    593
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Yang suka mendaki gunung tentu ini menjadi artikel yang bermanfaat sekali
    ane tidak pernah mendaki gunung yang tingginya sampai ribuan km, tapi hanya bukit kecil yang ramainya ketika lebaran yang orang sana menyebut gunung taruwongso
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    724
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Makasih banyak infonya, sangat lengkap, apalagi masalah pertimbangan makanan, obat"an hingga pertimbangan Beban yang dibawa, jangan sampai malah tidak difikirkan dengan baik
     
  9. Meetechno

    Meetechno New Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    27
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Jadi inget temen ane pas daki bareng dulu, bawaannya mie instant semua :D
     
  10. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    229
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
  11. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
  12. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    142
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    yang penting fisik sm stamina kudu di benahin dl..jangan sampe malah jadi ngerepotin orang pas udah naik
     
  13. pekerjatambang

    pekerjatambang Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
    1 lg kynya tenda dan perlengkapannya, masa naik gunung gak nginep d atas ??? kurang seru kl gak flying camp sbelum puncak, :D:D:):)
     
  14. dodolperak

    dodolperak Member

    Joined:
    Aug 25, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    mendaki gunung emang seru, buat yang suka :D
     
  15. Lanjut Terus

    Lanjut Terus Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    mantap sekali sharingnya, dulu saya sangat suka mendaki, tapi karena kesibukan sudah hampir 4 tahun belum pernah mendaki lagi :(
     
  16. pras towo

    pras towo New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Paling penting mengenakan pakaian hangat seperti kaos lengan panjang + jaket tebal bro
     
  17. vivi

    vivi Member

    Joined:
    Jan 1, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Info yang lengkap,.. yang penting persiapkan fisik sebaik-baiknya
     
  18. Rswd

    Rswd Member

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    85
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    No 1. Beban... Kalau beban hidup gimana tuh? *depresi1*
     
  19. galang

    galang Well-Known Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,147
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Pengen ndaki tapi takut hahaha
     
  20. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    makanan, minuman, obat2an, beban, itu sih yang paling penting ketika mendaki gunung. Yang lain dari itu opsional aja
     
Loading...

Share This Page