5 Ide Bisnis Keren dengan Modal Kecil untuk Mahasiswa

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by kenskw, Sep 19, 2016.

  1. kenskw

    kenskw Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    45
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Tidak hanya sekadar belajar di kampus dan mengejar gelar sarjana saja, namun para mahasiswa dapat mencoba untuk terjun di dunia bisnis sejak dini. Berbagai bisnis dapat dilakukan mahasiswa untuk mencari uang saku tambahan, dan tentunya sebagai bekal menapaki dunia usaha di masa depan.

    Bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah tentunya bisa mencoba berbagai peluang usaha yang dapat dikerjakan di sela-sela waktu studi. Siapa tahu usaha yang telah Anda jalankan sejak menjadi mahasiswa tersebut akan mengantarkan Anda sebagai seorang wirausahawan yang cukup handal di masa depan?

    Seperti forum populer Kaskus yang telah dibangun Andrew Darwis sejak duduk di bangku mahasiswa, atau situs Facebook yang dikembangkan Mark Zuckerberg sejak masih menjadi mahasiswa Harvard.

    Nah, apa saja ide-ide bisnis dengan modal kecil yang dapat dilakukan oleh mahasiswa?


    1. Bimbingan Belajar dan Guru Privat
    Ini dia salah satu bisnis untuk mahasiswa yang dapat dijalankan dengan modal rendah, bahkan tanpa modal. Bagi Anda yang memiliki Indeks Prestasi Akademik (IPK) tinggi dapat menekuni bisnis ini dengan cara yang sangat mudah, yakni menjadi guru bimbingan belajar atau guru privat. Anda juga dapat mengajak teman-teman untuk bergabung mengajar les anak usia SD hingga SMA. Cara promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut atau menempel selebaran di sekolah-sekolah.


    2. Gelar Garage Sale

    Daripada barang-barang menumpuk memenuhi kamar, lebih baik Anda menjualkan dalam ‘garage sale’. Anda dapat menjual berbagai pakaian koleksi Anda yang masih bagus, tas, sepatu, atau apa saja untuk mengurangi kepadatan lemari Anda. Ajak juga beberapa teman kampus untuk melakukan aksi serupa. Untuk promosinya, Anda dapat menggunakan sosial media atau forum populer seperti Twitter atau Instagram. Posting status menarik tentang adanya event ‘garage sale‘ yang bakal Anda gelar. Di sejumlah kota besar event seperti ini banyak digemari oleh anak muda.


    3. Bisnis Butik Online
    Bagi Anda yang gemar tampil modis di kampus dapat mencoba bisnis butik online ini. Tidak perlu modal besar untuk melakukannya, seperti dengan menjadi reseller atau sistemdropship. Anda dapat menggunakan media gratisan seperti, Facebook, Instagram atau Twitter untuk membuka butik online Anda. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman kampus Anda untuk menyukai halaman butik Anda tersebut. Selain itu lakukan update jika terdapat koleksi baju atau sepatu terbaru. Meski awalnya sulit mendapatkan pembeli, dengan ketekunan dan kesabaran maka lama-kelamaan usaha butik online Anda akan mendapatkan banyak pelanggan.


    4. Bisnis T-shirt
    T-shirt dengan desain keren sangat disukai oleh anak muda, terutama mahasiswa. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan Photoshop atau CorelDraw, Anda dapat mendesain t-shirt keren dan menarik. Awalnya tawarkan dalam komunitas teman sekampus Anda, misalnya t-shirt untuk seragam kegiatan pencinta alam kampus atau acara-acara kampus lainnya. Jika sudah dikenal di kampus, Anda juga dapat menawarkan rancangan seragam untuk organisasi kemahasiswaan yang lebih besar. Siapa tahu ini menjadi bisnis besar Anda di masa depan.


    5. Bisnis Snack
    Saat menunggu kuliah, banyak teman-teman Anda yang kelaparan dan ingin ngemil. Ini saatnya Anda memanfaatkan peluang tersebut. Gunakan sedikit uang saku Anda untuk berbelanja makanan kecil pengganjal lapar dan minuman, misalnya roti kering, minuman kaleng, cemilan, dan lain sebagainya. Tidak perlu malu untuk melakukannya, karena Anda ingin menolong teman-teman Anda yang butuh snack dan minuman. Jika Anda pandai membuat makanan kecil sendiri, Anda dapat membawanya ke kantin dan menitipkannya.

    Sebenarnya terdapat banyak sekali ide-ide bisnis untuk mahasiswa. Selain ide bisnis di atas, Anda dapat mencoba bisnis lainnya sesuai dengan keahlian Anda masing-masing. Misalnya jasa edit foto jika Anda sangat jago Photoshop, membuat pernak-pernik unik, atau bekerja freelance di situs-situs online saat ini. Mungkin juga Anda sudah tahu passion Anda di mana? Coba saja eksplorasi passion, minat dan bakat Anda dengan kursus pendek. Siapa tahu itulah jalur karir Anda?

    Tidak hanya menjalankan bisnis sendirian, Anda juga dapat mengajak teman-teman Anda untuk melakukan bisnis bersama-sama. Sehingga Anda dapat berbagi ide, modal, dan usaha secara bersama-sama. Bisnis mahasiswa yang dilakukan secara bersama-sama ini juga akan melatih kemampuan Anda untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Sehingga jika Anda akan lebih tangguh di dunia usaha setelah lulus nanti.

    Sumber : http://blog.sukawu.com/5-ide-bisnis-keren-dengan-modal-kecil-untuk-mahasiswa/
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,129
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Awalnya bukan untuk bisnis dan tidak menghasilkan uang. :D
     
    ys. herbi likes this.
  3. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Mahasiswa kebanyakan merasa gengsi den, dan hanya mengandalkan uang orang tuanya
     
  4. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,174
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Kalau mau bisnis tinggal dilaksanakan aja, buat jual selesai gak laku pikirin caranya biar laku
     
  5. dankerzrazib

    dankerzrazib Member

    Joined:
    Sep 22, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    salah satu kendala mahasiswa kan di pulsa dan kendala untuk menyalurkan hobi nya,
    ane ada satu solusi untuk ngakalinya gan,

    cuma sambil duduk2, ngopi2, di rumah..sambil ngobrol,
    agan bisa pake akun sosmed agan sendiri, pake real account, dan mudah lagi..
    gak pake modal, (ya cuma modal kuota sih hehe)..

    agan jadi buzzer aja gan, dengan itu pun agan membantu para pelaku UKM di negara kita,
    untuk promosiin bisnis nya.
     
    Last edited by a moderator: Sep 23, 2016
  6. kenskw

    kenskw Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    45
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    wah iya, buzzer bisa juga
    cuma kendalanya sih biasa karena followe nya ga banyak
     
  7. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    214
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  8. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Ayo mana suaranya mahasiswa, boleh dicoba nih. Tapi sepertinya nggak harus mahasiswa, ayooo kita coba.
     
Loading...

Share This Page