5 Jajanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Discussion in 'Tourism' started by Faniditya Ramadhan, Dec 5, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Sulawesi Selatan punya banyak sekali jajanan tradisional yang pasti bakal bikin kamu ketagihan. Mulai dari yang bercita rasa manis, gurih, hingga yang dingin nan menyegarkan tersaji dengan lengkap. Kalau kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, pastikan kamu mencicipi kudapan berikut ini:

    Gogoso

    [​IMG]


    Jajanan tradisional pertama yang harus kamu cicipi adalah Gogoso. Masyarakat Sulawesi Selatan biasa menyajikan makanan ini pada saat hari raya. Bentuknya mirip dengan lemper, hanya saja gogoso diolah dengan cara dibakar dan berisi suwiran ikan tongkol dan kelapa sangrai. Kalau tak suka ikan, kamu bisa mencicipi gogoso tanpa isian.

    Lepat Ketan

    [​IMG]


    Kalau kamu penyuka makanan manis pastikan kamu mencicipi lepat ketan. Jajanan tradisional ini terbuat dari beras ketan dengan isian unti (kelapa parut yang disangrai bersama gula merah cair). Zaman dahulu kala lepat ketan biasa digunakan untuk menyuguhi para raja di acara-acara adat. Namun sekarang ini bisa kamu temukan dengan mudah di penjaja kue.

    Apang Bugis

    [​IMG]


    Kalau kamu berkunjung ke daerah-daerah di Sulawesi Selatan, tak mungkin rasanya jika kamu tak menemukan apang bugis. Kudapan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah memang sangat terkenal. Rasakan kelezatannya ketika dikonsumsi bersama kelapa parut dan teh hangat.

    Barongko

    [​IMG]


    Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil pisang. Tak heran jika di sana banyak jajanan tradisional berbahan dasar pisang, salah satunya adalah barongko. Kudapan ini terbuat dari pisang yang dilumatkan lalu dicampur telur, santan, garam, dan gula merah. Sekali mencicipi kamu dijamin akan ketagihan.

    Agar tidak menyesal, pastikan kamu mencicipi sebanyak mungkin jajanan tradisional di Makassar. Bila ingin semakin lengkap, jangan lupa untuk berwisata kuliner di Trans Studio Mall Makassar.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,447
    Likes Received:
    104
    Trophy Points:
    63
    Kalau di kampung ane ada makanan khas namanya nasi bakar, isinya ada yang pake ayam dan ikan, mungkin jarang ditemui karena yang dagang adalah kang Paino yang kreatif dalam meracik makanan di warung Hiknya, ada juga sego kucing sambel kemangi,
     
  3. Ari Wisnu

    Ari Wisnu New Member

    Joined:
    Oct 29, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  4. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    265
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Gogoso, barongko, apang bugis... nama kuenya unik-unik ya. Dan kelihatannya enak tuh, jadi pengen mencoba kelezatan jajanan tradisional khas Makassar. Di daerah Malang Jawa Timur ada yang jual tidak ya?
    Btw, ngomong soal makanan jadi lapar nih... :D
     
Loading...

Share This Page