5 Jasa Promosi Gratis yang Bisa Anda Lakukan untuk Toko Online Anda

Discussion in 'E-Commerce' started by Wibi Permana, Apr 22, 2016.

  1. Wibi Permana

    Wibi Permana New Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Faktor kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh toko online membuat e-commerce di Indonesia meningkat pesat. Namun, bukan berarti ia tidak memiliki kendala yang mengiringinya. Banyaknya pelaku e-commerce membuat Anda harus memutar otak lebih keras untuk dapat menonjol dari para pesaing. Tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak biaya. Lima cara di bawah ini dapat Anda terapkan secara gratis untuk mempromosikan toko online Anda.

    1. Membuat Blog pada Website
    Tahukah Anda bahwa blogging kini bukan hanya menjadi sekadar hobi, namun juga efektif sebagai salah satu perangkat digital marketing? Anda tidak perlu membuat domain baru, cukup dirikan blog pada website toko online Anda. Melalui blog, tulis konten-konten yang berhubungan dengan produk-produk Anda. Misalnya, tokoonline Anda bergerak pada bidang fashion. Tuliskan saja konten-konten seperti tips memadukan busana, jenis-jenis sepatu wanita, dan lain sebagainya pada blog Anda.

    Ketika menulis blog, Anda harus mencantumkan keywords tertentu yang masih relevan dengan konten. Semakin banyak jumlah keywords yang dicantumkan, semakin tinggi kesempatan bagi halaman blog Anda untuk muncul pada peringkat atas search engine, yang saat ini dirajai oleh Google. Hal ini juga disebut sebagai strategi Search Engine Optimization (SEO). Kecuali seseorang pernah mengunjungiwebsite Anda sebelumnya, ia pasti akan mengetikkan keywords pada Google terlebih dahulu untuk mencari konten yang ia inginkan.[HASHTAG]#Servoplatform[/HASHTAG]

    Setiap konten yang Anda tulis pada blog, halaman website Anda pun akan bertambah dengan sendirinya. Dengan kata lain, semakin banyak konten blog yang Anda tulis, semakin besar kemungkinan bagi website toko online Anda untuk meningkatkan jumlah traffic. Bagaimanapun juga, blog tersebut masih berada pada website Anda. Bukan tidak mungkin pula para pengunjung akan menjelajahi website ketika mereka merasa puas dengan konten-konten blog yang Anda sajikan.

    2. Mengirimkan E-mail Marketing
    Cara satu ini masih memiliki hubungan dengan blog yang telah Anda buat. Ketika ada pengunjung yang puas dengan konten-konten pada blog Anda, kemungkinan besar mereka akan terus kembali untuk mencari konten serupa. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk memberi penawaran khusus pada mereka. Buatlah sebuah booklet berisi konten-konten eksklusif yang hanya bisa didapatkan setelah melakukan sign up. Anda juga bisa memberikan diskon pembelian produk selama mereka bersedia memberikan alamat e-mail mereka.

    Hal tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak. Pengunjung dapat segera mengetahui konten-konten terbaru tepat setelah Anda mem-post-nya pada blog. Di sisi lain, Anda dapat mengirimkan berbagai promosi kepada pengunjung melalui berbagai alamat e-mail yang telah Anda terima dari proses sign up. Meski bersifat promosi, tuliskan konten yang personal pada e-mail Anda. Hal tersebut dapat menimbulkan ikatan emosional pada diri pengunjung untuk memicu kepercayaan dan loyalitas.

    3. Melakukan Sistem Endorse
    Endorse merupakan bentuk promosi yang mengharuskan Anda untuk memberikan salah satu atau beberapa produk Anda kepada orang yang Anda rasa dapat mempromosikannya secara maksimal. Umumnya, pelaku bisnis toko online bekerja sama dengan artis-artis Indonesia atau sosok-sosok yang memiliki banyak followerspada media sosial. Mereka akan mengenakan produk yang Anda beri dan menyebutkan brand Anda agar followers mereka menjadi aware dengan keberadaan toko online Anda.

    Namun, ada beberapa pihak yang mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang jika ingin meng-endorse mereka. Ibaratnya, orang-orang tersebut adalah media pemasangan iklan untuk produk-produk Anda. Oleh sebab itu, agar tidak mengeluarkan uang tambahan, lakukan riset untuk mengetahui pihak mana saja yang bersedia melakukan endorse secara gratis. Jika perlu, bertanyalah pada tokoonline lain yang sebelumnya pernah melakukan hal serupa.

    4. Manfaatkan Media Sosial
    Jangan biarkan toko online Anda berdiam diri di satu tempat, sebarkan melalui media sosial! Facebook, Twitter, dan Instagram menjadi contoh yang tepat untuk memulai promosi Anda. Manfaatkan Facebook dan Twitter untuk berinteraksi langsung dengan para calon pelanggan Anda. Jalin engagement untuk menciptakan rasa percaya. Kedua media sosial tersebut juga cocok digunakan untuk menampung berbagai komentar, komplain, dan saran yang ditujukan pada toko online Anda.

    Lalu, masih ingat dengan konten-konten yang Anda tulis pada blog? Taruh saja link-nya pada media sosial. Namun, beri pula kata pengantar yang menarik agar orang-orang tertarik untuk membukanya. Mereka pasti akan ikut membantu menyebarkanlink tersebut apabila kontennya dirasa berguna. Sedangkan, Instagram dapat berfungsi sebagai katalog mini untuk produk-produk Anda. Oleh sebab itu, gunakan foto-foto dengan angle dan tone terbaik.

    5. Melalui Situs Marketplace
    Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi secara gratis adalah melalui marketplace. Terlebih, kini ada cukup banyak marketplace gratis buatan anak bangsa yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi secara gratis. Tidak hanya meningkatkan traffic dari website toko online, berpromosi melalui marketplace juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan transaksi jual-beli. Namun, karena buka merupakan “rumah” sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda penuhi, yakni deskripsi produk, foto, profil toko online, alamat usaha, kontak, cara pemesanan dan pembayaran, serta testimonial.


    Agar mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa sekaligus melakukan promosi secaraoffline dari mulut ke mulut atau meminta teman-teman Anda untuk ikut menyebarkan website toko online Anda. Namun, Anda harus bersabar karena hasil promosi tidak dapat dinikmati dalam waktu singkat. Selama Anda rajin dan rutin melakukannya, hasilnya tentu tidak akan mengecewakan ekspektasi Anda.

    Sekian tentang artikel 5 jasa Promosi Gratis, dan jika ada yang belum memiliki Toko online ataupun lagi mengerjakan membangun toko online tapi ribet, silahkan ciptakan usahamu dan raih keuntungan dengan CMS Builder Webstore di servoplatform.com
     
  2. B4yu

    B4yu Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    71
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    bermanfaat nih yang kayak gini. terimakasih mas :3
     
  3. shinichiozy

    shinichiozy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    good job.... anyway yg penting jangan nyepam... ntar di kartu kuning
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    berarti yang endorse itu ga murni 'gratis' ya? produknya kan lumayan ada harganya
     
  5. Tukang Komputer

    Tukang Komputer New Member

    Joined:
    Sep 22, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Endorse kayaknya sekarang udah bayar semua deh gan CMIIW
     
  6. Adelia Farahma

    Adelia Farahma New Member

    Joined:
    Nov 8, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    okee nice infoooo :)
    kebetulan lagi bikin olsop juga..
    semoga sukses
     
  7. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Nah, mending sih Kalau kena Kartu Kuning cuma peringatan, Kalau kartu merah kan mantep hihi
     
  9. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Kalau saya ketika udah bikin website, akan lebih fokus Ke SEO aja agar kedepannya ga terlalu cape, apalagi kalau udah dapet posisi bagus di keywords yg lumayan
     
  10. Yusuf Setiadi

    Yusuf Setiadi Member

    Joined:
    May 19, 2018
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bener, bukan gratis itu, bayar dan pasti Produk kita dikorbankan buat dia hehe
     
  11. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    502
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    makasih gan , menambah wawaan ane , jadi mau coba yang email marketing
     
  12. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Terima kasih infonya sangat bermanfaat :)
     
Loading...

Share This Page