5 Jenis Besi Ini Mempengaruhi Konstruksi Bangunan – Kamu Harus Tau Ini!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Viodota, Jan 31, 2019.

  1. Viodota

    Viodota New Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagi sebagian besar orang, rumah tak hanya sekadar menjadi tempat berlindung, tetapi juga menjadi tempat pulang dalam artian paling harfiah: tempat melepas lelah dan menyandarkan keluh kesah. Banyak orang pun ingin membangun rumahnya sebagus yang mereka mampu. Nah, salah satu material yang tak boleh ketinggalan dalam pembangunan rumah adalah besi. Distributor besi Surabaya misalnya yang meyediakan berbagai besi untuk bangunan konstruksi rumah dan gedung.

    Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang saat ini sedang mencari besi untuk membangun bangunan konstruksi yang di targetkan. Namun, sebelum mengunjungi toko maupun distributor besi pilihan Anda, ada baiknya Anda kenali dulu dengan 5 jenis besi yang sering digunakan dalam konstruksi rumah. Cek, yuk!


    1. Besi Beton
    Besi beton sering disebut dengan nama besi penulangan. Sebab, besi ini selalu difungsikan sebagai rangka atau tulang sebuah bagungan. Untuk menopang pondasi bangunan skala kecil layaknya rumah keluarga, besi beton tergolong cukup kuat. Besi beton terdiri dari dua jenis, yakni besi ulir dan besi polos. Besi beton polos berbentuk polos, licin, dan mulus pada bagian permukaannya, sedangkan besi beton ulir berbentuk mengulir layaknya sirip.


    2. Besi Hollow
    Besi yang satu ini memiliki bentuk pipa kotak dan digunakan dalam pembangunan plafon serta sebagai rangka dinding partisi. Besi ini termasuk besi antirayap, tahan api, serta kebal terhadap serangan binatang pengerap. Karena bentuk dan sifatnya, besi ini sering digunakan sebagai bahan pembuat rangka kanopi, balkon, serta pagar rumah.


    3. Pipa Besi
    Pipa besi umumnya terbuat dari baja. Berbentuk bulat dan berwarna khas hitam atau silver dan keemasan warna pipa besi ini juga mengaruhi fungsinya. Besi ini biasanya digunakan untuk menyalurkan berbagai bahan yang berupa cair atau gas seperti saluran air panas, tambang yang mudah terbakar untuk industry pertambangan, misalnya minyak, gas, dan oli.

    Mengingat fungsi pipa besi yang begitu penting sebagai material penyalur, kita sebagai pembangun atau pemilik bangunan harus memperhatikan kualitas pipa tersebut. Pilihlah pipa besi yang sudah memiliki label SNI. Banyak distributor besi Surabaya yang jual besi ini dengan label SNI sehingga Anda tidak akan sulit menemukannya.


    4. Besi Siku
    Seperti namanya, besi yang lazimya diproduksi dengan panjang 6 meter ini memiliki bentuk siku alias membentuk sudut 90 derajat. Besi yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat kerangka tangga, kerangka pintu, rak besi, serta tower air.


    5. Besi Plat
    Berbentuk plat atau lempengan memanjang, besi ini tergolong mudah difungsikan. Besi yang terbuat dari bahan besi baja ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan perkakas, misalnya untuk membuat peralatan rumah tangga.

    Yup! Itu dia 5 jenis besi yang perlu diketahui agar saat Anda membangun rumah atau gedung yang Anda sayangi dapat berdiri dengan tegak, aman dan kokoh.
     
  2. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    209
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Wah mantab gan info nyaa, ini yg ane cari" soalnyaaa bingung nyari bahan yg cocok untuk pembangunan rumah biar kokoh gtu
     
  3. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    pemilihan besi emang sangat penting dalam pembangunan. Biar bisa menyesuaikan sama budget dan juga kekokohan bangunan. sama hal nya seperti pemilihan cable support system untuk pembangunan rumah dan Industri. Harus dipilih jenis kabel yang awet dan juga sesuai sama area pembangunan :D
     
Loading...

Share This Page