5 Jenis Kerusakan Mesin Cuci

Discussion in 'General Business' started by Adam Levine, Sep 30, 2020.

  1. Adam Levine

    Adam Levine New Member

    Joined:
    Aug 10, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang umumnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang berkeluarga. Pasalnya, mesin cuci dapat membantu aktivitas cuci-mencuci pakaian dan bahan lainnya. Namun, perlu dicatat bahwa dalam penggunaan mesin cuci harus diperhatikan dengan benar dan tepat. Perlu adanya kontrol dan perawatan secara rutin dalam penggunaan mesin cuci sehari-hari. Oleh karenanya, sama seperti peralatan elektronik lainnya bahwa mesin cuci juga dapat mengalami gangguan atau kerusakan yang dapat menghambat kinerja mesin tersebut.

    Kerusakan mesin cuci dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Umumnya kerusakan pada mesin cuci disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan atau diforsir, human error, mesin cuci sudah berusia tua atau usang, dan sebagainya. Namun, tak perlu khawatir atau risau apabila mesin cuci Anda mengalami kerusakan. Pasalnya, kerusakan-kerusakan tersebut dapat diatasi secara mandiri atau jika tidak bisa memperbaiki sendiri, dapat menghubungi jasa layanan servis mesin cuci atau ke distributor mesin laundry dimana Anda membeli mesin cuci tersebut. Hal terburuk yang mungkin dapat terjadi akibat kerusakan yang tidak bisa diperbaiki ialah dengan membeli mesin cuci baru.

    Setidaknya, secara umum terdapat 5 permasalahan mendasar yang acap kali mengakibatkan kerusakan mesin cuci. Berikut ini 5 kerusakan mesin cuci versi Koin Laundry.

    1. Mesin Cuci Bocor atau Rembes
    Apabila mesin cuci Anda mengalami kebocoran atau rembes yang membuat sekitar mesin tersebut basah dan becek maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada selang atau pompa mesin cuci. Anda perlu mencurigai dan mengecek segera pada bagian selang atau pompa. Pasalnya, kebocoran acap kali terjadi pada selang atau pompa. Hal tersebut bisa terjadi akibat selang atau pompa yang sudah usang atau tua sehingga perlu diganti dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya Anda terlebih dahulu mengeceknya bisa juga karena kendur tidak terpasang dengan baik. Selain itu juga, selang bisa bocor akibat digigit tikus apabila di tempat Anda menaruh mesin cuci terdapat hewan tikus. Penggantian selang atau pompa yang bocor bisa dilakukan secara sendiri. Akan tetapi, apabila sudah digganti tetap mengalami kebocoran segera hubungi teknisi mesin cuci yang sudah ahlinya.

    2. Layar atau Tombol Instruksi Tidak Berfungsi atau Mati
    Kerusakan pada layar atau tombol instruksi di bagian luar yang berfungsi untuk mengontrol jalannya mesin cuci, tetapi tidak berfungsi atau mati. Biasanya hal tersebut terjadi kerusakan pada perangkat lunak dalam mesin sehingga program tidak berjalan. Cara memperbaikinya, Anda harus menghubungi teknisi servis mesin cuci. Pasalnya, kerusakan pada perangkat lunak hanya dapat diperbaiki oleh teknisi yang paham dengan kondisi mesin cuci tersebut.

    3. Mesin Cuci Berisik atau Berbunyi Kasar
    Apabila saat mesin cuci Anda sedang bekerja, tetapi terdengar suara yang sangat berisik atau berbunyi kasar. Biasanya terdapat beberapa faktor ringan yang menyebabkan bunyi tersebut, yaitu kemungkinan filter tersumbat sehingga perlu adanya pembersihan pada filter tersebut. Kemudian juga terdapat logam atau benda keras yang tertinggal di dalam mesin cuci kemungkinan berasal dari pakaian yang pernah dicuci sehingga menyangkut. Selain itu juga, kemungkinan bisa akibat baut-baut pada mesin cuci longgar. Maka Anda perlu mengecek dan mengencangkan baut yang kendor tersebut. Apabila setelah dilakukan pengecekan total pada mesin cuci, tetapi masih juga berbunyi berisik dan kasar maka menghubungi teknisi langkah yang tepat.

    4. Mesin Cuci Menyala, tetapi Tidak Berputar
    Kerusakan yang terjadi apabila mesin cuci dsudah menyala, tetapi tidak mau beruputar. Kemungkinan akibat V-Belt atau sabuk yang sudah kendor dan usang. Maka perlu diganti dengan yang baru. Selain itu juga, bisa karena motor mesin cuci yang macet karena dinamo kotor atau tersumbat maka perlu dibersihkan.

    5. Mesin Cuci Mati Total
    Kerusakan mesin cuci yang paling fatal dan parah ialah mesin benar-benar mati total tidak mau menyala. Kerusakan yang mungkin terjadi pada modul atau power supply. Maka dari itu, langkah pertama ceklah terlebih dahulu pada bagian kabel listrik dan power supply yang mungkin putus atau kendur. Namun, apabila sudah dilakukan perbaikan, tetapi masih tidak menyala maka teknisi yang lebih paham memperbaiki mesin cuci mato total.

    Itulah 5 permasalahan mendasar dan umum yang sering terjadi pada mesin cuci. Untuk diingat untuk permasalahan-permasalahan tersebut dapat timbul sesuai dengan umur pemakain mesin cuci Anda. Namun pada umumnya mesin cuci yang digunakan pada paket usaha laundry akan lebih cepat mengalami masalah-masalah tersebut dikarenakan beban kerja cuci yang harus dikerjakan oleh mesin cuci tersebut. Semoga bermanfaat!
     
Loading...

Share This Page