5 Jenis Kopi Terkenal yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Discussion in 'Infotainment' started by Wendy Putra, Feb 10, 2018.

  1. Wendy Putra

    Wendy Putra New Member

    Joined:
    Nov 10, 2014
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sejak zaman nenek moyang masih hidup, kopi di Indonesia sudah sangat melimpah. Bisa dibilang kalau Indonesia adalah surganya bagi pecinta kopi. Ditambah lagi dengan lawatan bangsa asing ke Indonesia yang menepikan beberapa jenis kopi baru.

    Hal tersebut menjadikan para pecinta kopi di Indonesia semakin menjamur. Bahkan juga menjadi salah satu peluang bisnis, misalnya saja berbagai kedai kopi yang semakin banyak.

    Nah, bagi kamu para pecinta kopi. Sebagai catatan, inilah 5 jenis kopi terkenal yang bisa ditemukan di Indonesia.

    1. Kopi Luwak
    [​IMG]
    Jenis kopi ini menduduki peringkat pertama untuk kategori kopi termahal, terlangka, dan terenak di dunia. Kelanggaan sumber kopi ini sejalan dengan terbatasnya populasi musang penghasil kopi luwak. Soalnya tidak semua musang mau memakan sembarang jenis kopi. Sejauh ini, hanya kopi Arabika yang menjadi kesukaan musang untuk bahan camilan.

    Mahalnya kopi luwak dipengaruhi oleh proses pembuatan yang cukup rumit. Mulai dari proses pemilihan biji oleh musang, fermentasi, pencucian berkali-kali, hingga pengemasan yang serba istimewa. Beruntungnya, kopi luwak ini pertama kali ditemukan di Indonesia dan sudah menginspirasi banyak negara untuk memproduksi kopi langka lainnya.

    2. Kopi Toraja
    [​IMG]
    Seperti namanya, kopi jenis ini berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Sementara varietas yang diunggulkan adalah kopi Arabika dan Robusta. Rata-rata, kawasan Toraja didominasi oleh pegunungan yang bertanah subur. Hal inilah yang menjadikan tanaman di sana berkualitas tinggi ketika diolah.

    Berbeda dengan kopi luwak, jenis kopi Toraja ini memiliki keasaman yang tinggi. Tidak hanya itu. Cita-rasanya juga sangat unik dan memiliki sifat-sifat dari unsur tanah. Ketika minuman kopi disesap, lidah memang akan merespons rasa pahit dari kopi. Tapi hanya sementara. Inilah yang membuat kopi Toraja disegani hingga ke mancanegara.

    3. Kopi Flores
    [​IMG]
    Meski kopi yang ditanam memiliki varietas sama, tetapi rasanya akan berbeda karena tempat tumbuhnya berbeda. Hal ini bisa dibuktikan sendiri ketika mengonsumsi kopi Flores dengan kopi daerah lainnya. Rasa kopi Flores sangat kental bernuansa buah dan juga tambahan aroma tembakau yang khas. Tidak seperti jenis kopi lainnya.

    Perbedaan kopi Flores dengan lainnya dikarenakan oleh dampak abu vulkanik yang ada di wilayah sekitar. Kesuburan tanah Flores dipicu oleh letusan gunung berapi pada tahun-tahun yang lalu. Berkat abu vulkanik, kopi yang dihasilkan menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia. Memangnya apa varietas kopi Flores? Sejauh ini hanya kopi Arabika.

    4. Kopi Jawa
    [​IMG]
    Bicara tentang kopi terbaik, rasanya kurang lengkap kalau tidak memasukkan kopi Jawa ke dalam daftar. Pasalnya, sudah sejak abad ke-17 kopi Jawa terkenal di dunia karena rasanya yang khas. Sejak itu, kopi Jawa menjadi komoditas ekspor terbesar di Indonesia yang diangkut ke berbagai negara dunia.

    Proses pembuatan kopi Jawa menggunakan cara giling basah. Tak heran kalau kopi Jawa ini memiliki aroma khas rempah-rempah yang unik. Produsen kopi Jawa berpusat di sekitar pegunungan Ijen. Lokasi pegunungan ini berada di Jawa Timur. Sementara varietas yang dikembangkan tetap kopi Arabika.

    5. Kopi Gayo
    [​IMG]
    Lokasi produsen kopi gayo berada di NAD (Nangroe Aceh Darussalam). Tepatnya di Dataran Tinggi Gayo. Varietas yang dikembangkan tidak lain adalah kopi Arabika dan kopi Robusta. Berdasarkan penilaian lembaga peneliti kopi, cita rasa kopi gayo mendapatkan penilaian minimal 80. Tentu saja angka itu tidak didapatkan tanpa sebab khusus.

    Pertama, kopi gayo memiliki keseragaman biji sekitar 95%. Kedua, kadar air dalam biji kopi gayo maksimal hanya 12,5%. Ketiga, proses roasting biji kopi gayo selalu menghasilkan biji yang hitam dan berkualitas. Tidak heran kalaue kopi jenis ini mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade tahun 2010.

    Kelima jenis kopi di atas sama-sama istimewa, tetapi hanya kopi luwak yang memiliki harga hingga jutaan rupiah per cangkirnya. Bahkan karena saking langkanya, kopi luwak tidak dijual di sembarang tempat. Entah di perkotaan atau pedesaan. Soalnya cuma pelapak tertentu yang berani menyediakan kopi termahal di dunia ini. Sehingga, tidak mungkin kopi luwak ini mudah di temukan di warung warung biasa, apalagi jika harganya cuma seribuan.

    Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/surga-kopi-indonesia-dari-yang-khas-sampai-yang-termahal-juga-ada.html
     
  2. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    833
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    28
    kalau kopi hijau green coffee ?
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    841
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau bukan penikmat kopi pasti anggapannya tiap kopi itu sama saja, tapi kalu buat penggemar itu beda",, punya khas tersendiri, aku sih vote untuk kopi Gayo hehe
     
  4. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,411
    Likes Received:
    196
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Belum pernah mencoba semuanya hehe :D
    cuma pernah minum kopi biasa :(
     
  5. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    833
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    28
    masa sih, emang gak pernah nyobain ngopi ke caffe ??
     
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,411
    Likes Received:
    196
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Belum pernah ke caffe malah *berkeringat*
     
  7. janmajiwana

    janmajiwana New Member

    Joined:
    Jan 30, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Aduh kopi luwak gak nguatin kantong harganya ya :')
    saya sih pilih kopi Flores Manggarai, rasa dan aromanya nyembuhin hati yang terlukai rasa rindu. ahahahaa! *akhirnya*
     
  8. Baban H

    Baban H New Member

    Joined:
    Feb 12, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Biasa minum kopi kiloan pasar

    *akhirnya*
     
  9. Jengkelin

    Jengkelin New Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kopi lokal, citra rasa Internasional!
     
  10. Boss Bambang

    Boss Bambang New Member

    Joined:
    Feb 26, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selalu ingat bos, minum kopi asli indonesia selalu
     
Loading...

Share This Page