5 Jenis Kutil yang Harus Kita Ketahui

Discussion in 'Health & Medical' started by khairim, Mar 15, 2016.

  1. khairim

    khairim New Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kutil (verruca/veruka), atau yang biasa disebut dengan istilah Papilloma dalam dunia medis merupakan penyakit yang menyerang kulit manusia dan dimasukkan kedalam jenis tumor ringan.

    Meskipun termasuk jenis tumor yang ringan, kutil tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh karena bisa saja mengakibatkan efek negatif yang lebih besar.

    Selain itu, kutil bisa menimbulkan gangguan ringan karena kutil yang berbentuk seperti daging lebih ini (yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan) jika tumbuh di bagian tubuh tertentu, seperti telapak kaki atau telapak tangan, bisa membuat kita tidak nyaman ketika sedang beraktfitas.

    Lalu, hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah kutil memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Sesuai dengan bentuk dan tempat munculnya.

    Nah, ini dia 5 jenis kutil (Papilloma) yang harus kita ketahui dan waspadai.


    1. Kutil Biasa

    [​IMG]
    Common Warts (via pcds.org.uk)

    Kutil jenis ini merupakan kutil yang paling sering kita temukan. Ukuran kutil biasa bermacam-macam, mulai dari ukuran 0,1 cm hingga 1 cm dan biasanya tumbuh di sekitar lutut dan jari. Bintil kulit terasa keras dengan permukaan yang kasar.

    Selain itu, kutil biasa memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah kita yang beku.

    Kutil biasa juga dikenal dengan sebutan verruca vulgaris.

    2. Kutil Pipih

    [​IMG]
    Plane/Flat Warts (via noskinproblems.com)

    Sesuai namanya, kutil ini memiliki bentuk datar atau pipih dengan warna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya. Kutil yang memiliki sebutan verruca plana atau plane warts ini umumnya diidap oleh anak-anak dan tumbuh pada bagian tangan, kaki, serta wajah.

    Ukuran kutil pipih berkisar antara 0,2-0,4 sentimeter.

    3. Kutil Periungual

    [​IMG]
    Periungual Warts (via dermnet.com)

    Kutil periungal, atau biasa disebut juga dengan periungal warts, adalah kutil yang tumbuh pada kuku tangan dan kaki. Kutil jenis ini memiliki tekstur permukaan kasar. Selain terasa menyakitkan, pertumbuhan kutil ini juga dapat memengaruhi bentuk kuku.

    Kutil ini sebenarnya bisa dikatakan masih termasuk kategori kutil biasa atau verruca vulgaris, hanya tempat tumbuhnya hanya berada di sekitar kuku tangan dan kaki.

    Kutil periungal jika bisa mengakibatkan kerusakan pada kuku. Sehingga bisa mengakibatkan rasa sakit di sekitar jari bahkan kerusakan pada kuku. Jika kita sudah terkena kutil periungal sebaiknya kuku kita potong atau dilepas untuk menghindari efek yang lebih buruk. Sebaiknya ketika akan melepas kuku berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

    4. Kutil Filiformis

    [​IMG]
    Filiformis Papilloma (via hakanbuzoglu.com)

    Jenis kutil ini memiliki bentuk yang memanjang dan biasa tumbuh pada area wajah, leher, dan ketiak. Kutil filiformis juga umumnya muncul di kelopak mata.

    Kutil filiformis dikenal juga dengan sebutan filiform warts atau verucca filiformis.

    5. Kutil Plantar

    Kutil jenis ini mungkin merupakan yang paling sering ditemui oleh banyak orang. Ya, kutil plantar ini lebih terkenal dengan istilah “mata ikan”. Bentuknya yang menjorok ke dalam kulit sering menyebabkan area yang terkena kutil ini terasa sakit jika tertekan.

    Kutil yang berbentuk pipih dan memiliki ciri khas titik hitam di tengah dengan daerah berwarna putih di sekitarnya yang mengeras ini umumnya tumbuh di bagian telapak kaki.

    Meskipun beberapa kutil plantar juga ditemui di bagian-bagian tubuh lainnya, seperti telapak tangan.

    Selain itu, kutil plantar juga disebut dengan verrucas atau plantar warts.

    Semoga bermanfaat buat teman-teman Bersosial.com! :)
     
  2. Mr Belze

    Mr Belze Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    190
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    klo gwa pernah tuh dapet yang kutil plantar
     
  3. FarrasAgda

    FarrasAgda Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    75
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Geli banget yaa liat gambarnya xD
    Padahal dulu pas SD pernah ada kutil juga di jari tangan haha
     
  4. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Wooouwwww.... Yg di tangan suka tumbuh bgtu ternyata kutil juga yah... Baru tahu
     
  5. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
  6. khairim

    khairim New Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Udah disembuhin belum tuh Gan? Atau udah konsultasi ke dokter? Hehe :p
     
  7. khairim

    khairim New Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Yap, dan ada kemungkinan juga jika kutil sudah tumbuh satu dan kita biarkan (tidak melakukan tindakan pengobatan atau konsultasi ke dokter) bisa tumbuh kutil yang lainnya.

    Soalnya saya pernah punya pengalaman seperti ini, tapi setelah dioperasi alhamdulillah hilang dan tidak tumbuh-tumbuh lagi. :D

    Bisa bro, salah satu lokasi tumbuh kutil yang bisa mengganggu dan berbahaya kalau dibiarkan adalah yang tumbuh di sekitar bagian kelamin ataupun anus. :O
     
    aldy likes this.
  8. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Alhamdulillah saya gak sampai operasi gan, cuma dikasih obat salep ajah dari dokter.. mungkin gak tergantung jenis kutilnya?
     
  9. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ada lagi yang lebih bahaya yaitu kutil kelamin
     
  10. khairim

    khairim New Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Iya, sepertinya bisa dipengaruhi faktor-faktor seperti jenis kutilnya, tempat tumbuhnya, dan sudah berapa banyak atau tingkat keparahan tingkat kutil tersebut.

    Saran saya kalau sudah ada tanda-tanda seperti kutil yang tumbuh di bagian tubuh kita langsung hubungi dokter saja. Khawatir jika dibiarkan bisa seperti kasus "manusia pohon" yang pernah mencuat beritanya beberapa tahun yang lalu. Hehe.
     
  11. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Oke deh gan... Terimakasih sarannya...
    Amit2 deh kalau manusia pohon mah... Hihihihi
     
  12. Iwansanjaya

    Iwansanjaya Member

    Joined:
    Feb 25, 2016
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Merinding liat gambarnya, apa kutil juga bisa membahayakan kesehatan gan?
     
  13. khairim

    khairim New Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bisa membahayakan dan bisa mengganggu juga gan kalau dibiarkan dan tidak segera diobati atau operasi hehe. :O
     
  14. rifal

    rifal Guest

    Joined:
    Sep 29, 2014
    Messages:
    162
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    pernah denger klo kutil itu penyebab nya darah ayam , emg bener gan ?
     
  15. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    gamau lagi deh kena kutil,,, hiiiyyy ane pernah nyokel kutil sendiri pake scalpel
     
Loading...

Share This Page