5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Pebisnis

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by digitalpromosidotcom, Feb 6, 2015.

  1. digitalpromosidotcom

    digitalpromosidotcom New Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Menjadi seorang pebisnis yang sukses merupakan sebuah hal yang menjadi impian semua orang. Dengan menjadi seorang pebisnis, menjalankan segala peluang usaha dengan baik tentu akan membuat pundi-pundi rupiah anda meningkat. Untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses tentu tidaklah mudah, selain halangan serta tantangan untuk meraih kesuksesan hal lain yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara anda untuk selalu menjaga kesuksesan tersebut, karena jauh lebih sulit mempertahankan daripada menggapainya.

    Tak sedikit pebisnis yang mengalami kehancuran dan kebangkrutan pada usahanya hanya karena melakukan beberapa kesalahan kecil yang justru mampu memberikan dampak buruk yang besar bagi usahanya. Maka dari itu kali ini kami akan membahas beberapa hal penting yang harus di hindari oleh para pengusaha agar tidak mengalami kebangkrutan. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

    1. Jangan Menjalankan Usaha Yang Tidak Anda Kenal dan Kuasai Secara Dalam

    Banyak dari para pebisnis yang tidak paham apa yang sedang mereka lakukan. Mereka yang membangun bisnis, tapi mereka pula yang gagal paham pada apa yang sedang mereka kerjakan. Hanya gagasan dan ide besar saja yang dibanggakan, tapi ketika ditanya eksekusinya nol besar.

    Selain tidak mengenal bisnis sendiri hal yang haram dilakukan pebisnis manapun di dunia adalah gagal membaca target pasar yang ingin dituju. Jika Anda ingin membuka kafe untuk mahasiswa memasang harga 50 ribu untuk segelas kopi, harga yang jelas terlalu mahal untuk kantung mereka. Kafe Anda juga tidak menawarkan wiFi gratis, fasilitas yang digemari mahasiswa yang terlalu pelit hemat untuk langganan internet di ponsel mereka.

    2. Tidak Menggunakan Kreativitas Diri Secara Maksimal

    Tidak selamanya cara-cara lama tersebut masih bisa berlaku untuk masalah-masalah yang sedang anda hadapi saat ini. Itu wajar karena keadaan bisnis dan pasar tiap setiap hari berubah. Cobalah lihat sepuluh tahun lalu ketika internet masih jarang digunakan orang di negeri ini, Anda harus datang ke toko untuk membeli sepatu, ketika di toko A tidak ada yang cocok, Anda harus pindah ke toko B, begitu seterusnya.

    Bandingkan dengan keadaan sekarang, Anda hanya perlu duduk di depan laptop atau cukup mengetuk-ngetuk layar gadget untuk dapat melihat ribuan pasang sepatu dengan berbagai merek, bentuk dan warna. Strategi ini juga berlaku bagi bisnis Anda. Jika dulu Anda bisa menarik pelanggan hanya dengan beriklan lewat surat kabar, sekarang membayar blogger profesional untuk menulis sponsored content bisa jadi cara promosi yang lebih pas.

    3. Jangan Keras Hati Terhadap Masukan

    Tak peduli berapapun umur anda, akan selalu ada seseorang yang lebih berpengalaman dibandingkan Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meminta nasihat kepada mereka. Jika memang diperlukan, Anda bisa menyewa konsultan untuk membantu mengatasi hal ini. Atau jika Anda meinginkan sesuatu yang lebih santai dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak, hubungilah sahabat atau kerabat dekat Anda. Minta saran kepada mereka apa yang harus Anda lakukan.

    Namun yang disayangkan, banyak pebisnis yang justru tidak mau meminta nasehat dari orang lain, dan menganggap diri-nya sendiri lebih tahu dari siapapun. Maka jangan heran jika pada akhirnya mereka justru merugi lebih banyak dari yang sebelumnya.

    4. Hindari Kesalahan Pebisnis Lain Yang Terlah Lebih Dahulu Terjebak

    Anda tidak harus mengalamai kegagalan terlebih dulu untuk memetik sebuah pelajaran. Namun, pastikan Anda bisa memetik pelajaran dari kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain. Sebagai contoh, Anda terlalu banyak berinvestasi pada produk kosmetik Korea yang sedang hits. Padahal sebulan lalu bisnis online shop rekan anda baru saja merugi karena strategi yang sama.

    Kegagalan bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dari sebuah siklus yang berulang. Jika hal tersebut menghancurkan bisnis kolega Anda, kenapa sekarang strategi yang sama justru Anda terapkan dalam bisnis yang anda kelola?

    5. Jangan Pernah Merasa Jadi Orang Paling Benar

    Coba bayangkan jika Anda adalah seorang pengusaha yang menyuruh karyawanuntuk melakukan sesuatu. Namun, ternyata hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan eksepektasi Anda. Kemudian karena satu kegagalan itu Anda terus-terusan menyalahkan karyawan dan pegawai tersebut. Jika ini yang terjadi, Anda harus bersiap-siap untuk ditinggalkan.

    Ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh seorang pebisnis agar bisa terhindar dari kebangkrutan usaha. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses

    Sumber: http://www.digitalpromosi.com/smart...an-yang-harus-dihindari-oleh-seorang-pebisnis
     
    Wahyu Purnomo likes this.
  2. Ryanda

    Ryanda New Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Setuju gan! tapi untuk yang nomer 1 kurang setuju, di zaman moderen ini kita dapat menjalankan bisnis yang bukan menjadi keahlian kita. Apabila tim terdiri dari 3 orang, maka tidak semua harus menguasai bisnis tersebut, mungkin 2 anggota lainnya mempunyai keahlian tersendiri dalam bidang marketing atau IT. Pembagian tugas yang efektif akan membuat bisnis kita menjadi besar.
     
    vanoxcel likes this.
  3. isadaud2006

    isadaud2006 Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
  4. spg event

    spg event Member

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    482
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    mohon maaf kalo menurut saya pebisnis dan pekerja adalah beda,seorang pebisnis ibarat pemimpin yang mampu memanfaatkan semua sumber dan peluang yang ada untuk satu tujuan dengan atau tanpa bantuan orang lain secara langsung,"memperdayakan"(arti positif) orang untuk kelancaran usaha nya adalah salah satu trik berbisnis.
    "politik" adalah ilmu membuat peluang hal ini yang kerap kali di pakai para pebisnis untuk melancar kan usaha nya,strategy dan kemauan yang keras adalah modal dasar yang harus di miliki pebisnis.
    mungkin sering kita melihat ada satu team yang sukses bersama,tapi coba kita telaah lebih lanjut dan cermat pasti di salah satu mereka terdapat "pencipta ide" sementara yang lain hanya fasilitas untuk mewujudkan ide tersebut,mohon maaf kalo yang nama nya fasilitas itu hampir rata2 bisa di beli dengan uang,jika ada yang tidak bisa di beli arti nya harus suka rela, dan seorang pebisnis/pencipta ide tidak akan menyerah mereka akan berusaha dengan cara apapun."memperdaya"(arti positif) agar orang lain mau berkorban untuk nya,contoh : menawarkan system bagi hasil dari keuntungan usaha nya,
    " innovation is one way to jump over the time"
    thx share info nya sangat bermanfaat dan membangun,semoga makin banyak masyarakat indonesia menjadi seorang pebisnis/pemimpin/pencipta,amin...
     
    vanoxcel likes this.
  5. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    "Hindari Kesalahan Pebisnis Lain Yang Terlah Lebih Dahulu Terjebak" bener gan ini salah satu jalur pintas supaya cepat belajar.. tapi kalau bisa memang diutamakan di industri yang sejenis biar selain menghindari kesalahannya, dapet juga ilmu tentang aspek teknisnya.
     
    spg event likes this.
  6. erixe

    erixe New Member

    Joined:
    Mar 10, 2015
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    ingin berbisnis, tetapi mau berbisnis apa yach? hmm...
    andaikata saat ini di tangan saya ada duit 100 juta rupiah, saya masih bingung saya akan apakan...
    ada saran..?
     
  7. spg event

    spg event Member

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    482
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    akas sangat baik jika memulai bisnis sesuai dengan kesukaan atau bidang tersebut cukup kita senangi.Jangan karna melihat orang lain sukses dengan suatu bidang usaha lalu jadi ikut2an gak jelas
     
  8. Chinta Aulia

    Chinta Aulia New Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah, hal kayak gini memang harus dihindari banget yah. Thanks yah.
     
  9. Wahyu Purnomo

    Wahyu Purnomo New Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bisnis dari kata business akar kata busy artinya sibuk. kesibukan. usaha. Yang paling ringan adalah berbisnis sesuai keahlian atau hobi, lalu mencari komunitas atau pangsa pasar yang memerlukan kemampuan atau hobi kita itu.
     
  10. sepedapancal

    sepedapancal Member

    Joined:
    Jan 13, 2015
    Messages:
    280
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Dan yang penting dekatkan diri dengan yang Kuasa. Semoga diberi kelancaran untuk para pembisnis :D
     
  11. putra alfiah

    putra alfiah New Member

    Joined:
    Apr 7, 2015
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yang terpenting selalu belajar belajar dan belajar karena di dunia ini tidak ada yang benar seratus persen dan faktanya tidak ada rumus yang tepat untuk bisnis
     
  12. mamdi

    mamdi Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    berati jangan memaksakan pada model bisnis yang tidak kita benar2 kuasai ya...,, hmmmm
     
  13. Santata Risya Aditama

    Santata Risya Aditama New Member

    Joined:
    May 19, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Tambahan gan,
    Paling penting adalah selalu konsinten dan pantang menyerah. Selalu mengingat mimpi-mimpi yang telah di buat. :) Karena tidak sedikit para pebisnis tidak konsisten dengan target dan strategi yang mereka buat sendiri.
    Salam sukses bersama.. Amin..
     
  14. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @erixe : bener kata @spg event, awali dari hobi kita, karena biasanya dari hobi kita akan mengerti barang yang kita jual, kita akan menghargai barang tersebut, juga kita akan mencurahkan waktu dan pikiran untuk bisnis tersebut
    sekedar share aja, ada seorang pebisnis, ngerti dari sesama online'r (Buk*L**ak.Com) dia mulai bisnis dari hobinya yaitu mainan anak2, sukses, dan menghayati sampai2 saking hobinya, tidur di samping mainan anak jualannya
     
  15. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Dan tambahan menurut saya yaitu membuat inovasi karena bagi seorang pebisnis baik di Indonesia ataupun di luar Indonesia, bidang yang dijalankannya bukanlah suatu bidang yang flat tapi selalu berubah-ubah medannya jadi harus selalu membuat inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman atau sesuai dengan lingkungan sekitar.
     
  16. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Pengalaman saya, akhirnya nol,, usaha tidak jalan,,
     
  17. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    dalam bisnis yang paling penting adalah karakter si pebisnis. karakter lah yg akan menentukan kesuksesan seorang pebisnis
     
Loading...

Share This Page