5 Kuliner khas Makassar yang Pasti Bikin Ketagihan

Discussion in 'Tourism' started by Faniditya Ramadhan, Sep 12, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Bagi kamu pecinta kuliner pasti pernah mendengar nama es pisang ijo, kan? Kudapan berbahan dasar pisang tersebut adalah modifikasi dari kuliner Makassar yang bernama Es Palu Butung. Kudapan tersebut hanya salah satu contoh bagaimana makanan dari Makassar memiliki cita rasa lezat dan sangat digemari masyarakat.

    Kalau kamu berkunjung ke Makassar, berikut adalah 5 makanan lezat yang wajib dicoba dan pasti bikin kamu ketagihan:

    1. Coto Makassar

    Coto Makassar terdiri dari potongan daging sapi lezat dan kuah santan yang kental. Kuah sotonya memiliki cita rasa rempah yang sangat kaya. Biasanya Coto Makassar dinikmati bersama potongan lotong yang cukup padat dan mengenyangkan.

    2. Sup Konro

    Kuliner khas Makasssar memang terkenal dengan hidangan yang kaya rempah. Sup Konro adalah sup dengan iga sapi sebagai bahan utamanya. Kuah sup didominasi rsa kayu manis, asam jawa, dan anek rempah lainnya. Pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuhmu.

    3. Palubassa

    Palubassa memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan Coto Makassar. Bedanya, makanan khas Makassar yang satu ini berisi jeroan Sapi dan disajikan dalam porsi yang lebih kecil. Umumnya palubassa disajikan bersama nasi hangat.

    4. Pisang Epe

    Bosang denga 3 makanan bercita rasa rempah di atas, kamu bisa coba mencari pisang epe. Kudapan ini adalah pisang yang dipihkan dan kemudian dibakar. Pisang yang sudah dibakar hingga harum ini kemudian akan dihidangkan bersama saus yang sangat khas. Saus terdiri dari campuran gula merah, daun pandan, garam, dan lain-lain.

    5. Es Palu Butung

    Siang hari saat udara terasa sangat terik, es palu butung adalah pilihan jajanan yang pas. Kudapan ini terdiri dari pisang yang dibungkus dengan kulit lembut berwarna hijau dan kemudian dikukus. Setelah matang, pisang berwarna hijau itu dipotong-potong. Pisang tersebut akan dihidangkan bersama bubur sumsum, es serut, sirup, dan gula cair beraroma pandan.

    Itu tadi beberapa rekomendasi kuliner Makassar yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana. Jadi, mana menu favorit diatas yang ingin kamu coba?
     
Loading...

Share This Page