5 Langkah Tepat Memulai Usaha Toko Online

Discussion in 'General Business' started by satriajogja, Oct 16, 2013.

  1. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penetrasi internet di Indonesia yang cukup pesat membuka peluang usaha yang cukup bagus prospek kedepanya, salah satunya adalah usaha Toko Online. Banyak kelebihan yang dimiliki toko online diantaranya adalah modal kecil, lebih hemat biaya operasional, langkauan pasar lebih luas, dll. Melihat hal tersebut banyak orang yang tertarik membuka usaha toko online namun masih bingung apa yang harus dilakukan. Kadang ada yang sudah mencoba membuat blog atau website pemasaran produknya namun tidak kunjung laris daganganya. Disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha toko online yang hendak dijalankan bisa berhasil. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk memulai usaha toko online:

    1. Tentukan produk apa yang akan Anda jual. Produk merupakan salah satu hal utama dalam usaha toko online. Pastikan produk anda berkualitas baik dan harga bersaing. Hal ini cukup penting untuk menjaga kredibilitas usaha toko online kita nantinya.

    2. Lakukan survey di internet, terutama mesin pencari google tentang produk kita. Disitu kita akan melhat berapa pesaing kita yang menawarkan produk serupa. Jika persaingan masih belum begitu ketat (dalam hal harga maupun peringkat di mesin pencari), maka kita bisa masuk dalam persaingan tersebut. Namun apabila sudah ‘penuh’ dengan persaingan harga dan sudah dikuasai pemain lama dan cukup besar, maka sebaiknya kita mengambil segmen yang lebih spesifik.

    3. Setelah menemukan ‘lokasi’ yang tepat untuk di bidik di mesin pencari yang berupa kta kunci (keyword untuk sasaran target produk kita), maka kita bisa membuat blog atau website. Jika tidak bisa membuat sendiri maka kita bisa memakai jasa web designer yang sudah banyak tersedia. Untuk yang benar-benar memulai dari nol, bisa dengan mencoba membuat blog gratisan terlebih dahulu seperti Blogger, Wordpess, dll.

    4. Setelah produk siap dan blog/ website juga sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi kata kunci ‘lokasi’ di mesin pencari yang ingin kita bidik. Untuk hal ini dibutuhkan keterampilan optimasi mesin pencari (SEO) yang bisa dipelajari sendiri ataupun menggunakan jasa SEO yang banyak tersedia. Hal ini mutlak perlu dilakukan untuk membawa pembeli potensial ke website kita.

    5. Ketika website sudah teroptimasi dengan baik dan berada pada tempat yang diinginkan di mesin pencari, maka kita tinggal menunggu adanya pesanan produk-produk kita. Setelah ada penjualan, maka layani konsumen dengan baik karena hal ini akan mampu menjaga loyalitas konsumen. Berikan perhatian pada complain konsumen jika ada ketidakpuasan dan berikan solusi yang terbaik.

    Demikian sedikit sharing tentang bagaimana memulai usaha toko online yang saya simpulkan dari pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat. Ditunggu juga sharing rekan-rekan, terutama yang sudah menjalankan usaha toko online untuk pembelajaran kita bersama.
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,644
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Bang @satriajogja punya e

    Bang @satriajogja punya e-commerce yang sudah jalan ? saya tertarik juga mengenai bagaimana awal mula membangunnya.
     
  3. herlanmulyana

    herlanmulyana New Member

    Joined:
    Mar 24, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap juragan sharingnya (y)

    mantap juragan sharingnya (y)

    Toko Jam Tangan Online Terpercaya di Jakarta
     
  4. dera pratama

    dera pratama New Member

    Joined:
    Jun 9, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saya coba dulu gan, tipsnya masuk akal :)
     
Loading...

Share This Page