5 Makanan Khas Korea ini Mirip Olahan Khas Indonesia, Apa saja?

Discussion in 'Cooking' started by AndroidApkApps, Sep 10, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Indonesia dan Korea memiliki perbedaan kultur, budaya, dan cita rasa tersendiri dalam urusan kuliner. Perbedaan inilah yang membuat olahan setiap negara memiliki keunikannya yang berbeda-beda. Namun, siapa yang menyangka bahwa ternyata terdapat beberapa jenis olahan makanan khas Korea yang memiliki kemiripan dengan olahan khas Indonesia.

    Untuk kamu yang penasaran mengenai apa saja olahannya, berikut lima daftarnya!


    1. Bihun goreng dan japchae

    Mungkin olahan yang satu ini dapat dikatakan sangat mirip secara penampilan. Senada dengan bihun gorengan, olahan khas Korea ini juga terbuat dari sohun yang diberikan campuran sayuran dan daging. Tentunya cita rasa antara bihun goreng dan japchae akan sama-sama lezat meski diolah dengan bumbu dan teknik yang berbeda di negaranya masing-masing.

    2. Bakwan dan pajeon

    Orang Indonesia tentunya tak dapat lepas dari gorengan sebagai olahan atau camilan yang paling digemari. Salah satu jenis camilan yang paling umum dikonsumsi adalah bakwan.

    Tahukah kamu bahwa ternyata bakwan memiliki kesamaan dengan pajeon yang juga merupakan gorengan khas Korea berbahan daun bawang?

    3. Nasi pecel dan bibimbap

    Secara tampilan tentu saja nasi pecel dan bibimbap tampak berbeda satu sama lain. Namun, hal yang membuat keduanya tampak serupa adalah penggunaan bahan yang digunakan lumayan banyak dan saling dicampur satu sama lain.

    Nasi pecel cenderung memiliki saus kacang sebagai pelengkapnya, sementara bibimbap memiliki saus pedas khas Korea saat disajikan.

    4. Siomay dan mandu

    Indonesia memiliki siomay sebagai olahan pinggir jalan yang lezat dengan saus kacang. Sementara, mandu khas Korea merupakan sejenis pangsit yang diberi isian daging berbumbu. Tekstur yang lembut membuat olahan khas Korea ini sangat diminati saat musim dingin.

    5. Lemper dan kimbap

    Kedua jenis olahan ini sudah tentu sangat populer di Indonesia. Lemper sendiri merupakan olahan berbahan beras ketan dengan isian seperti ayam. Sementara, kimbap secara umum berbentuk mirip sushi dengan nasi kepal dan isian berupa sayuran atau daging. Bentuknya yang sama sama berupa nasi kepal dengan isian membuat kedua olahan ini mirip satu sama lain.

    Nah, beberapa olahan khas Korea di atas memiliki kemiripan tersendiri dengan olahan khas Indonesia. Mana yang menurutmu paling mirip?

    Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/...akanan-khas-korea-mirip-olahan-indonesia-c1c2
     
Loading...

Share This Page