5 Makanan pencegah kanker Payudara yang Wajib Diketahui Wanita

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Nov 7, 2019 at 3:47 PM.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Anda pasti sudah sering mendengar berbagai fakta menakutkan seputar kanker payudara. Kanker ini menyerang wanita baik pada usia produktif maupun ketika sudah tidak produktif. Risiko kematian dari penyakit ini cukup tinggi.

    Penyebab kanker payudara sendiri cukup bermacam-macam. Satu hal yang pasti, mereka yang memiliki riwayat kanker dalam keluarganya cenderung lebih mudah untuk terserang kanker juga ketika dewasa. Sementara sisanya terserang penyakit ini karena pola makan sembarangan dan gaya hidup yang tak sehat.

    Dari semua faktor yang ada, makanan memang menjadi faktor yang paling berpengaruh. Makanan apa saja yang bisa menjadi penyebab kanker? Berikut uraian singkatnya untuk Anda:

    • Makanan Instan
      Agar bisa bertahan lama, makanan instan dalam berbagai kemasan dibubuhi cukup banyak pengawet. Hal itu menjadikannya sangat tidak sehat bagi tubuh. Mengakifkan sel kanker adalah efek jangka panjangnya.

    • Makanan yang Diolah dengan Cara Dibakar
      Makanan yang diolah dengan cara dibakar memang terasa lezat, sayangnya memiliki dampak yang tak baik bagi tubuh. Makanan yang diolah dengan cara dibakar akan memiliki HCA (Heterocyclic Amines). HCA sendiri bersifat karsinogenik dan bisa memicu kanker.

    • Gorengan
      Gorengan mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi, hal itu menjadikannya tak sehat jika dikonsumsi terlalu sering. Efek jangka pendek yang terlihat adalah naiknya berat badan. Selain itu, makanan ini bisa memicu munculnya kanker.

      Gorengan bisa memicu kanker payudara karena mengandung lemak jenuh dalam kadar yang berlebih. Lalu minyak untuk menggoreng yang sudah terlalu sering dipakai ulang juga akan berubah menjadi zat yang bersifat karsinogenik.

    • Konsumsi Gula dalam Jumlah Berlebih
      Gula adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan energy. Kendati demikian konsumsi zat yang satu ini harus dilakukan dengna bijak. Pasalnya jumlah gula yang berlebihan di dalam tubuh bisa memicu munculnya berbagai penyakit, termasuk kanker payudara.

      Gula memang menjadi zat yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk dapat aktif dan berkembang di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu jumlahnya harus benar-benar dikontrol agar insulin alami yang diproduksi tubuh dapat mencernanya dengan maksimal.

    • Alkohol dan Nikotin
      Jika Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, nikotin, atau bahkan keduanya, sebaiknya Anda cepat-cepat menghentikan kebiasaan tersebut. Alkokhol dan nikotin dapat menyebabkan kanker. Pada wanita risiko tertinggi berada pada kanker payudara dan kaner serviks.

      Berhenti dari kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan nikotin memang tidak mudah. Tapi jangan sampai Anda menyesal dengan efek jangka panjang yang dihasilkan oleh kebiasaan tersebut.
    Selain bisa menyebabkan, ternyata ada juga makanan pencegah kanker. Anda para wanita sebaiknya mengetahui daftar makanan berikut dan mulai rajin mengkonsumsinya demi kesehatan yang selalu terjaga. Ini dia daftar makanan pencegah kanker yang harus rajin Anda konsumsi:

    Baca juga: Makanan dan Minuman Pencegah Kanker

    Wortel

    Konsumsi wortel sangat baik untuk mencegah kanker lambung dan jens-jenis kanker lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa wortel dapat menekan risiko terkena kanker hingga 26%. Agar bisa merasakan manfaat optimal dari wortel, sebaiknya sayuran yang kaya akan vitamin A ini dikonsumsi secara rutin dengan proses mengolah yang tidak berlebihan.

    Brokoli

    Sayuran hijau dengan bentuk unik ini sudah lama dikenal sebagai salah satu sayuran yang sangat kaya akan manfaat. Brokoli ampuh untuk mencegah kanker karena memiliki kandungan zat fitronutirien dalam jumlah yang tinggi. Zat tersebut sangat ampuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

    Kacang-Kacangan

    Sebagian dari Anda mungkin tidak menyangka bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah kanker. Hal itu karena kacang-kacangan selenium yang bersifat anti kanker.

    Tak hanya mencegah, kacang-kacangan juga baik bagi mereka yang sudah postifi terdiagnosa kanker. Jenis makanan yang bisa ditemukan dengan mudah ini bisa menekan risiko kematian pada penderita.

    Ikan

    Kandungan dalam ikan yang bisa membantu melawan sel kanker adalah omega 3 dan vitamin D. Maka jumlah ikan yang baik dikonsumsi dalam kasus ini adalah ikan yang mengandung kedua zat tersebut dalam jumlah banyak. Salmon dan sarden adalah 2 di antaranya.

    Kelompok Buah Berry

    Makanan yang tak kalah berkhasiat untuk mencegah dan memerangi kanker adalah kelompok buah berry. Hal itu dikarenakan strawberry, blueberry, blackberry, dan jenis berry lainnya mengandung cukup banyak zat anti kanker.

    Memahami penyebab kanker dan mengkonsumsi makanan pencegah kanker adalah upaya yang bisa dilakukan sejak dini. Namun untuk perlindungan jangka panjang ada baiknya Anda memiiliki asuransi kanker.

    Asuransi kanker tak beda jauh dengan asuransi penyakit kritis, yakni jenis asuransi yang akan memberikan uang pertanggungan ketika pemegangnya terdiagnosa dengan penyakit kritis. Asuransi kanker yang patut Anda coba adalah Mega Comforta dari PFI Mega Life.
     
    Last edited by a moderator: Nov 9, 2019 at 1:06 AM
  2. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    136
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Makanan instan & gorengan. Dua jenis makanan populer di Indonesia khususnya, buat para ciwi" kurangin tuh konsumsinya. Ojo nuruti kekarepane dewek, eling karo kesehatanmu :D
     
  3. keepburger

    keepburger New Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kembali lagi ke gaya hidup.
    Boleh2 aja konsumsi makanan yang dilarang diatas dengan batas sewajarnya. Dan imbangi dengan makanan yang sehat dibawahnya.
     
Loading...

Share This Page