5 Merek Gitar Akustik Paling Terkenal, Kece Banget untuk Gitaris!

Discussion in 'General Discussion' started by AndroidApkApps, Sep 11, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Belajar musik bisa dimulai dari gitar, alat musik petik yang paling populer dan cukup mudah untuk dimainkan. Bagi kamu yang memiliki minat tinggi dan ingin serius di musik, pasti tidak akan sembarangan dalam memilih merek gitar.

    Lantas, apa saja merek gitar akustik yang paling terkenal dengan suaranya yang jernih dan berkualitas? Intip rekomendasinya di bawah ini!

    1. Ibanez
    [​IMG]
    Ibanez merupakan merek gitar asal Jepang yang dimiliki oleh Hoshino Gakki. Di tahun 1935, ia memutuskan untuk membuat gitar akustik gaya Spanyol. Awalnya, nama merek yang diusung adalah Ibanez Salvador untuk menghormati luthier asal Spanyol, Salvador Ibáñez.

    Diperkirakan, ada sekitar 100 model gitar akustik yang tersedia dari Ibanez. Tipe gitar akustik yang direkomendasikan ialah Ibanez AEG10II, gitar akustik elektrik. Karakter suaranya bright dan jernih, tetapi tidak terlalu keras sebab bodinya lebih ramping dari gitar akustik normal lain.

    Ada pula Ibanez AC240 yang terbuat dari mahoni yang solid. Sementara, papan fret, bridge, dan headstock terbuat dari kayu rosewood. Karakter suaranya hangat, detail, dan jelas. Harganya terjangkau namun tetap worth it dari segi kualitas dan suara, jelas laman Guitar Society.

    2. Fender
    [​IMG]
    Fender merupakan produsen alat musik gesek dan amplifier dari Amerika Serikat. Di tahun 1950, perusahaan ini memperkenalkan gitar listrik dengan bodi solid pertama yang diproduksi massal, yakni Telecaster. Gitar ini digunakan oleh banyak musisi terkenal, seperti Pete Anderson dan Keith Richards.

    Tipe gitar akustik elektrik Fender yang terkenal adalah Fender T-Bucket 300CE. Karakter suaranya alami, bright dan vibrant. Ada pula Fender FA-235E Concert yang karakter suaranya jelas, hangat, dan bagus di treble, saran laman Guitar Squid.

    Sementara, untuk pemula bisa memakai Fender CD-60 karena tergolong murah, harganya hanya 200 dolar AS (Rp2.975.680). Bagian atas terbuat dari cemara yang solid, lalu bagian samping dan belakang terbuat dari mahogani. Namun, kualitas suaranya tidak terlalu baik untuk tampil live atau rekaman studio.

    3. Yamaha

    [​IMG]
    Kamu pasti tak asing dengan merek gitar satu ini. Yamaha tidak hanya memproduksi piano, tetapi juga gitar yang berkualitas. Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari gitar dengan senar nilon dan string, hingga elektrik, akustik, dan akustik-elektrik.

    Untuk gitar nilon, pilih Yamaha C40. Material atasnya terbuat dari cemara solid, neck terbuat dari kayu nato, belakang dan samping dari mahogani, serta fingerboard dari kayu rosewood, jelas laman Music Groupies. Gitar ini menghasilkan nada dalam yang keras dan jelas. Cocok untuk pemula karena fretboard-nya halus dan mempermudah transisi.

    Selain itu, gitar akustik-elektrik Yamaha APX600 juga sangat populer. Gitar ini memiliki 5 varian warna, yaitu natural, hitam, vintage white, old violin sunburst, dan oriental blue burst. Karakter suaranya cenderung bright, crisp, dengan volume besar dan bass yang dalam, tutur laman Guitar Center.

    4. Gibson
    [​IMG]
    Gibson ditemukan oleh Orville Gibson di tahun 1902 di Kalamazoo, Michigan. Awalnya, Gibson hanya memproduksi mandolin, tetapi sejak tahun 1930, gitar akustik mulai diproduksi. Seiring berjalannya waktu, Gibson mulai bergonta-ganti kepemilikan, dari Norlin Corporation hingga KKR & Co. Inc.

    Ada beberapa rekomendasi gitar akustik Gibson, yaitu Gibson SJ-100 Walnut. Gitar ini tidak terlalu cocok untuk pemain fingerstyle, tetapi bagus untuk pemain bertipe flatpicking dan strummers karena bass-nya cenderung heavy.

    Selain itu, ada pula Gibson J-45 yang sesuai dengan kriteria pemain fingerstyle. Sebab, gitar ini memiliki respons harmonis dan sustain yang panjang. Bass dan treble-nya pun cukup seimbang dan nyaman dimainkan.

    5. Tanglewood
    [​IMG]
    Terakhir, ada Tanglewood yang ditemukan di London, Inggris pada tahun 1988. Walau usianya masih tergolong muda, Tanglewood tidak main-main dalam menyediakan gitar berkualitas dan telah terjual ke 40 negara di seluruh dunia.

    Salah satu tipe gitar yang paling populer adalah Tanglewood TWCR OE. Karakter suaranya unik dan cocok dimainkan untuk genre country, crossroads, dan blues. Bagian belakang dan samping terbuat dari mahogani, sementara fingerboard dan bridge terbuat dari techwood.

    Nah, itulah 5 merek gitar akustik yang paling populer dan terkenal di dunia. Dengan segala plus minusnya, mana gitar yang paling sesuai denganmu?

    Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/nena-zakiah/merek-gitar-akustik-paling-terkenal-c1c2
     
    Ganyool likes this.
Loading...

Share This Page