Harga BBM hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Ini membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara atau teknologi untuk bisa menghemat penggunaan BBM pada kendaraan mereka, bahkan mencari BBM alternatif yang jatuhnya bisa lebih murah. Namun, ada juga yang memilih mencari tips di internet mengenai penghematan BBM. Nah, supaya Anda berhati-hati, berikut adalah mitos yang salah mengenai penghematan BBM, yang dilansir dari Auto MSN. Berikut adalah beberapa mitos yang salah kaprah tentang penghematan BBM: 1. Tidak mengisi tangki dengan penuh bisa memperlambat penguapan Mencegah terjadinya penguapan untuk menghemat bahan bakar memang betul. Namun, jika cara Anda melakukannya adalah dengan mengisi tangki sebanyak 3/4 saja, maka itu tidak akan memberikan efek apapun. Mobil-mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system, yang dengan sendirinya akan menekan penguapan meskipun tangki bensin/solar diisi dengan penuh. 2. Mengganti gigi perseneling ke posisi netral Banyak orang mengira dengan mengganti gigi perseneling ke posisi netral ketika mengisi BBM akan membuatnya jadi lebih hemat. Hal ini diduga karena tidak adanya injeksi BBM ke mesin karena tidak adanya tarikan gas ketika posisi perseneling netral. Padahal, anggapan ini sesungguhnya tak beralasan. Mesin mobil zaman sekarang sudah dilengkapi sensor yang dengan otomatis akan menutup jalan injeksi bahan bakar ke mesin ketika mesin sedang 'menganggur'. 3. Transmisi manual membuat BBM jadi lebih awet Untuk mobil-mobil dengan transmisi manual, penghematan bahan bakar memang bisa dilakukan dengan mengganti gigi perseneling secara cerdas. Namun, para pengembang teknologi mesin bertransmisi matic kini juga sudah melakukan inovasi agar dapat menghemat BBM juga. Jadi, tidak benar bahwa hanya transmisi manual saja yang bisa menghemat BBM. Belum lagi ditambah dengan perpindahan transmisi matic yang lebih efisien dan memudahkan pengendara, tidak ada alasan untuk Anda menjadi fanatik pada mobil transmisi manual. 4. Lakukan pengisian BBM di pagi hari agar dapat lebih banyak Berbeda dengan pengisian angin pada ban, melakukan pengisian bahan bakar mobil di pagi hari ternyata malah tidak memberikan perbedaan yang signifikan. Ada anggapan bahwa mengisi bensin di pagi hari akan membuat Anda mendapatkan BBM yang lebih kental sehingga yang masuk ke dalam tangki bensin jadi lebih banyak. Padahal, dari dalam tangki yang dipendam di bawah tanah di pom bensin, suhu dari BBM-nya sendiri sudah panas asli. Jadi, ketika Anda mengisi bahan bakar di waktu subuh pun, tak akan membuat perbedaan yang berarti. 5. Mengisi tangki bensin sampai luber lebih baik Mungkin sebagian besar dari pengguna kendaraan pribadi, termasuk juga Anda, berpikir bahwa dengan mengisi tangki bensin sampe meluber akan membuat volume BBM yang masuk jadi lebih banyak. Hal ini diharapkan bisa membuat Anda jadi lebih hemat waktu dan tidak harus mengisi bensin sesering biasanya. Pada kenyataannya, kelebihan muatan pada tangki bensin akan langsung dideteksi oleh vapor recovery system dan langsung membuat tangki berisi normal seperti kapasitasnya. Jadi sia-sia dan buang-buang bensin, kan? Itulah beberapa mitos yang salah kaprah tentang penghematan BBM. Sumber: http://www.merdeka.com/otomotif/5-mitos-mengenai-penghematan-bbm-yang-sama-sekali-salah.html Jumbulen, May 11, 2014 #1 nailhr Member Joined: May 6, 2014 Messages: 44 Likes Received: 2 Trophy Points: 8 Google+: Author kalau saya mah kalau dah hampir habis baru isi,kesalahan bukan ya? nailhr, May 11, 2014 #2 yuyutwah Member Joined: Feb 4, 2014 Messages: 427 Likes Received: 18 Trophy Points: 18 Google+: Author wah kalo saya gak begitu memperhatikan konsumsi bensin, soalnya jarang keluar dan lebih sering di rumak karena sibuk mengurus blog yuyutwah, May 11, 2014 #3 pram Well-Known Member Joined: Sep 23, 2013 Messages: 3,099 Likes Received: 161 Trophy Points: 63 Google+: Author wah poin nomor 3 dan 5 nih yang masih sering terdengar di telinga saya, yang lainya si sudah nggak pernah pram, May 11, 2014 #4 Ardilas Super Level Joined: Feb 18, 2013 Messages: 4,245 Likes Received: 317 Trophy Points: 83 Google+: Author Menurut saya itu hal yang wajar. Jangan sampai kita isi bensin di saat bensin kita masih full. Atau kita isi bensin ketika kendaraan kita sudah benar-benar tidak dapat bergerak karena kehabisan bensin. Ardilas, May 11, 2014 #5 AhmadWafa likes this. Lampu Bagus New Member Joined: May 10, 2014 Messages: 5 Likes Received: 0 Trophy Points: 1 Bisa juga diperhatikan dari cara mengemudi, cara menginjak pedal gas, melakukan transisi pindah gigi pada RPM yang tepat, dan melakukan pengereman. Lampu Bagus, May 11, 2014 #6 Jumbulen Member Joined: Dec 22, 2012 Messages: 73 Likes Received: 6 Trophy Points: 18 Bukan kesalahan, menjadi kesalahan ketika habis dan di isi tapi tidak bayar Jumbulen, May 11, 2014 #7 Yusuf.S Well-Known Member Joined: May 4, 2014 Messages: 1,158 Likes Received: 100 Trophy Points: 63 Google+: Author wahh, sayangnya saya tidak punya mobil atau motor Yusuf.S, May 11, 2014 #8 noer98 Member Joined: Feb 4, 2014 Messages: 586 Likes Received: 49 Trophy Points: 28 Google+: Author yang jelas bawanya harus halus, jangan rem gas agresif noer98, May 11, 2014 #9 budiana New Member Joined: Apr 21, 2014 Messages: 8 Likes Received: 0 Trophy Points: 1 Perilaku pengendara juga menjadi faktor penentu sendiri mas. Bayangkan mobil matic dan pedal gas diinjak-injak seperti angkot konsumensi bensinnya akan sangat boros budiana, May 12, 2014 #10 BEIM Active Member Joined: Mar 17, 2014 Messages: 1,358 Likes Received: 36 Trophy Points: 48 ane setuju sih dgn no.4.. krn setau saya minyak itu sangat sensitif terhadap suhu & saya pernah baca mmg mengisi bbm pada pagi hari itu lbh baik.. BEIM, May 12, 2014 #11 katniss17 Member Joined: Feb 1, 2014 Messages: 243 Likes Received: 7 Trophy Points: 18 Google+: Author setuju sama pendapatnya den @Ardilas .. pengalaman tuhh dulu waktu jln2 ehh tiba2 bensinnya abis, mana lagi di tanjakan curam lagi,,, hdeuhh,,, katniss17, May 12, 2014 #12 zouero Member Joined: Jan 25, 2014 Messages: 363 Likes Received: 9 Trophy Points: 18 Google+: Author kalau yang harus netral itu memang sering saya lakukan zouero, May 12, 2014 #13 AhmadWafa Member Joined: Oct 2, 2013 Messages: 848 Likes Received: 14 Trophy Points: 18 Google+: Author Saya setuju dengan Agan @Ardilas , Pasti sudah berpengalaman ya gan . AhmadWafa, Jul 16, 2014 #14 abditea Member Joined: Sep 24, 2014 Messages: 503 Likes Received: 23 Trophy Points: 18 Baru tau ane ternyata cuma mitos abditea, Oct 4, 2014 #15 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Mitos salah kaprah 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas andikasa, Dec 23, 2020, in forum: Otomotif Replies: 1 Views: 619 pencilspirit Jan 13, 2021 Busi Motor Bemasalah? Nih Cara dan Tips Jaga Keawetannya Budimola, Sep 30, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 540 Budimola Sep 30, 2019 Yuk, Kenali Ciri Shockbreaker Bermasalah dan Minta Diganti Budimola, Sep 26, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 407 Budimola Sep 26, 2019 Wanita Harus Tahu, Kesalahan Umum saat Berkendara Budimola, Sep 17, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 284 Budimola Sep 17, 2019 Beda Z250 dan Z250 SL, Intip Nih Biar Gak Salah Pilih Budimola, Sep 9, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 220 Budimola Sep 9, 2019 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
wah kalo saya gak begitu memperhatikan konsumsi bensin, soalnya jarang keluar dan lebih sering di rumak karena sibuk mengurus blog
wah poin nomor 3 dan 5 nih yang masih sering terdengar di telinga saya, yang lainya si sudah nggak pernah
Menurut saya itu hal yang wajar. Jangan sampai kita isi bensin di saat bensin kita masih full. Atau kita isi bensin ketika kendaraan kita sudah benar-benar tidak dapat bergerak karena kehabisan bensin.
Bisa juga diperhatikan dari cara mengemudi, cara menginjak pedal gas, melakukan transisi pindah gigi pada RPM yang tepat, dan melakukan pengereman.
Perilaku pengendara juga menjadi faktor penentu sendiri mas. Bayangkan mobil matic dan pedal gas diinjak-injak seperti angkot konsumensi bensinnya akan sangat boros
ane setuju sih dgn no.4.. krn setau saya minyak itu sangat sensitif terhadap suhu & saya pernah baca mmg mengisi bbm pada pagi hari itu lbh baik..
setuju sama pendapatnya den @Ardilas .. pengalaman tuhh dulu waktu jln2 ehh tiba2 bensinnya abis, mana lagi di tanjakan curam lagi,,, hdeuhh,,,