5 motivasi Sukses Perjalanan Usaha Bob Sadino

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Karisma ardi, Sep 15, 2016.

  1. Karisma ardi

    Karisma ardi Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Menyalin dari artikel motivasi sukses tips bisnis akun biz kali ini kita akan membahas tentang motivasi sukses dari perjalanan usaha Bob sadino.

    Anda pasti pernah mendengar sosok pengusaha terkenal di indonesia yang bernama Bob Sadino. Dia yang di kenal dengan sebutan “Om Bob” ini adalah seorang pebisnis yang telah merasakan sebuah kesuksesan besar dari semua usaha kerasnya. Beberapa motivasi sukses dari nya banyak sekali yang dapat kita pelajari. Sosok yang sangat populer dengan atribut pakaiannya yang sangat khas yaitu kemeja dan celana pendek begitu memancing perhatian masyarakat tentang pribadinya yang sederhana tetapi mempunyai bisnis yang luar biasa.

    Dari semua kisah perjalanan hidup Bob Sadino bisa kita pelajari untuk sebagai motivasi sukses seorang pengusaha indonesia. Mari kita simak beberapa hal yang dapat dipetik untuk menambah wawasan kita tentang seseorang yang fenomenal ini

    1 Punyailah sifat periang dan peramah kepada semua orang

    Om Bob lahir di Tanjung Karang di kota lampung pada tanggal 9 Maret 1933 ( Wikipedia ). Pastinya Anda tidak pernah mengira seorang pebisnis yang sukses tersebut hanya seorang lulusan SMA saja.

    Bob Sadino terlahir sebagai anak bungsu dari lima bersaudara di keluarga yang mempunyai cukup harta. Pada saat dia berumur 19 tahun, orang tuanya meninggal dan mewariskan harta keluarga kepadanya. Karena pada saat itu kakak-kakaknya memang sudah hidup cukup mapan dan menyarankan untuk mewariskan harta kekayaan keluarga kepada Bob Sadino yang saat itu masih memerlukan biaya untuk hidupnya.

    Karena pada saat itu Bob sadino merasa mempunyai harta yang cukup banyak di usia mudanya, dia memutuskan untuk keliling dunia yang hingga akhirnya menguras separuh harta yang dia punyai. Setelah keliling dunia akhirnya Bob Sadino singgah selama 9 tahun di belanda dan bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam.

    Karena sifatnya yang periang dan peramah, cukup mudah baginya untuk mendapatkan pekerjaan di sana. Beberapa kali mempunyai kesempatan pekerjaan yang dia dapatkan. Pada saat di belanda, Bob Sadino berkenalan dengan seorang wanita indonesia yang bernama Soelami Soejoed yang saat itu juga menetap disana. Pada akhirnya setelah perkenalan tersebut membuat mereka saling menyukai dan akhirnya menikah.

    Dengan mempunyai sifat peramah dan periang menjadikan kita sebagai pribadi yang mudah sekali di sukai orang. Sehingga kesempatan-kesempatan baik dengan senang hati akan mendekat kepada kita. Dengan sifat Bob Sadino tersebut menjadikan dia sangat mudah sekali disukai teman dan mudah mencari kesempatan pekerjaan dimanapun.

    2 Mempunyai niat dan langsung bertindak

    Pada tahun 1967, Bob Sadino berserta keluarga kecilnya memutuskan untuk kembali ke negara Indonesia. Bahkan tidak lupa juga dia membawa dua mobil mercedesnya untuk di bawa pulang ke Indonesia. Namun karena harus mencukupi kebutuhan keluarga kecilnya, Bob Sadino memutuskan untuk menjual satu mobilnya lalu di belikan sebuah tanah di daerah kemang, Jakarta Selatan dan sisanya untuk kebutuhan hidup keluarganya.

    Di waktu masih belum lama di Indonesia, Bob Sadino bekerja sebagai karyawan di PT Unilever Indonesia. Saat dia bekerja sebagai karyawan, dia merasa ada sesuatu yang hilang dari hidupnya yaitu kebebasan. Karena keinginannya yang kuat untuk mempunyai kebebasan, maka Bob Sadino memutuskan untuk resign dari tempatnya bekerja dan memutuskan untuk membuat usaha sendiri. Bisnis pertama yang dia jalani yaitu membuka jasa penyewaan mobil. Dengan mobil mercedes yang dia punyai, Bob Sadino memanfaatkannya untuk di sewakan dan juga dia sendiri yang menjadi supirnya.

    Seketika itu juga niat dan keinginan yang terlintas di benak Bob Sadino langsung dia lakukan. Walaupun dia tidak tahu bagaimana perjalanannya selanjutnya tetapi tindakan yang dia lakukan menggiringnya ke arah yang akan menjadi masa depannya yang cerah. Seandainya Bob Sadino masih bertahan bekerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut, belum tentu juga keberuntungan yang dia dapatkan saat ini dia peroleh.

    3 Mau mendengar pendapat dan saran dari orang lain

    Pada suatu hari, Bob sadino mengalami kecelakaan yang akhirnya membuat mobil kesayangannya tersebut rusak parah. karena biaya untuk memperbaiki mobilnya sangat mahal, akhirnya Bob Sadino memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis jasa sewa mobil tersebut.

    Suatu hari dari sebuah saran seorang sahabatnya yang bernama Sri Mulyono Herlambang, menyarankan kepada Om Bob untu berternak memelihara ayam. Dari saran tersebut Om Bob di beri sahabatnya 50 ekor ayam ras. Ternyata hal memelihara ayam itulah dia berpikir kalau ayam yang dia pelihara saja mampu berjuang dengan kuat untuk mempertahankan hidupnya, tentu saja manusia harus bisa lebih baik untuk berjuang hidup. Dari sebuah pemikiran itulah Bob Sadino mendapatkan inspirasi yang kuat untuk mengembangkan bisnisnya.

    Sebuah keberuntungan besar di karenakan mau mendengar dan melakukan pendapat orang lain membuat Bob Sadino menempuh jalan yang berbeda. Terkadang pendapat orang lain atau dari seorang sahabat yang menyayangi kita bisa membawa menuju perjalanan yang sukses. Milikilah jiwa yang rendah hati dan mau mendengar saran dari orang lain.

    4 Melayani dengan hati yang tulus

    Setelah itu Bob Sadino beserta istri memulai untuk menjual telur dari hasil memelihara ayam ras nya tersebut ke komplek perumahan yang berada di sekitarnya. Di setiap usahanya menjual telur, tidak jarang juga Bob sadino beserta istrinya mendapatkan cacian dan hinaan dari para penghuni komplek perumahan. Tetapi setiap kejadian tersebut tidak membuat patah semangat Bob sadino untuk terus berusaha mengembangkan bisnisnya.

    Dari setiap kejadian yang menimpanya menjadikan Bob Sadino mampu belajar, bahwa dalam menjalankan suatu bisnis hal yang terpenting adalah pelayanan terbaik kepada konsumen. Sikap keluwesan dan kesabarannya dalam melayani konsumen inilah yang membuat usaha Bob Sadino semakin banyak pelanggan yang mendatanginya. Hingga membuat Bob Sadino mampu mengembangkan bisnisnya dengan membangun swalayan yang dia beri nama Kem Chicks.

    5 Milikilah pemikiran bahwa untuk meraih kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan

    Usaha Bob Sadino mulai berkembang dan merambah ke bisnis agrobisnis dengan menanam sayur-mayur di kebunnya untuk mencukupi kebutuhan pelanggannya. Bahkan untuk menjadi pemasok besar , Bob Sadino pun mulai menggandeng para petani di daerah untuk memasok kebutuhan sayur-mayur yang dia butuhkan. Maka berkembanglah bisnis nya dengan mendirikan Kem Food yang menyediakan aneka sayur-mayur dan daging.

    Bob Sadino percaya tentang filosofi kesuksesan mengatakan bahwa sukses tidaklah dapat diraih dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan. Kesuksesan dapat diraih dengan proses yang harus diperhadapkan kepada kegagalan-kegagalan yang berulang-ulang. Uang bukanlah hal yang nomor satu, tetapi kemauan, komitmen dan mencari peluang merupakan hal yang harus dipunyai. Dia beserta istri dan keluarganya merasakan tekanan-tekanan berat dalam memperjuangkan usaha agar semakin berkembang.

    sumber : Tips bisnis Akun biz

     
  2. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
Loading...

Share This Page