5 Penyebab Gagal Dalam Berbisnis Yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga

Discussion in 'Online Business' started by gluunews, Dec 13, 2017.

  1. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Pada dasarnya semua orang pasti ingin menggapai kesuksesan saat ingin memulai usaha baru, termasuk salah satunya pelaku pembisnis online tanpa modal, namun keinginan tersebutb tidak mudah seperti membalikan telapak tangan.

    Untuk membangun sebuah usaha baru tidak hanya mengandalkan modal saja tetapi membutuhkan kegigihan dan kerja keras agar usaha tersebut dapat berdiri atau bisa dibilang berkembang hingga sukses.

    Maka tidak heran lagi apabila ada banyak orang yang memulai bisnis baru, dan ketika mengalami kegagalan mereka akan berhenti berusaha, dan bisnis yang tadinya di bangun akan terbengkalai karena adanya rasa depresi saat mengalami kegagalan.

    Kalau kamu tidak ingin seperti itu, maka janganlah meremehkan apapun yang bisa membuat kamu jatuh. Nah kalau kamu ingin tahu apa saja penyebab kegagalan dalam berbisnis online, simak saja penjelasa lengkapnya dibawah ini.

    1. Konsep Bisnis Tidak Jelas

    Kebanyakan orang yang awalnya niat memulai usaha karena tergiur keuntungan saja, mereka tidak berpikir aspek apa untuk kedepannya yang bisa membangun usaha tersebut.

    Dalam menjalani usaha baru janganlah memikirkan keuntungan saja, sebab lama-kelamaan bisnis kamu akan mengalami gulung tikar, tentunya rugi sekali, padahal sudah mengeluarkan uang atau modal yang sangat banyak sekali untuk mendirikan bisnis tersebut.

    Jadi untuk solusinya cukup mudah, mulai sekarang hilangkanlah pola pikir seperti itu, mulailah berpikir "bagaimana supaya bismis ini bisa bertahan lama ?"

    Cara sederhanaya untuk mengatasi kegagalan dalam berbisnis yaitu mulai mencatat hal apa saja yang akan kemungkinan terjadi di masa yang datang, biasanya kamu dapat mencatat segala resiko dan keuntungan dalam produk tersebut.

    Apabila kamu memiliki keahlian memasak, maka manfaatkanlah keahlian tersebut. Caranya dengan membuka usaha kuliner atau bisnis kuliner, dengan membuka usaha seperti ini kamu akan mendapatkan untung yang sangat banyak.

    2. Modal Tidak Mencukupi

    Tidak disarankan sekali untuk membuka usaha dengan terburu-buru sebab kamu tidak adanya planning modal yang dicukupi, maka jangan heran bila banyak orang yang membuka usahanya dengan modal yang minimum.

    Pemikiran seperti itu harus dihilangkan, karena banyak orang merasa bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dalam waktu singkat.

    Padahal tidak demikian, karena pembisnis yang selalu memikirkan untung tidak akan menunjunkkan tanda tanda yang bisa mengembalikkan modal apalagi keuntungan yang sangat besar.

    Langkah instant yang mereka ambil jika memikirkan seperti itu adalah menghentikan usahanya, sebab tidak memiliki keuntungan atau bisa juda dikatakan telah kehabisan modal.

    Jalan keluar yang mereka ambil jika kehabisan modal adalah meminjam pinjangan uang di bank, tentunya hal ini akan menambah masalah atau tanggungan dalam memilai usaha baru.

    Nah, apabila kamu ingin memulai bisnis baru alangkah lebih baiknya tentukanlah modal yang dapat dikeluarkan, kemudian bukalah usaha kecil-kecilan. Jika sudah berkembang maka kamu bisa membangun usaha tersebut lebih besar lagi.

    3. Lokasi Usaha Tidak Strategis

    Kesalahan seperti ini masih sering terjadi pada kalangan pengusaha, jika kamu salah dalam memilih lokasi usaha maka jangan heran bila bisnis kamu tidak dapat berkembang pesat.

    Yang menentukan faktor utama dalam kesuksesan berbisnis adalah menentukan lokasi usaja yang strategis, jadi mulai sekarang kamu dapat menentukan lokasi usaha yang cocok dengan penjualan produk kamu.

    Biaanya lokasi usaha yang strategis yaitu dipengaruhi oleh kepadatan penduduk, apabila penduduk di lokasi tersebut ramai, maka cocok sekali untuk membangun bisnis baru. Jadi intinya janganlah terbawa nafsu untuk menentukan tempat usaha, alangkah baik lakukanlah riset atau survey pasar terlebih dahulu.

    4. Produk Tidak Ada Peminatnya

    Salah satu penyebab kegagalan dalam memulai usaha baru adalah kurangnya peminat produk kamu, jadi saat ini banyak orang yang mendirikan usahanya hanya karena idealismenya saja.

    Padahal dalam mendirika usaha harus ada kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk terbaru, tapi "kenapa penjualan saya tidak pernah laku di pasaran, padahal dengan adanya kreatif akan membangun keberlangsungan usaha.

    Namun dalam penciptaan produk yang kreatif dan inovatif, kamu harus bisa membuat target pasar dapat menerima produk kamu, terutama dalam masyarakat luas. Jika produk kamu dapar disesuaikan terhadap masyarakat luas maka jangan heran apabila omzet bisnis bisa meledak

    5. Strategi Pemasaran Tidak Efektif

    Pembisnis pemula sering melupakan pemasaran, padahal mahketing sangat penting sekali untuk membangun nama brand bisnis kamu agar dapat dikenali masyarakat luas.

    Jangan anggap sepele terhadap pemasaran, poin penting dalam marteting yaitu bertujuan untuk mengembangkan nama atau brand produk supaya bisa dijangkau semua orang

    Misalnya kamu menjual baju, maka langkah marketing yang harus kamu lakukan yaitu memulai strategi pemasaran online.

    Itulah penyebab bisnis kamu gagal, semoga penjelasan ini dapat di pahami pembaca
     
  2. Amar Alif

    Amar Alif Member

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    364
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
  3. Ganyool

    Ganyool Active Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    349
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. Om Toni

    Om Toni Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    196
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Sebenarnya ada 1001 alasan mengapa orang bisa gagal dalam berbisnis. Tapi berdasar pengalaman dan didukung oleh logika ala Cak Lontong, 1 hal utama dari penyebab kegagalan adalah: Karena kita menjalankan bisnis.
    Coba kalau nganggur, pasti tidak akan gagal dalam bisnis. Paling juga gagal paham... :D (Jangan diambil hati... komen ini hanya hanya satire)
     
  5. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    HaHaha cak lontong memang benar :v ..kocakkk banget gan :v
     
  6. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Wah mantap betul banget gan :)

    Penyebab lain masih banyak, tapi ane cuma bisa nulis 5 :D
     
  7. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bisnis juga om , ane juga ngeblog kok

    Asalkan bisa teratur promosi :)
     
  8. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    163
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    kegagalan dalam berbisnis itu proses, kalau terus dilanjut bisa sukses.
     
  9. Amar Alif

    Amar Alif Member

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    364
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Siip :D jangan pernah nyerah intinya
     
  10. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Betul banget gan, itu memang sebuah proses, jadi kegagalan definisi daei lesuksesan yang tertunda
     
  11. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    101
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
  12. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Betul gan wkwk
    intinya jalanin apa yg di sukai :)
     
  13. Jumadil

    Jumadil Member

    Joined:
    Mar 15, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    saya membuka usaha rumah makan dengan modal yang sangat minim. modal nekat yang banyak.
    dan alhamdulillah sekarang perkembangannya mkin maju. bahkan usaha saya juga mengembangkan usaha yang lain dengan hasil rumah makan dengan modal nekat tadi. :)
     
  14. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Active Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    539
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Bener banget setuju .. yang paling gedhe menurit saya adalah modal dan lokasi yang kurang strategis.. kalau modalnya gedhe, ada niat dan tempatnya strategis insha allah bisa..
     
  15. hamidi

    hamidi Member

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    97
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Intinya tetap berusaha, rejeki udah ada yang ngatur *pahlawan*
     
  16. iwan008

    iwan008 Active Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    204
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    menurut saya kurang berpengalaman di bidangnya ,memulai bisnis ikut2an orang,, akhirnya gulung tikar*akhirnya*
     
  17. suleman123

    suleman123 New Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Iya sih untuk membangun usaha bisnis sebetulnya emang harus jeli strateginya. Tapi balik lagi sama pintar-pintarnya kita cari modal bisnis, kalau mau dapat modal dari hasil pinjam, sebaiknya lihat-lihat dulu siapa yang kita ajukan pinjaman, salah-salah nanti malah merugikan apalagi kalau bunga pinjamannya besar.
     
  18. bespe

    bespe Active Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Bisnis baru bisa sukses ketika sudah mengalami kegagalan.

    Sent from my [device_name] using Bersosial.com mobile app
     
  19. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    WowW luar biasaa gan ,,itu modal nekatt hebat banget wkwkwkw
     
  20. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    B
    betul gan, kegagalan adalah hal utama dalam berbisnis
     
Loading...

Share This Page