5 Penyebab Luka Di Kulit Sulit Sembuh

Discussion in 'Health & Medical' started by Nabila, Jul 17, 2017.

  1. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    272
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Luka di kulit tidak boleh dispelekan, jika dibiarkan begitu saja luka di kulit bisa menjadi infeksi dan peradangan parah sehingga menyebabkan luka sulit untuk disembuhkan. Menurut America Board Of Wound Management menyebutkan, luka yang tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal.
    Berikut Ini Penyebab Luka Sulit Disembuhkan :

    Oksigenisasi Jaringan

    Saat terluka, kulit memiliki mekanisme alamiah untuk membentuk jaringan baru hingga luka pun bisa tertutup atau sembuh dengan sempurna. Proses tersebut perlu oksigen yang cukup, jadi oksigen lah yang sangat penting untuk membentuk sel sel baru penyembuh luka.

    Kekurangan Nutrisi

    Nutrisi sanaatlah penting, nutrisi yang harus masuk dalam tubuh adalah protein, zinct dan vitamin C. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, kekurangan nutrisi bisa menghambat proses penyembuhan luka.

    Penanganan Edema

    Edema atau yang sering disebut juga pembengkakan sering mengiringi terjadinya luka. Misal luka karena kecelakaan umumnya disertai tubun yang bengkak karena benturan atau hantaman keras. Edema ini bisa memperhambat penyembuhan luka.

    Kelebihan Kadar Gula dan Lipid


    Jika kadar protein dan mikronutrien sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang terluka, gula dan lipid atau kolesterol perlu dikurangi.

    Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan luka menjadi kronis sehingga semakin sulit untuk sembuh. Hal ini terjadi pada penderita diabetes.

    Trauma

    Orang yang sedang terluka perlu dijauhkan dari trauma. Gesekan, benturan, hantaman, dan kontak lain yang berlebih pada luka bisa membuat proses penyembuhan berjalan lama.

    Penyakit Autoimun

    Meskipun sudah terhindaR dari berbagai faktor penyebab penyembuhan luka, luka tetap sulit untuk disembuhkan. Misal bagi penderita penyakit autoimun atau penyakit yang menyerang sistem imun tubuh lainnya.

    Itulah berbagai penyebab luka di kulit sulit sembuh, disarankan setiap luka yang ada di kulit perlu ditangani dengan cepat dan tepat agar tidak menimbulkan infeksi atau kondisi yang lebih parah.
     
  2. Muhamad Romli

    Muhamad Romli Member

    Joined:
    Jan 1, 2017
    Messages:
    668
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    betul tuh, kadar gula tinggi bisa menyebabkan susah sembuh luka nya
     
Loading...

Share This Page