5 Penyesalan Besar Dalam Hidup Ketika Sudah Tua - Motivasi Hidup Sukses

Discussion in 'Video' started by pahlawanbertopengmu, Feb 24, 2018.

  1. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    5 Penyesalan Besar Dalam Hidup Ketika Sudah Tua - Motivasi Hidup Sukses


    Halo teman-teman, kembali lagi dengan Pahlawan Bertopeng. Channel ini PAS bagi kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan menjalani hidup lebih. Nah, kali ini gue ingin share ke teman-teman bagaimana cara mengurangi penyesalan dalam hidup dengan satu pertanyaan simple.

    Sebelum jauh membahas topik di episode kali ini, please jangan lewatkan episode yang kemarin, karena sangat berkaitan dengan episode kali ini. Simak video dibawah untuk melihat episode sebelumnya


    Oke kita mulai ya. Nah pertanyaannya adalah “Seandainya kamu sudah tua atau sudah tidak dimasa produktifmu lagi, hal apa yang ingin kamu raih/capai ketika kamu masih muda? Ketika kamu sudah tua, apa yang kira-kira kamu akan sesali? Wah dalam banget nih pertanyaannya.

    Nah, kenapa pertanyaan ini sangat penting kamu tanyakan setiap sebelum memulai harimu? Karena pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk memutuskan menjalani keseharianmu dengan fokus pada tujuan hidupmu selagi kamu muda dan terhindar dari rasa penyesalan yang akan menghantuimu ketika kamu sudah tua.

    Sekarang gini, dalam perjalanan hidup, mengusahakan yang terbaik untuk pada hal yang paling penting bagimu, tidak hanya memberi kebahagiaan dan kesuksesan, namun sesuatu yang lebih berharga. Apakah itu? Hidup tanpa penyesalan.

    Sekarang gini, seandainya kamu bisa kembali ke masa lalu, merewind kehidupanmu dan berbincang dengan diri kamu sendiri yang berusia 18 tahun dan satu lagi yang berusia 80 tahun, mana yang akan kamu pilih untuk meminta nasihat? Tentunya kamu akan memilih dirimu yang sudah berumur 80 tahun karena pastinya sudah melampaui banyak pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan jauh lebih banyak.

    Lalu, kira-kira nasihat apa yang akan diberikan oleh kamu yang lebih tua dan bijaksana? Jalani sepenuhnya kehidupanmu tanpa rasa takut. Ambil risiko apabila perlu untuk meraih impianmu dan jangan pernah menyerah. Nah dari nasihat tersebut, bisa kita ambil bahwa kita harus menjalani kehidupan dengan tujuan, sehingga pada akhirnya kamu bisa mengatakan, “Gw senang karena dulu gw melakukannya dan bukan “Seandainya dahulu gw melakukannya”

    Namun, yang namanya penyesalan selalu datang terlambat dan tidak bisa diobati, ibarat seperti nasi yang sudah menjadi bubur. Yang bisa kita lakukan adalah belajar dari pengalaman-pengalaman orang terdahulu kita, seperti menerapkan nasihat dari versi kamu yang lebih tua ke dalam kehidupan sehari-hari.
    Nah, kira-kira seperti apa penyesalan-penyesalan yang paling umum yang dialami oleh orang-orang yang sudah tua dan akan menemui ajalnya?

    Menurut buku The Top Five Regrets of the Dying yang dikarang oleh Bronnie Ware, ada 5 penyesalam umum, yaitu:

    Yang pertama: Seandainya dahulu saya membiarkan hidup lebih bahagia – mereka telat bahwa kebahagiaan adalah sebuah pilihan hidup

    Yang kedua: Seandainya saya dahulu tetap berhubungan dengan teman-teman saya

    Yang ketiga: Seandainya dahulu saya memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaan saya

    Yang keempat: Sandainya dahulu saya tidak bekerja keras

    Nah yang paling menonjol adalah seandainya dahulu saya mempunyai keberanian untuk menjalani hidup yang sejati menurut saya sendiri, bukan hidup yang di-harapkan oleh orang lain bagi saya. Impian yang baru tercapai setengahnya dan harapan yang tidak perpenuhi adalah penyesalan yang paling utama.

    Dari semua penyesalan diatas, dapat gw ambil intisarinya bahwa semua penyesalan itu disebabkan karena kita takut mengambil risiko dalam mengejar impian kita, kita tidak memutuskan seperti apa kehidupan yang layak kita jalani, kita belum menentukan atau menemukan apa itu tujuan hidup kita, impian kita dan kita juga takut akan kritikan orang lain. Intinya kita mau merasa aman dan tetap santai di comfort zone kita karena dengan itu akan diterima oleh mayoritas masyarakat kita.

    Dan sebab dari itu, keraguan, ketakutan dan kekhawatiran membuat kita selalu menunda dan mengesampingkan tujuan dan impian hidup kita. Dan tak terasa, umur sudah semakin tua dan penyesalan akan datang menghantui.

    Ingat teman-teman, sebuah kehidupan yang layak dijalani mungkin dapat diukur dengan berbagai cara, tetapi satu cara yang lebih menonjol daripada yang lain adalah menjalani hidup yang tanpa penyesalan, yaitu menjalani kehidupan seseharian kita dengan tujuan.

    Okay teman-teman, semoga video motivasi ini bisa memberikan manfaat kepada teman-teman. Jangan lupa untuk like apabila suka dengan videonya, dan share dikolom komen gimana kamu bisa menjalani hidup agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
    Gue pahlawan bertopeng dan sampai jumpa di episode berikutnya. Bye
     
  2. xlers

    xlers New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara

    (1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

    (2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

    (3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

    (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

    (5) Hidupmu sebelum datang matimu.”
     
    ayahnyanadia and Nabila like this.
  3. Om Toni

    Om Toni Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Motivasi yang amazing. Jujur saja, sebagai orang yang sudah "agak tua" saya merasa malu sama anak muda bijak macam @pahlawanbertopengmu ini. Saya kira umurnya masih jauh di bawah saya tapi kata-katanya luar biasa
    Seandainya saja setelah bikin thread bisa menyempatkan diri menanggapi komentar yang masuk, tentu tidak akan ada penyesalan kelak saat sudah tua :D
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    840
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bner banget gan, jadi sedih kalau keingat masa lalu yg udah banyak di sia"kan...
     
  5. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    261
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Andai saja saya dulu terlahir sebagai Richie Rich *hore*
     
  6. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    553
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  7. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    105
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    sebenarnya lebih baik mengikuti kata hati atau megikuti kemauan orang tua?
     
  8. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    413
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    terus berusaha dan berdoa.
    dan tetap pada jalan Allah
     
  9. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,197
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sukses itu relatif.
    Tergantung penafsiran dan tingkat pendidikan masing-masing. :)

    Thread yang bagus. (y)
     
  10. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Active Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    568
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Entah kenapa paling ngena yang ini .. haduh masa lalu .. wkwkwkwkwk
     
  11. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,885
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Kami bahkan tidak lagi memiliki sesuatu di bumi ini.
    Sumua sudah kami over ke surga nanti terima hasilnya di surga.
    Salam....
     
  12. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah terima kasih om Toni atas feedback positifnya. Tentunya pasti selalu menyempatkan diri untuk merespon komentar masuk. Tidak perlu malu om dan tidak pernah ada kata terlambat, karena setiap orang punya zona waktunya sendiri2. Mari sama-sama belajar tentang kehidupan :)

     
  13. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tetap semangat mas! Setiap orang memiliki kelebihan dan bakat unik. Tinggal digali. Dan yang paling terpenting berani mengambil risiko

     
  14. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yuk, sama-sama belajar dari kesalahan masa lalu agar penyesalan dapat dihindari dikemudian hari :)

     
  15. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih mas. Kalo suka dengan video motivasi lainnya, bisa lihat video saya yang lain :)

     
  16. pahlawanbertopengmu

    pahlawanbertopengmu New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo saya boleh jujur, ikuti kata hati. Karena pada akhirnya, mba Linda sendiri yang akan menjalani hidupnya. Bukan berdasarkan keputusan orang tua atau orang lain. Kalo mba suka dengan thread ini, coba lihat video saya yang lain. Terima kasih atas komentarnya

     
  17. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    353
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kalau ane sih yg terjadi biar terjadi gan yg penting jgn putus asa. alias Wala Tay'asu
     
  18. erick ranes akbar

    erick ranes akbar Member

    Joined:
    Jan 3, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    ngapain harus menyesal? semua yang terjadi pasti ada sebab dan akibat.
    yang perlu dilakukan sekarang adalah selalu berusaha dan tidak menyerah.
     
  19. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    105
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Sejauh mana sih kita dikatakan durhaka atau mengikuti kata hati? adakah batasannya yang mana durhaka yang mana percaya diri yaitu mengikuti kata hati
     
  20. AfnanKhawari

    AfnanKhawari Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    282
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    bener nih gan 5 perkara sebelum 5 perkara :D
     
Loading...

Share This Page