5 Peran Penting IoT Untuk Perusahaan Industri Masa Depan

Discussion in 'Science' started by Dwi Aditya Herfiansyah, May 30, 2022.

  1. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    120
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Penerapan Internet of Things atau IoT di dalam kehidupan sehari-hari memang sudah banyak. Apalagi menjelang era industri 4.0 ini, banyak diantara perusahaan yang sudah mulai mempersiapkannya. Hadirnya teknologi ini sebenarnya merupakan sebuah inovasi untuk membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Apalagi diprediksi kedepannya semakin banyak hal yang dilakukan berbasis teknologi. Manusia akan semakin dipermudah dengan hadirnya teknologi.


    Meskipun belum banyak yang menggunakan layanan IoT ini, namun sebagian besar perusahaan memang sudah mulai melirik keberadaan teknologi IoT ini. Hanya saja karena masih baru mungkin biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanannya juga masih terasa mahal bagi sebagian perusahaan. Padahal sebenarnya dari Telkomsel sendiri sudah menawarkan layanan uji coba gratis untuk Anda. Paling tidak dengan keberadaan IoT ini memberikan peran yang sangat penting untuk industri di masa depan, diantaranya adalah:


    1. Membantu memangkas SDM, dengan adanya teknologi terbaru di dalam sebuah perusahaan, nantinya akan banyak beberapa bidang pekerjaan yang sudah tidak perlu menghadirkan SDM lagi. Artinya perusahaan cukup menggunakan teknologi ini saja untuk menunjang pekerjaannya, pemantauan bahkan dapat dilakukan lewat data centernya langsung. Jadi tak perlu merekrut terlalu banyak karyawan nantinya.

    2. Meraih lebih banyak konsumen, layanan yang semakin mudah dan pastinya juga aman akan membuat konsumen beralih menggunakan jasa atau produk dari perusahaan tersebut. Jadi jika seandainya perusahaan masih menggunakan cara yang konvensional, tidak ikut serta aktif di dalam pemanfaatan teknologi pastinya akan kalah saing dengan yang lain. Sedangkan mereka yang sudah berinovasi menggunakan teknologi terbaru nantinya dapat meraih lebih banyak konsumen, karena kemudahan yang ditawarkannya tersebut.

    3. Menjaga keamanan data, meskipun semakin banyak diantara perusahaan yang menerapkan teknologi berbasis digital, namun nyatanya tidak semuanya mengutamakan keamanan data yang dimiliki. Teknologi IoT ini dibuat dan dilengkapi dengan produk pengaman khusus. Sehingga nantinya mencegah pencurian data atau sejenisnya, transaksi jadi makin aman.

    4. Pemantauan kegiatan dalam perusahaan dapat dilakukan secara mudah, hadirnya teknologi IoT ini juga dapat digunakan untuk mengontrol atau memantau segala macam kegiatan dapat perusahaan tersebut, setiap transaksi yang dilakukan dan sejenisnya dapat dipantau langsung dari pusat informasinya.

    5. Mencegah resiko-resiko yang tidak diinginkan, sebut saja diantaranya penerapan IoT di dalam bidang ekspedisi dimana sudah ada alat khusus yang dapat mendeteksi keberadaan dari barang yang dikirimkan tersebut. Hal ini secara otomatis tentu akan menurunkan resiko kehilangan barang yang dikirim tersebut bukan, misalnya juga untuk pemantauan jumlah BBM yang dikeluarkan di SPBU, dapat dibandingkan dengan jumlah pemasukannya, bisa terlihat jelas jika seandainya ada kecurangan yang dilakukan.


    Adanya IoT ini memang dipersiapkan untuk masuk ke era industry 4.0 yang sudah ada di depan mata. Tanpa adanya inovasi semacam ini pastinya Indonesia juga akan tertinggal negara lain yang sudah jauh lebih canggih dalam pemanfaatan teknologinya. Anda bisa mencoba layanan IoT ini dari Telkomsel. Bahkan sekarang ini mereka juga menawarkan uji coba gratis.


    Bisa langsung cek saja di website resmi dari Telkomsel IoT. Patut untuk diketahui juga bahwa pada dasarnya produk dari Telkomsel IoT ini ada banyak sekali, semuanya punya fungsi yang berbeda-beda, sehingga nantinya Anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Bisa lihat informasi lebih lengkapnya di website resmi Telkomsel IoT tersebut sekarang juga.
     
    Om Toni likes this.
  2. sriyakarimunjawa

    sriyakarimunjawa Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    40
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    kecanggihan tekhnologi cepat sekali. semoga segera masuk juga ke desa2.
     
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.[1]

    Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet

    https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_untuk_Segala
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Mungkin perkembangan IoT ini tidak terlepas dengan tehnologi blockchain
     
  5. egihrsn

    egihrsn Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Kecangihan teknologi sangat cepat sekali berkembangnya
     
  6. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    120
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali mas terima kasih atas tambahannya, di jaman kita saat ini sudah bertebaran IoT apalagi di perkotaan besar sudah tidak aneh jika kita sering menemukan teknologi seperti ini di jalanan.
     
  7. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    120
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Sangat sangat sangat cepat, maka dari itu teknologi seperti ini tidak bisa dihindarkan. kita yg harus menyesuaikan. Meskipun banyak yg mengatakan adanya IoT dapat menghilangkan lapangan pekerjaan, tetapi kita harus menerima jika teknologi ini akan terus berkembang ke depannya, kita yg harus menyesuaikan. Itulah yang biasa dilakukan oleh negara maju.
     
  8. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    120
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
  9. egihrsn

    egihrsn Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
  10. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    120
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    M
    Maksudnya teknologi IoT ini sudah mulai masuk ke desa desa mas, karena kita tahu image "desa" itu jauh dari teknologi sehingga dari berita itu kita mengetahui bahwa teknologi IoT sudah mulai ke desa-desa untuk kemudahan dalam dalam lingkungan pekerjaan.
     
Loading...

Share This Page