5 Rekomendasi Tempat Sekitar Candi Borobudur Saat Tahun Baru

Discussion in 'Tourism' started by Nur Maulida, Dec 30, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    51
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Salah satu objek wisata paling terkenal di Yogyakarta adalah Candi Borobudur. Sepanjang waktu, objek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Waktu yang tepat berkunjung ke Candi Borobudur adalah saat hari-hari besar atau kegiatan tertentu seperti natal dan tahun baru.

    Namun, tahukah kamu jika ternyata bukan hanya Candi Borobudur saja yang mempunyai pemandangan yang indah. Kawasan sekitarnya pun ternyata menawarkan keindahan serta keasrian bernuansa pedesaan dengan perbukitan yang berada di sekelilingnya.

    5 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Candi Borobudur

    Gereja Ayam Bukit Rhema

    [​IMG]
    Jika kamu pernah menonton film AADC 2, tentu kamu pernah melihat bangunan ini. Dalam film tersebut terdapat suatu scene dimana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu kebersamaan mereka di sini.

    Lokasi Gereja Ayam Bukit Rhema

    Lokasi wisata ini berada tepat di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya tidak jauh dari Candi Borobudur, yaitu kurang lebih 3,9 km.

    Transportasi

    Untuk menuju ke lokasi ini, kamu dapat menempuhnya dengan 2 cara, yaitu menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

    Jika menggunakan kendaraan umum, kamu akan melewati jalan poros dan akan berhenti di depan jalan masuk yang menuju ke lokasi wisata tersebut. Selanjutnya untuk bisa menuju ke Gereja Ayam Bukit Rhema tersebut, kamu diharuskan berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.

    Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat menuju ke lokasi ini melewati Candi Borobudur, selanjutnya belok kiri dan menuju jalan Borobudur - Salaman. Ikuti rute tersebut hingga bertemu di sebuah gang yang akan menuntun kamu menuju Gereja Ayam Bukit Rhema.

    Aktivitas di Gereja Ayam Bukit Rhema

    1. Berfoto dengan Burung Hantu

    2. Menikmati pemandangan alam dari Mahkota Gereja Ayam

    3. Melihat berbagai koleksi lukisan edukasi

    4. Berwisata kuliner
    Punthuk Setumbu

    [​IMG]
    Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata dengan pemandangan alam pegunungan yang mempesona. Punthuk Setumbu sendiri merupakan lokasi favorit para pengunjung yang ingin menyaksikan sunrise berlatar belakang Gunung Merbabu dan Candi Borobudur.

    Lokasi Punthuk Setumbu

    Objek wisata merupakan salah satu bukit dari deretan perbukitan yang terdapat di pegunungan Menoreh. Meski pegunungan Menoreh mempunyai banyak bukit lain. Namun hanya Punthuk Setumbu saja yang dijadikan sebagai objek wisata.

    Lokasi tepatnya objek wisata ini berada di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM.3, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dari Candi Borobudur, jarak menuju ke lokasi ini sekitar 44 km yang dapat ditempuh 1 hingga 1,5 jam.

    Transportasi

    Untuk dapat menuju ke bukit Punthuk Setumbu, kamu hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi saja. Hal ini karena jalur yang dilewatinya masuk ke jalan kecil dan tidak ada kendaraan umum yang melintas.

    Jika kamu berasal dari Yogya, Solo, atau Semarang dan ingin menuju ke Punthuk Setumbu, kamu dapat menuju ke wisata Candi Borobudur terlebih dahulu. Setelah itu, kamu ambil jalan lurus yang mengarah ke Perbukitan Menoreh. Di tengah perjalanan, kamu akan menemui Hotel Manohara. Tidak jauh dari hotel tersebut, kamu akan menemukan petunjuk papan yang mengarahkan kamu ke “Borobudur Nirvana Sunrise” dan kamu hanya perlu mengikuti petunjuk papan tersebut untuk sampai di Punthuk Setumbu.

    Aktivitas di Punthuk Setumbu

    1. Menikmati Sunrise

    2. Berfoto selfie dengan latar belakang Candi Borobudur
    Candi Pawon

    [​IMG]
    Candi Pawon merupakan salah satu objek wisata sejarah yang ada di Jawa Tengah. Letaknya pun berada di dekat pemukiman penduduk dan berdekatan dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Meski termasuk peninggalan agama Budha, namun ukuran candi ini relatif kecil dibandingkan dengan Candi Budha lainnya.

    Lokasi Candi Pawon

    Untuk menemukan lokasi candi ini sangat mudah karena berdekatan dengan Candi Borobudur dan berada di pemukiman penduduk dengan jarak sekitar 37,7 Km dari pusat kota Yogyakarta. Objek wisata ini berada di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Magelang, Jawa Tengah.

    Transportasi

    Untuk menuju ke lokasi wisata ini sangat mudah. Anda hanya perlu menuju ke wisata Candi Borobudur dengan durasi waktu sekitar 1 jam 7 menit

    Pinusan Kragilan

    [​IMG]
    Selain pinus pengger dan pinus mangunan, Jogja juga mempunyai hutan pinus lain dan saat ini tengah populer di tahun 2020 bernama Pinusan Kragilan. Lokasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk dan menenangkan.

    Lokasi Pinusan Kragilan

    Secara administratif, hutan Pinusan Kragilan terletak di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah atau berlokasi di perbatasan Magelang - Boyolali.

    Transportasi

    Untuk menuju ke lokasi wisata ini dibutuhkan kendaraan pribadi mengingat lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu yang dipenuhi dengan tanjakan dan tikungan tajam sehingga diperlukan kewaspadaan yang ekstra.

    Dengan menggunakan kendaraan pribadi, jalur yang mudah dan sering dilewati adalah melalui jalur alternatif Salatiga menuju ke Kopeng, lalu ikuti jalan menuju ke Ketep Pass. Setelah itu, ikuti papan petunjuk jalan menuju ke Pinusan Kragilan.

    Aktivitas di Pinusan Kragilan

    1. Menikmati pemandangan alam hutan pinus

    2. Berswafoto di tempat dengan spot foto menarik dan Instagramable
    Ketep Pass

    [​IMG]
    Merupakan salah satu objek wisata favorit dan sedang populer di Jogja yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan mempesona khas pegunungan. Salah satu spot wisata terpopuler di Ketep Pass adalah pemandangan gunung Merapi yang menawan dan indah.

    Lokasi Ketep Pass

    Ketep Pass secara administratif berlokasi di Jl. Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Waktu tempuh dari Candi Borobudur adalah sekitar 45 menit saja.

    Transportasi

    Untuk menuju ke lokasi wisata ini, kamu dapat menggunakan berbagai macam transportasi, mulai dari sepeda motor, hingga bus pariwisata. Hal ini karena jalan menuju ke lokasi wisata ini sudah cukup bagus dan beraspal.

    Jika kamu berangkat dari Salatiga, kamu dapat menuju ke objek wisata Kopeng menuju ke Gablak, Pakis sebelum akhirnya tiba ditempat tujuan.

    Aktivitas

    1. Menikmati pemandangan alam pegunungan

    2. Berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu.
     
  2. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    udah lama nih gak main ke candi borobudur dan sekitarnya
    terakhir main ke sana sekitar 10 tahun yang lalu
    kangen juga :D
     
Loading...

Share This Page