5 Solusi Mengatasi Rekan Kerja Yang Sulit Untuk Kerja Sama

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Nov 9, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    231
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    5 Solusi Mengatasi Rekan Kerja Yang Sulit Untuk Kerja Sama.jpg

    Para pembaca setia TOG, Seperti yang kita tahu tempat kerja bisa jadi hal yang menyebalkan dan penuh tekanan karena tempat tersebut menjadi berkumpulnya beragam kepribadian dan karakter. Tak jarang, ada beberapa orang yang sengaja maupun tidak, merusak tatanan yang sudah nyaman.

    Jika Anda seorang karyawan staf, Anda umumnya memiliki pekerjaan atau tugas yang mendesak. Pekerjaan tersebut mungkin makin memusingkan jika melibatkan rekan kerja yang sulit diajak kerja sama. Mohon jangan mengeluh. Perlu Anda ketahui, rekan kerja yang sulit diajak kerja sama merupakan hal lumrah di tempat kerja.

    Mungkin bisa disebabkan karena si rekan kerja tersebut takut tersaingi, memiliki banyak pekerjaan, malas, atau merasa lebih senior daripada Anda. Apa yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama tersebut?

    Berikut 5 solusi yang bisa Anda ambil ketika bertemu masalah di atas:

    1. Menyampaikan permohonan kerja sama Anda

    [​IMG]

    Sampaikanlah permohonan kerja sama Anda. Tidak masalah kalau Anda menyampaikan bahwa dia adalah satu-satunya orang yang tepat membantu Anda karena pengalaman dan keterampilannya. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di salah satu startup yang terkenal dan projek Anda perlu bantuan dengan analisa sistem keamanan web yang ternyata ahlinya si rekan kerja tersebut, sampaikanlah bahwa dia yang ahli dalam bidang tersebut.

    Tujuannya adalah ajak dia dengan bahasa yang sopan dan beri dia alasan mengapa dia penting dalam pekerjaan tersebut. Tawarkan juga bila Anda siap membantu si rekan kerja tersebut bila dibutuhkan.

    2. Utarakan pentingnya pekerjaan Anda

    ketika Anda mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda. Kaitkan kepentingan tersebut dengan produktivitas, keselamatan kerja, dan reputasi divisi Anda berdua. Sampaikan juga tenggat waktu pekerjaan tersebut agar si rekan kerja memahami urgensinya.

    Saat mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda, pilih bahasa yang akrab. Jangan pula membawa-bawa otoritas atasan atau wewenang Anda karena kemungkinan besar si rekan kerja akan menilai Anda yang bukan-bukan.

    3. Tanyakan kapan bisa untuk segera mulai

    [​IMG]

    Ketika Anda sudah menyampaikan permohonan kerja sama, tanya kapan dia bisa memiliki waktu untuk segera membantu pekerjaan Anda.

    Bersabarlah jika waktu yang dia berikan di luar perkiraan Anda, misalnya dua jam sebelum pulang. Sampaikan ucapan terima kasih Anda akan waktu tersebut kepada si rekan kerja.

    4. Buat komitmen dengan dia secara persuasif

    Setelah mengetahui kapan dia bisa bekerja sama dengan Anda, buat komitmen dengan dia secara persuasif (membujuk secara halus). Sampaikan kepada dia bahwa Anda sudah mencatat waktu yang dia alokasikan. Informasikan pula bahwa Anda akan membuat pengingat (misalnya via email) sehingga Anda berdua tidak lupa.

    Jangan sakit hati atau emosi jika dia ternyata menolak pengingat tersebut. Santai saja dan percaya dirilah karena hal tersebut sesuatu yang wajar. Yang terpenting, Anda sudah membuat komitmen secara persuasif.

    5. Rajin berkomunikasi

    [​IMG]

    Langkah terakhir adalah rajin berkomunikasi dengan dia. Tentu, komunikasi ini tidak melulu disampaikan lewat telepon atau email. Anda sebaiknya berkomunikasi secara langsung, misalnya mengunjungi ruang kerja dia atau ngobrol santai saat waktu istirahat.

    Saat berkomunikasi tersebut, bertanyalah secara sopan tentang apakah si rekan kerja tersebut memiliki kendala dalam membantu Anda di pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, bila dia kesulitan dengan dana, tawarkan dana yang Anda miliki di pekerjaan tersebut.

    -

    Rekan kerja yang sulit diajak kerja sama adalah hal lumrah. Cara terbaiknya adalah dengan melakukan pendekatan persuasif, bukan dengan pendekatan kekuasaan atau menakut-nakuti.

    Oleh karena itu, cobalah mempraktikan kelima langkah sederhana di atas agar pekerjaan Anda selesai dengan baik dan tepat waktu.

    -

    PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

    -

    Salam Sukses

    [​IMG]
     
Loading...

Share This Page