5 Strategi Jitu Tingkatkan Omset Kedai Kopi Anda

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Sep 18, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    156
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Terbukti bahwa kopi sudah menjadi salah satu bagian dari budaya kuliner Indonesia sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, muncul trend sajian kopi premium dengan konsep kafe. Bahkan beberapa brand kopi ternama di dunia memasuki pasar Indonesia dengan mengangkat sajian kopi dengan harga yang tinggi.

    Kafe menjadi tempat berkumpul favorit berbagai kalangan. Kafe memiliki beragam jenis, tergantung tempat dan menu yang disajikan. Persaingan usaha ini bisa dikatakan cukup ketat karena banyaknya konsumen membuat usaha ini menjadi pilihan. Tetapi itu semua tergantung lagi kepada pelanggan, terkadang jika sudah merasa nyaman dengan satu kafe, pelanggan akan terus kembali. Inilah strategi marketing pada kafe kopi.


    1. Ubah Produk Utama

    Kopi memang sudah menjadi produk andalan di kafe, tetapi jika Anda tidak memiliki sajian kopi yang istimewa yang mempunyai ciri khas sendiri dibanding usaha kopi lainnya, sebaiknya Anda mengganti menu utama dari kedai kopi Anda.

    Contohnya sebuah kafe di Kota Yogyakarta yang menjadikan waffle sebagai menu utama. Segala jenis waffle aneka rasa menjadi sajian utama di kafe tersebut dan tentunya dengan kopi sebagai pendamping wafel. Siapapun yang menikmatinya pasti akan ketagihan.


    2. Buat Mobile Cafe


    [​IMG]


    Usaha ini sedang marak-maraknya di kota-kota besar. Terinspirasi dari konsep street food yang berada di Amerika, ide ini menjadikan kafe beroperasi pada sebuah mobil atau minibus. Mobil dan minibus tersebut di modifikasi menjadi sebuah kedai berjalan yang menyajikan kopi dan makanan ringan.

    3. Berani Eksperimen Rasa


    [​IMG]

    Janganlah cuma mengandalkan kopi-kopi yang sudah laku di pasaran seperti kopi cappuccino, macchiato, americano atau latte. Jenis kopi tersebut selain mudah ditemukan juga mudah membuatnya sendiri dirumah dengan minuman kopi bubuk sachet, rasanya pun tidak jauh berbeda.

    Buatlah inovasi dengan aneka rasa, jangan ragu untuk membuat kopi yang unik dan tidak populer. Contohnya seperti kopi siborongborong, kopi wamena atau kopi olahan nusantara lainnya yang sudah pasti tidak bisa ditemukan di pasaran dalam kemasan.

    4. Kerjasama dengan Instansi


    [​IMG]


    Sangat wajar jika konsumen potensial dari usaha kopi adalah mahasiswa dan karyawan. Faktanya kegiatan mereka membutuhkan energi untuk berpikir dan kadar konsentrasi tinggi yang bisa dibantu oleh kopi.

    Potensi ini bisa Anda kembangakan dengan mengajukan izin pembukaan kedai kopi di dalam area kampus dan perkantoran. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk pembukaan kedai ini, tetapi tanda tidak usah khawatir karena biaya yang Anda keluarkan akan setimpal dengan yang Anda dapatkan nantinya.


    5. Sebagai Working Chamber


    [​IMG]


    Cara meningkatkan omset kedai kopi selanjutnya adalah dengan membuat konsep tidak biasa yakni working chamber. Kedai kopi jenis ini fokus pada kafe dengan fasilitas ruang kerja yang nyaman dan kondusif. Banyak para pekerja freelance yang membutuhkan suasana berbeda dalam bekerja selain di rumah.
     
  2. marchesale

    marchesale Member

    Joined:
    Aug 31, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    trend bisnis kopi memang memukau dan menjamur dimana-dimana.Dalam meningkatkan omset mungkin dapat mencoba untuk memberikan sentuhan berbeda dan unik di kemasan produk,tempat coffee shop dengan view yang kekinian.Sekarang orang ke kedai kopi bukan hanya untuk kopi tapi juga berfoto dengan view kopi atau tempatnya.
     
Loading...

Share This Page