5 Strategi Marketing yang Wajib Dikuasai Dalam bisnis UMKM

Discussion in 'General Business' started by harsonoegi, May 11, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    141
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    1. Pelajari Kebutuhan Konsumen

    Konsumen harus memahami apa yang kita produksi dan kita jual dalam bentuk produk. Hal ini penting agar mereka bisa memahami bisnis Anda, sebelum memutuskan apakah mereka membutuhkan produk atau layanan Anda.

    Oleh karena itu buatlah promosi yang bisa mengedukasi para calon konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Pastikan melakukan riset mengenai produk apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menentukan produk apa saja yang bisa Anda jual.


    2. Buat Produk yang Unik

    Konsumen akan cenderung memilih produk yang unik dan berbeda untuk di beli. Jadi buatlah ciri khas dari produk Anda yang bisa diandalkan sebagai pembeda dari produk lain, serta konsisten dengan kualitas produk yang dijual. Untuk lebih meningkatkan daya tarik, Anda bisa membuat packaging yang unik.


    3. Buat Daftar Tujuan Pemasaran

    Anda perlu membuat daftar pemasaran karena penting untuk mengukur seberapa kuat keberhasilan Anda dalam menjual produk dan menentukan target pasar mana yang paling sesuai. Melalui daftar tersebut Anda bisa menentukan strategi pemasaran sesuai target market Anda dan mempermudah proses evaluasi.


    4. Tentukan Target Pasar

    Sebelum mulai melakukan pemasaran, sebaiknya lakukan riset terhadap target pasar Anda, apakah produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Hal ini diperlukan untuk memberikan nilai tambah terhadap produk. Sehingga konsumen yakin dan percaya terhadap produk dan berpotensi menjadi pelanggan tetap.


    5. Layanan Lebih Untuk Konsumen

    Tawarkan berbagai keuntungan dengan membeli langsung produk dari tempat Anda agar pelanggan terkesan dengan pelayanan lebih yang Anda berikan. Hal ini akan memberikan nilai lebih karena setiap pelanggan akan senang dengan layanan jasa yang ditawarkan.
     
Loading...

Share This Page