5 Tanaman Ini Bisa Mengobati Ablasio Retina

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Mar 16, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    105
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Anda Penderita Ablasio Retina? Ingin Sembuh Tanpa Harus Melakukan Operasi? Ketahui Cara Mengobati Ablasio Retina Pada Mata Menggunakan 5 Tanaman Berikut Ini

    Definisi Singkat Mengenai Ablasio Retina
    [​IMG]
    Ablasio retina merupakan suatu komplikasi pada mata diman lepasnya retina dari posisi atau jaringan penopangnya yang membuat retina kehilangan fungsinya. Retina sendiri merupakan salah satu jaringan pada mata yang tipis dan transparan dan sangat peka terhadap cahaya. Retina terdiri dari sel dan serabut saraf. Jaringan saraf yang membentuk bagian peka cahaya pada retina membentuk suatu selaput tipis yang melekat erat pada jaringan penyokong di bawahnya. Jika kedua lapisan tersebut terpisah, maka retina tidak dapat berfungsi dan jika tidak kembali disatukan bisa terjadi kerusakan permanen. Retina juga memiliki fungsi melindungi dinding pada mata bagian dalam. Kondisi ablasio retina merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Biasanya orang yang lebih rentan terjangkit penyakit ini adalah penderita rabun jauh atau miopi dan lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita.

    Apa Saja Gejala Ablasio Retina?

    Berikut ini beberapa indikasi dan gejala ablasio retina yang harus dikenali :

    [​IMG]

    • Timbulnya bintik-bintik serta garis yang tidak beraturan menyerupai benang atau benda melayang akibat keruhnya di vitrum
    • Terdapat darah dan pigmen retina yang lepas
    • Pantulan dan kilatan cahaya yang dapat terlihat pada kondisi ruangan yang gelap atau minim cahaya
    • Fungsi dan ketajaman penglihatan semakin menurun
    • Mata mengeluarkan air berwarna kemerahan secara terus menerus



    [​IMG]
    Blueberry

    Blueberry merupakan tanaman dari alam yang memiliki antioksidan kuat. Antioksidan yang terkandung dalam blueberry dapat berfungsi meningkatkan sirkulasi darah ke mata yang kemudian dapat memperbaiki robekan atau lubang pada retina yang lepas penyebab ablasio retina. Blueberry juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, E dan B, antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan dan masih banyak nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Kandungan antioksidan anthocyanin (VMA) yang terdapat dalam blueberry juga diketahui mampu memberikan manfaat sebagai penangkal radikal bebas.

    [​IMG]
    Blackberry

    Blackberry merupakan buah yang banyak ditemukan dan berasal dari Amerika Utara, Eropa Barat, dan Kepulauan Inggris. Buah blackberry diketahui mengandung vitamin C yang merupakan antiinflamasi dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan cairan dan kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah, hal ini bisa menjadi obat pencegahan untuk ablasio retina. Menurut beberapa literatur ekstrak tanaman blackberry juga kaya akan flavonoid, anthocyanin, senyawa fenol dan memiliki kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC), melawan radikal perosokil, hidrogen peroksida, superoksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen. Berikut rincian lengkap kandungan didalam buah blackberry :

    Nutrisi Kandungan per 100 gram Pemenuhan % Nilai harian
    Energi 43 kcal
    Total serat 5.3 g 21%
    Total gula 4.9 g
    Kalsium 29 mg 3%
    Magnesium 20 mg 5%
    Mangan 0.6 mg 32%
    Copper 0.2 mg 8%
    Potassium 162 mg 5%
    Natrium 1 mg 0%
    Vitamin C 21 mg 35%
    Vitamin A, IU 214 IU 4%
    Vitamin K, µg 20 µg 25%
    Asam folat, µg 36 µg 9%
    Beta Karoten 128 µg Ne
    Lutein + zeaxanthin 118 µg Ne

    [​IMG]
    Ginkgo Biloba

    Ginkgo biloba diketahui memiliki potensi tinggi dalam penyembuhan ablasio retina karena ginkgo biloba mengandung antioksidan yang tidak kalah tinggi. Kandungan antioksidan dalam ginkgo biloba mampu memberikan dampak perlindungan dan perbaikan untuk retina robek. Dua komponen antioksidan Flavonoid dan terpenoid dalam ginkgo biloma juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dan sistem saraf pusat. Ginkgo biloba dipercaya kemampuannya meningkatkan kesehatan mata dan sangat efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan sel mata. bukan itu saja fungsinya, tumbuhan ini juga bermanfaat melancarkan peredaran darah perifer dalam organ tubuh yang jauh dari jantung.

    [​IMG]
    Bunga Canola

    Beberapa peneliti menemukan kandungan lemak tak jenuh dalam bunga canola yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol LDL serta melancarkan peredaran darah yang tersumbat disekitar mata. Jika dipresentasikan, kandungan minyak jenuh dalam bunga canola terhitung 6% saja. Lemak tak jenuh dalam bunga canola mengandung omega 3 dan omega 6 yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bunga canola juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengurangi resiko degenerasi makula pada mata, serta melindungi mata dari pertumbuhan bakteri yang akan menyerang mata. Bunga canola juga mengandung beberapa nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu kandungan yang terdapat dalam bunga canola juga diketahui dapat mengurangi resiko lepasnya retina dari jaringan mata.

    [​IMG]
    Euphrasia

    Euphrasia atau lebih dikenal dengan eyebright diketahui telah digunakan sebagai alternatif alami pengobatan berbagai penyakit pada mata sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Kandungan herbal dan gizi didalamnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi masalah mata seperti ablasio retina, radang mata kronis, radang kelopak mata, mata merah, mata berair, mata lelah, mata plus hingga mata katarak. Tanaman eyebright termasuk kedalam tanaman multifungsi karena seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal, mulai dari batang, daun hingga bunga. Eyebright mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, beta-karoten, alkoloid, antioksidan, tanin, dan minyak atsiri.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    593
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih informasinya
    tapi kayaknya jenis yang tersebut diatas sulit ditemukan di daerah saya
    buah blueberry dan blackbery sering mendengar namanya tapi belm pernah lihat langsung
     
Loading...

Share This Page