5 Tips Sederhana Menyiapkan Rumah pada Musim Hujan

Discussion in 'Arsitektur' started by ferdianet, Feb 6, 2018.

  1. ferdianet

    ferdianet Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    321
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    28
    Shunda Plafon PVC - 5 Tips Menyiapkan Rumah pada Musim Hujan, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pusat memprediksi puncak musim hujan di Indonesia akan Berlangsung pada bulan Januari 2018 bahkan di beberapa tempat di bagian Indonesia Timur musim hujan di prediksi terjadi sampai bulan Februari 2018 Sebenar nya sudah mulai terlihat perubahan cuaca pada bulan Desember 2017.

    Hujan Lebat dan angin kencang akan senantiasa terjadi, Terutama pada sore dan malam hari, Berada di dalam rumah adalah pilihan yang tepat menghindari cuaca ekstrim saat ini. Namun kita juga harus menyipakan kondisi rumah yang mampu menghadapi kondisi saat ini contoh saja atap rumah yang genteng nya sudah bergesar atau lapisan karpet sudah mulai lapuk segera di ganti. Karena jika sampai telat siap-siap rumah anda akan kebocoran dan akhir nya membuat anda tidak nyaman tinggal di rumah.

    Berikut beberapa Tips sederhana dari kami :

    1. Atap

    Bagian Atap adalah Unsur yang vital dalam melindungi rumah anda dari guyuran air hujan, periksalah atap rumah anda minimal 3 kali dalam 1 tahun, dan perbaiki genteng yang retak / pecah sebaiknya diganti baru. Periksa sambungan antara genting apakah ada yang bergeser atau tidak setelah itu periksa juga karpet Atap jika sudah tidak layak sebaiknya diganti juga, jika terjadi retakan halus pad agenting segera dilapisi cat anti bocor agar atap rumah anda tetap aman.

    2. Dinding

    Dinding dalam rumah biasa nya berjamur dan mengelupas hal ini di karenakan beberapa factor masuk nya air pada dinding luar sehingga meresap kebagian dalam rumah, kalau ini di biarkan dalam jangka waktu lama dinding akan mudah rapuh, solusi nya melapisi kembali dinding dengan semen atau menggunakan cat anti bocor tinggal di sesuaikan kondisi saja.

    3. Lantai

    Pastikan ketinggian lantai rumah anda lebih tinggi daripada teras dan jalan di depan rumah anda, selain itu juga terkadang muncul embun pada lantai di karenakan lantai anda pori-pori nya sudah mulai terbuka sehingga lantai anda akan lembab atau bahkan basah.

    4. Langit-langit / Plafon

    Pastikan langit-langit / plafon rumah anda tidak ada rembesan air ataupun perubahan warna yang disebabkan jamur yang bisa membuat kotor, jika plafon rumah anda menggunakan bahan gypsum jika sudah ada kondisi berjamur bahkan terdapat noda warna kecokelatan bisa dipastikan plafon rumah anda sudah terkena Rayap yang sewaktu jika lapuk akan jatuh menimpa benda-benda yang tepat berada dibawahnya solusi nya gunakan plafon berbahan PVC Shunda Plafon sudah terjamin kualitas nya, buatan dalam negeri kualitas No. 1

    5. Talang Air

    Cek kembali kondisi talang Air, jika sudah rapuh sebaiknya diganti jadi ketika debit air yang turun dari genting ketalang air mampu ditampung, kalau kondisi rapuh sangat riskan pecah saat debit air banyak. Selain itu cek apakah saluran nya lancer atau ada sampah-sampah daun kering pada talang atau lobang pembuangan.
     
  2. 9capsokue

    9capsokue Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    satu tambahan, kalau bicara musim hujan jangan lupa juga masalah banjir. pastikan lokasi tempat membangunnya tidak rawan banjir ketika musim hujan datang. kalau masih kurang informasi apakah lokasi tersebut rawan banjir atau tidak, coba untuk membangun fondasi rumah agak tinggi sedikit untuk menghindari banjir jika datang.
     
  3. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    55
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Saya sependapat bagian atap sebuah rumah adalah yang vital dalam melindungi rumah dari guyuran air hujan, periksalah atap rumah anda minimal 3 kali dalam 1 tahun. Bila perlu pasanglah atap rumah yang memiliki kualitas bagus atau berkualitas, saran saya sih pakai atap yang berbahan UPVC, karena tahan korosi atap berbahan UPVC juga tahan terhadap perubahan cuaca.
     
  4. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah sangat bagus tipsnya untuk musim penghujan seperti sekarang ini.
     
Loading...

Share This Page