5 Tips Tahan Belajar Lama di Rumah

Discussion in 'Education' started by Susan Hutapea, Dec 23, 2020.

  1. Susan Hutapea

    Susan Hutapea New Member

    Joined:
    Oct 9, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    pexels-vlada-karpovich-4050300.jpg
    Karena pandemi virus Corona, pelajar dan mahasiswa pun sudah melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring selama beberapa bulan terakhir. Sebagian pelajar mungkin sudah tidak tahan atau merasa bosan belajar lama di rumah, karena rindu bertemu dengan teman ataupun guru. Bahkan, sebagian besar pelajar memilih belajar di sekolah secara langsung daripada di rumah secara daring.

    Apakah kamu juga pernah merasakan bosan atau tidak tahan belajar lama di rumah? Agar tidak bosan, kamu perlu kreatif untuk menciptakan suasana belajar. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan, maka kamu akan merasa enjoy dan semangat saat belajar di rumah.

    5 Tips Belajar Lama di Rumah
    Semua anak tentu akan minat dan semangat belajar ketika berada dalam suasana belajar yang kondusif dan menggairahkan. Adapun berikut ini merupakan 5 tips tahan belajar lama di rumah yang bisa kamu lakukan, di antaranya yaitu:

    1. Bangun Pagi, Berolahraga dan Sarapan
    Meskipun kamu sedang menjalani KBM online, namun kamu harus tetap melakukan aktivitas layaknya sekolah, seperti bangun pagi, berolahraga serta sarapan. Bangun pagi sangat penting untuk meningkatkan semangatmu dalam menjalani hari dan kegiatan belajar mengajar nanti. Jangan lupa untuk berolahraga dan sarapan agar tubuhmu terlihat lebih fresh dan kuat.

    Rutinitas seperti ini harus diperhatikan untuk menciptakan semangat dalam diri. Hal ini berbeda jika kamu tidak bangun pagi, tidak berolahraga dan tidak sarapan. Di mana pada saat kegiatan belajar mengajar dimulai, maka tubuhmu akan terasa malas, lesu dan tidak fokus belajar. Hal tersebutlah yang membuatmu tidak tahan belajar lama di rumah.

    2. Menciptakan Ruang Belajar yang Kondusif

    Agar betah belajar di rumah kamu harus bisa menciptakan ruangan belajar yang kondusif dan nyaman. Perhatikan sirkulasi udara dalam ruangan untuk menjaga konsentrasi dan fokus mu ketika belajar atau mengerjakan contoh latihan soal. Saat kamu sudah mulai bosan, cobalah beristirahat sejenak dan ubah cara belajar yang kamu sukai.

    3. Menyediakan Camilan Sehat

    Selain memperhatikan suasana belajar, kamu juga perlu memperhatikan kondisi perut mu. Pasalnya, belajar terus-menerus dapat menguras tenaga dan menyebabkan rasa lapar. Jika rasa lapar tersebut dibiarkan, maka kamu akan kurang fokus atau tidak konsentrasi saat belajar di rumah. Oleh sebab itu, kamu bisa menyiapkan cemilan sehat bergizi yang kamu suka agar otak dapat bekerja secara optimal dan kamu tetap semangat belajar.

    4. Media Belajar Tambahan
    Saat belajar di rumah, kamu membutuhkan materi pelajaran yang lebih lengkap. Selain mendapatkan materi pelajaran dari sekolah, kamu juga bisa mencari materi pelajaran tambahan di internet atau aplikasi belajar, seperti kejarcita. melalui aplikasi tersebut kamu bisa mendapatkan pemahaman materi, rangkuman materi, soal ujian sekolah SD - SMA lengkap dengan pembahasan. Agar belajar semakin seru dan menyenangkan, kamu juga bisa menonton video edukasi di aplikasi tersebut.

    5. Belajar Bersama Teman
    Agar tidak merasa bosan saat belajar di rumah terus-menerus, kamu bisa belajar bersama teman atau secara berkelompok. Ajaklah temanmu untuk belajar dan mengerjakan latihan soal bersama. Diskusikanlah mengenai materi pelajaran yang sedang dipelajari. Namun jangan sampai kamu menghabiskan waktu dengan merumpi atau membicarakan hal yang tidak penting bersama teman.

    Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan tidak cepat bosan dan tahan belajar lama di rumah. Dengan melakukan tips tersebut maka belajar akan lebih menyenangkan.
     
  2. DesainBanner

    DesainBanner New Member

    Joined:
    Dec 13, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makasih banyak gan, atas pencerahannya saya jadi lebih sehat dan tahan lama di ranjang.
     
  3. Barunasasra

    Barunasasra Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Nice info gan. Setuju banget, belajar di rumah memang lebih sulit dibandingkan di sekolah. Tapi mau nggak mau sekarang harus dilakukan ya...hehehe
     
  4. solvi

    solvi New Member

    Joined:
    Oct 24, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yang terpenting adalah "menyediakan cemilan sehat". :D
     
Loading...

Share This Page