5 Tips Untuk Seorang Introvert Dalam Menghadapi Wawancara Kerja

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Aug 21, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    231
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    5 Tips untuk Seorang Introvert Dalam Menghadapi Wawancara Kerja500.jpeg

    5 Tips untuk Seorang Introvert Dalam Menghadapi Wawancara Kerja
    Buat seorang introvert, wawancara kerja bisa jadi hal yang super menakutkan untuk dirinya. Karena pada dasarnya dia memiliki kepribadian yang tertutup dan selalu tidak nyaman dengan orang/hal yang baru, pastinya yang ada di pikiran introvert adalah bagaimana caranya agar tidak canggung dan terbata-bata selama proses wawancara kerja.

    Pribadi introvert adalah pribadi yang sulit untuk berbaur dengan orang lain. Orangnya juga lebih memilih untuk mengunci diri ketimbang dekat dengan orang di sekitarnya. Sifatnya yang pendiam membuat dirinya memiliki sedikit teman.

    Kita sering kali berpikir untuk menjauhkan diri dari orang introvert. Sifatnya yang dingin dan terkesan angkuh membuat kita tidak betah berada di dekatnya. Jika ditelaah lebih dalam, mereka bukanlah pribadi yang demikian. Mereka hanya membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi ketimbang anak pada umumnya.

    --

    Baca Juga:
    • Hindari 5 Mental ini Para Fresh Graduate
    • Cara Mudah Mendapat Pekerjaan
    --

    Memiliki kepribadian introvert bukan lah hal yang buruk, namun hal ini bisa menjadi kelemahan ketika menghadapi situasi dimana harus bertemu dengan orang asing, wawancara kerja adalah salah satunya. Sifat yang terlalu kaku membuat suasana wawancara terasa mati.

    Tenang, jangan panik, ini adalah cara yang tepat buat kamu seorang introvert yang akan menghadapi wawancara kerja.

    Lakukan 5 tips berikut ini saat menghadapi wawancara kerja :

    1. Mulai Menjalin Hubungan
    [​IMG]

    Sebelum memasuki ruang wawancara, buatlah persiapan secara matang. Rapikan pakaian anda, tarik napas dalam-dalam, dan anggaplah si pewawancara ini adalah sahabat dekat anda. Tujuannya agar kita bisa lebih rileks saat nanti diwawancarai.

    Karena merasa orang yang ada di depan adalah sahabat sendiri. Jadi, tidak ada yang perlu ditakutkan. Usahakan untuk mengurangi rasa kaku agar percakapan saat wawancara terasa akrab.

    Bumbui percakapan dengan sedikit lelucon sehingga pewawancara merasa nyaman dengan kamu. Kalau suasana sudah cair, kamu pun merasa lebih nyaman ketika diwawancara. Sifat takut anda pun bisa hilang dengan sendirinya, sehingga, bisa menikmati sesi wawancara.

    2. Menjawab Pertanyaan Dengan Tenang
    [​IMG]

    Tips selanjutnya ialah menjawab pertanyaan dengan tenang. Jangan terburu-buru ingin menjawab pertanyaan. Dengan terburu-buru kamu malah akan kelabakan dan terlihat terbata-bata

    Interviewer pasti akan melihat bagaimana intonasi dan caramu menjawab pertanyaan.

    Jika ada pertanyaan yang belum bisa dijawab, mintalah agar pihak pewawancara memberikan sedikit waktu untuk berpikir. Cara ini lebih baik ketimbang menjawab pertanyaan dengan jawaban yang asal-asalan.

    3. Aktif Menjawab dan Bertanya
    [​IMG]

    Introvert berbeda dengan ekstrovert. Kepercayaan diri yang dimiliki juga tak setinggi ekstrovert. Sehingga butuh merangkai kata-kata dulu sebelum akhirnya berbicara. Saat pertanyaan diberikan, jawablah pertanyaan tersebut dengan jawaban yang logis, singkat, padat, dan tidak bertele-tele. Gunakan waktu yang diberikan si pewawancara untuk merangkai kata dengan baik.

    Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang menyukai interaksi dengan dunia luar. Ekstrovert cenderung lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir

    Selain menjawab pertanyaan, kamu juga perlu aktif bertanya. Tidak salah jika melempar beberapa pertanyaan kepada si pewawacara. Cara ini akan membuat sesi wawancara terasa hidup. Kamu pun dapat semakin dekat dengan si pewawancara.

    --

    Baca Juga:

    • Info Lowongan Kerja TOG HR di bidang IT terbaru dan terupdate
    --

    4. Jangan Malu untuk Mengakui Kelemahan
    [​IMG]

    Dalam sesi suatu wawancara kerja, pertanyaan tentang kelemahan diri pasti akan sering muncul. Untuk itu, jangan pernah malu untuk mengakui kelemahan kepada si pewawancara. Tidak ada yang perlu ditutup-tutupi. Toh, semuanya bakalan terpampang nyata ketika kamu bekerja nanti. Berkata jujur juga malah akan membuat kamu merasa lebih lega.

    Jika kamu seorang introvert, katakan kepada si pewawancara. Tidak ada gunanya pura-pura aktif saat wawancara, padahal aslinya nihil. Jika kamu mengetahui kelemahan diri, carilah solusi untuk mengatasinya. Jangan biarkan kelemahan tersebut tetap ada. Ingat, kamu harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

    5. Mengurangi Kesalahan Pemilihan Kata
    [​IMG]

    Kesalahan kata dalam hidup sehari-hari wajar, namun jangan sampai hal ini terjadi ketika kamu sedang dalam wawancara kerja. Bagi kamu si introvert, wajar saja jika merasa gugup saat diwawancara. Apalagi jika ini kali pertamanya berhadapan empat mata dengan orang lain. Namun jangan sampai mengucapkan kata-kata yang salah. Terlebih lagi jika perkataan tersebut menyinggung pihak si pewawancara.

    Berkata-katalah dengan baik dan sopan. Gunakan bahasa yang formal, namun jangan terlalu kaku. Kamu masih bisa menggunakan bahasa non-formal. Akan tetapi, masih dalam tahap batasan wajar ya.

    PT TOG Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.



    Salam Sukses

    [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Aug 21, 2018
Loading...

Share This Page