5 Universitas Terbaik di Indonesia 2020

Discussion in 'General Internet' started by joshua, Jul 29, 2020.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    83
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Times Higher Education (THE) telah mengeluarkan daftar ranking universitas terbaik di Indonesia sekaligus Universitas Terbaik di dunia 2020. Kamu sedang mengincar universitas mana di daftar itu? Coba simak di sini.

    Kuliah di universitas terbaik tentu menjadi dambaan setiap mahasiswa atau calon mahasiswa. Tapi, bagaimana mendapatkan informasi yang sahih bahwa kampus A lebih baik dari B, dan menjadi universitas terbaik di Indonesia? Kamu harus mencari data yang akurat dan valid tentang lima hal penting ini: (1) lingkungan belajar (2) perkembangan riset, (3) pengaruh riset, (4) pandangan dunia luar, dan (5) manfaatnya bagi industri?

    Kelima hal tadi penting untuk diukur, meskipun, perubahan akan selalu terjadi pada unversitas terbaik di Indonesia. Lalu, siapa yang mau repot-repot meneliti, mengukur, atau meng-update data-data pendidikan tinggi atau universitas terbaik di seluruh negara tersebut?

    Tentu saja, bukan kita! Sebab, sudah ada institusi profesional yang sejak lima dekade lalu mengembangkan metode untuk menyusun rangking universitas terbaik di dunia. Yakni, diantaranya, Times Higher Education (THE). Siapa THE, bisa disimak di link ini timeshighereducation.com/about-us

    Sebanyak 1250 perguruan tinggi di seluruh dunia mengikuti pemeringkatan THE untuk tahun 2020. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang diikuti 1103 perguruan tinggi. Sedangkan pada tahun 2011, hanya 200 universitas.

    THE mengukur indikator kinerja setiap perguruan tinggi berdasarkan lima hal ini:
    1. Lingkungan belajar
    2. Volume, pendapatan, dan reputasi riset
    3. Pengaruh riset
    4. Pendapat dari para staff pendidikan, mahasiswa, dan peneliti
    5. Dampak bagi dunia usaha atau industri
    Metode yang digunakan oleh THE dalam memeringkatkan perguruan tinggi di seluruh dunia itu dapat membantu kamu menemukan universitas terbaik di Indonesia.

    Universitas Terbaik di Indonesia

    Indonesia termasuk negara ekonomi baru atau emerging economies yang memiliki beberapa kampus ternama dan telah berusia cukup tua sejak era pemerintahan Belanda dulu. Dalam rangking ini, THE membuat klasifikasi negara dengan pendekatan pasar, versi Financial Times Stock Exchange (FTSE) untuk memetakan rangking universitas.

    Dalam klasifikasi negara ekonomi baru, Indonesia berada di level sekunder bersama Chile, China, Colombia, Mesir, India, Kuwait, Pakistan, Peru, Philippines, Qatar, Russia, dan Uni Emirat Arab. Sedangkan di level maju, adalah Brazil, Republik Ceko, Yunani, Hungaria, Malaysia, Mexico, Africa Selatan, Taiwan, Thailand, Turki.

    Dan pada kelompok perbatasan, terdapat Argentina, Bahrain, Banglades, Botswana, Bulgaria, Pantai Gading, Kroasia, Siprus, Estonia, Ghana, Jordan, Kazakhstan, Kenya, Latvia, Lithuania, Macedonia, Malta, Mauritius, Maroko, Nigeria, Oman, Palestina, Rumania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Sri Lanka, Tunisia, Vietnam.

    Sebanyak 442 universitas dalam rangking THE 2020 berasal dari negara-negara ekonomi baru tersebut. Berikut ini daftar universitas negeri & swasta 2020 terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar Universitas Terbaik dalam Emerging Economies 2020.

    1. Universitas Indonesia (UI)

    UI menduduki peringkat teratas dari universitas terbaik di Indonesia. Pada kelompok 100 universitas terbaik dari negara ekonomi baru, satu-satunya universitas dari Indonesia adalah UI. Perguruan tinggi berjuluk The Yellow Jacket ini menduduki rangking 82. Sedangkan pada rangking 10 teratas, diduduki oleh universitas-universitas di China.

    Ternyata peringkat UI tidak stabil, dimana pada:
    • Tahun 2018 di peringkat 184.
    • Tahun 2017 di antara peringkat 201 – 250
    • Tahun 2016 di peringkat 171
    Sedangkan di peringkat global, UI masuk dalam rangking 601-800.


    Pemeringkatan ini berdasarkan pada pengaruh UI di dunia usaha atau industry, UI mendapat skor 83,1. Sedangkan untuk soal lingkungan belajar, skornya 36,2. Dan untuk riset, skornya 17,5 dan pengaruh riset UI mendapat skor 18,8. Selengkapnya terlihat dalam gambar ini.

    2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Meski tidak masuk dalam rangking 100 besar, namun Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk pada peringkat 164. ITB mendapat skor 92,4 untuk industry income. Sementara untuk lingkungan belajar skornya 20,1, riset 15,5, pengaruh riset 13,5, dan pandangan internasional 38,3.

    Yang menarik dengan ITB adalah kalangan civitas akademiknya tidak cuma berperan di bidang teknologi, melainkan juga kuat dalam ekonomi bisnis. Pengusaha besar Aburizal Bakrie, contohnya. ITB juga melahirkan tokoh politik nasional seperti Proklamator RI Sukarno dan mantan Presiden RI BJ Habibie. ITB mendapat skor 100 untuk industry income pada bidang ekonomi bisnis; seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

    3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Perguruan tinggi yang kampusnya berada di kota Bogor ini ada di antara peringkat 251-300 dari daftar Universitas Terbaik Emerging Economies 2020. Tahun lalu, IPB berada diantara peringkat 201-250.

    IPB mendapat skor 65,4 untuk industry income. Sementara untuk lingkungan belajar skornya 17,7, riset 8,9, pengaruh riset 10,9, dan pandangan internasional 33,8.

    4. Universitas Gajah Mada (UGM)

    UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Kampus UGM terletak di Bulaksumur, Yogyakarta.

    Bersama dengan IPB, UGM juga termasuk diantara peringkat 251-300 dalam pemeringkatan emerging economies versi THE. Peringkat tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu di mana UGM berada diantara peringkat 201-250. Kampus dimana Presiden Jokowi mengecap pendidikan tinggi ini mendapat skor 61,2 untuk industry income. Sementara untuk lingkungan belajar skornya 19,6, riset 10,1, pengaruh riset 12,8 dan pandangan internasional 32,9.

    5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya

    ITS merupakan salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia. Terdapat 5 fakultas, dengan 26 departemen yang membuka enam program diploma, 26 program S1, 16 program magister, dan 12 program doktoral.

    Sejak 2011, ITS menjadi kampus hijau. Kontribusinya terhadap masyarakat cukup besar, diantaranya, pada tahun 2005 merancang rumah untuk korban tsunami Aceh. Selain itu, berkolaborasi dengan Tim Kajian Kelayakan Pemukiman (KKP), ITS melaksanakan riset untuk korban lumpur Sidoarjo.

    THE memberikan ITS skor 52,5 untuk industry income. Sementara untuk lingkungan belajar skornya 16,1, riset 9,2, pengaruh riset 20,6 dan pandangan internasional 29,6. ITS berada diantara peringkat 251-300 dari daftar universitas terbaik negara ekonomi baru.

    Lima universitas terbaik di Indonesia yang masuk di dalam daftar pemeringkatan universitas terbaik negara ekonomi baru versi THE dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

    Nah, bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa namun kampusmu belum masuk di dalam daftar universitas unggulan, jangan berkecil hati. Sebaliknya, kamu bisa memberikan kontribusi terbaik untuk mendongkrak peringkat universitas. Misalnya, dengan membuat riset penting yang bermanfaat dan memengaruhi hajat hidup orang banyak.

    Pemeringkatan yang Lain

    Pemeringkatan yang dilakukan oleh THE, bukanlah satu-satunya cara untuk menemukan universitas terbaik yang kamu inginkan. UniRank atau 4ICU (4 International Colleges and Universities) juga melakukan pemeringkatan untuk membantu kampus dan stakeholdernya mencapai sasaran yang diharapkan.

    Daftar 10 universitas terbaik di Indonesia versi Uni Rank yang disusun pada tahun lalu dapat kamu pertimbangkan.

    Universitas Terbaik di Dunia
    Bila kamu memiliki ekspektasi tinggi dengan kemampuan finansial dan intelektual di atas rata-rata, jangan ragu untuk kuliah di luar negeri. 10 universitas terbaik dunia 2020 versi THE ini dapat kamu pertimbangkan. Yakni:
    1. Universitas Oxford, Inggris
    2. Universitas Cambridge, Inggris
    3. Universitas Stanford, AS
    4. Massachusetts Institute of Technology, AS
    5. California Institute of Technology,AS
    6. Universitas Harvard, AS
    7. Universitas Princeton, AS
    8. Universitas Yale, AS
    9. Imperial College London, Inggris
    10. Universitas Chicago, AS
    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Jul 30, 2020 at 9:07 AM
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    52
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Ayo yang "merasa" pinter buruan dafar di salah satu kampus diatas.
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    91
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Gambarnya nggak tampil... Jadi nggak isa lihat mulustrasinya... heheh
     
  4. kouhai

    kouhai Junior Admin Staff Member

    Joined:
    Oct 1, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    7
    ukurannya besar, melebihi aturan..
     
    semutaspal likes this.
  5. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    apalah daya cuma lulusan SMA yang biasa dengerin keluhan skripsi temen - temen seangkatan, disitu kadang saya merasa sedih :(
     
  6. Jumadil

    Jumadil Member

    Joined:
    Mar 15, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Cocok nih buat yang lagi nyari info tentang cari kost. cek signature. hehehe
    *floating*
     
Loading...

Share This Page