5 Warna Baju Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Sep 18, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    189
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    5 Warna Baju Yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja.jpg
    Hallo Sobat TOG, selain kita harus mempersiapkan jawaban-jawaban andalan untuk saat wawancara kerja nanti, hal yang tak kalah penting yang harus dipersiapkan saat menghadiri sesi wawancara kerja adalah pakaian.

    Ada banyak saran mengenai pakaian yang sebaiknya dikenakan saat wawancara kerja. Selain memilih tampilan sesuai bidang pekerjaan, Anda juga perlu memerhatikan pemilihan warna pakaian.

    Pilihan warna pakaian yang dikenakan, merupakan salah satu aspek yang turut menentukan penilaian terhadap diri Anda

    Karena jika tampil dengan warna yang secara psikologis akan memberi efek negatif, sedikit banyak hal ini juga akan turut memengaruhi kesan pewawancara terhadap diri Anda nantinya.

    Yuk kita cari tahu warna baju apa saja yang harus kita hindari saat sesi wawancara kerja:

    1. Merah
    [​IMG]

    Warna merah menunjukkan kepribadian yang berani dan agresif. Meskipun pada beberapa moment tertentu, karakter ini berguna untuk melindungi diri, namun orang kepribadian ini jelas akan banyak dihindari oleh perusahaan.

    Rata-rata orang yang memiliki kepribadian ini tidak disukai oleh rekan kerjanya. Karena sering bersikap berlebihan terhadap suatu masalah. Alih-alih menyelesaikan masalah, mereka malah seringkali menimbulkan masalah yang baru.

    Calon kandidat yang menggunakan warna ini terkesan sebagai calon karyawan yang nantinya akan merugikan rekan kerja, dan berpengaruh terhadap kinerja individu maupun tim. Dalam kinerja jangka panjang, penurunan kinerja individu dan tim akan berpengaruh terhadap kinerja serta stabilitas perusahaan.

    2. Cokelat
    [​IMG]

    Cokelat terkenal sebagai warna netral yang aman jika digunakan diberbagai kesempatan berbeda. Namun, cokelat merupakan warna yang terlalu aman jika digunakan untuk wawancara kerja. Karena kesan aman ini bisa menjadi bumerang tersendiri bagi Anda.

    Pewawancara akan berpikir bahwa Anda terkesan pribadi yang tidak menyukai perubahan dan bersikeras untuk melakukan sesuatu sesuai dengan cara yang sering Anda lakukan sebelumnya.

    Bagi perusahaan yang bergerak pada bidang inovasi dan selalu bergerak cepat merespon terhadap perubahan, tentu pewawancara akan sangat mempertimbangkan lolos atau tidaknya kamu menjadi karyawan di perusahaannya.

    3. Jingga
    [​IMG]

    Meskipun warna jingga melambangkan kesegaran, jangan pernah sekalipun berpikir menggunakan kemeja berwarna ini saat hendak melakukan proses wawancara. Warna oranye berkorelasi dengan rasa ketidakpercayaan diri dan juga menunjukkan kurangnya rasa profesionalitas.

    Sedangkan dalam dunia kerja, rasa percaya diri sangat penting untuk membantu individu menciptakan inovasi baru yang bermanfaat bagi perusahaan.

    Berdasarkan survei yang dilakukan Harris Interactive untuk Carrerbuilder menujukan bahwa 25 persen atasan kerja menganggap jingga adalah warna yang sangat buruk untuk digunakan ketika melamar pekerjaan karena menunjukkan ketidakprofesionalan seseorang.

    4. Hijau
    [​IMG]

    Warna hijau sering diidentikkan dengan warna yang membawa ketenangan dan menunjukkan semangat muda. Meskipun karakter ini merupakan karakter yang harus ada diri pekerja, warna hijau juga melambangkan bahwa kamu adalah orang yang kurang berpengalaman.

    Meskipun kamu baru saja lulus dari sekolah/ sarjana, tetapi memberikan kesan bahwa kamu mempunyai pengalaman di bidang yang sedang kamu lamar adalah poin penting untuk penilaian yang diberikan pewawancara.

    5. Motif yang terlalu banyak

    [​IMG]

    Meskipun istilah untuk 'motif' ini tidak termasuk ke dalam kategori warna, kemeja dengan terlalu banyak motif juga sebaiknya dihindari oleh kamu yang akan mengikuti proses wawancara. Kemeja dengan motif simpel memang akan membuat kemeja tidak monoton.

    Tetapi jika aksen di kemeja tersebut terlalu banyak, maka akan mengganggu pandangan dari pewawancara yang berhadapan denganmu. Bukannya bisa bercakap-cakap denganmu, pewawancara mungkin akan memilih untuk segera mengakhiri proses wawancara karena tidak tahan dengan kemejamu.

    -

    PT TOG Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.

    -

    Salam Sukses

    [​IMG]
     
  2. Kecephotobooth

    Kecephotobooth Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    62
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ane mah pengalaman interview pake baju warna item... tapi alhamdulillah diterima... *berkeringat*
     
  3. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    267
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
  4. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    169
    Trophy Points:
    63
    Padahal aku penyuka warna hijau loh!!! apakah itu artinya aku kurang berpengalaman?
     
Loading...

Share This Page