6 Alasan Umroh Selagi Muda

Discussion in 'Tourism' started by farih shofi, Jul 26, 2016.

  1. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    6 Alasan Umroh Selagi Muda
    Ada beberapa asumsi di tengah masyarakat Muslim Indonesia, bahwa berangkat menjalankan Ibadah Umroh maupun Ibadah Haji adalah hal yang wajib dilaksanakan oleh mereka yang telah lanjut usia dan memiliki ilmu agama yang tinggi. Padahal sejatinya, perintah untuk melaksanakan ibadah haji maupun Umroh diwajibkan untuk semua umat Islam yang telah mampu melakukannya, bukan hanya diwajibkan bagi umat-Nya yang telah berumur. Beberapa hal ini menjadikan Alasan Umroh Selagi Muda tidak diperhitungkan.

    Dengan adanya asumsi ini, menjadikan banyak anak muda cenderung berlomba-lomba untuk bertraveling ke Eropa atau Amerika dibandingkan mengunjungi tanah Tuhannya. Jika kita mau menelaah lebih jauh, ketika seseorang di usia yang masih muda memutuskan untuk mengunjungi kota Suci Makkah dan Madinah, akan lebih banyak keuntungan yang akan dia peroleh, dibandingkan ketika menunggu dirinya menjadi tua, karena sebagaimana yang kita tahu bahwa ibadah haji dan umroh ini memerlukan kekuatan fisik yang prima.

    6 Alasan Umroh Selagi Muda
    [​IMG]

    Berikut adalah Alasan Umroh Selagi Muda yang perlu anda ketahui:

    • Stamina Masih kuat, Tidak cukup hanya dengan Niat
    Berbeda dengan perjalanan biasa, menunaikan Ibadah ke Tanah Suci baik itu umroh maupun haji membutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima. Hal ini dikarenakan perjalanan dari tanah air menuju Madinah kemudian ke Makkah memakan waktu yang tidak sebentar dan tentu saja akan menguras tenaga. Selain itu seluruh prosesi ibadah yang akan anda lakukan di tanah Suci merupakan ibdah fisik yang mengharuskan perjuangan tidak sedikit: tawaf mengelilingi Kakbah, Sa’i di Bukit Shofa-Marwah, dan berdesakan demi mencium Hajar Aswad.

    Untuk orang yang telah berusia lanjut, semua kegiatan tersebut akan terasa sangat berat dibandingkan untuk kamu yang masih muda.

    • Punya Kesempatan Untuk membantu Orang lain
    Di Tanah Suci, Anda akan bertemu dengan orang-orang lanjut usia yang kondisi tubuhnya mungkin sudah tidak prima lagi. Kebugaran yang Anda miliki sebagai seorang anak muda akan menjadi modal untuk anda membantu para orang tua tersebut dalam menjalankan Ibadahnya.

    • Usia Muda, Waktu yang tepat menentukan Pilihan Hidup
    Anda yang masih muda, penuh dengan kegelishan dan kegalauan duniawi. Maka Tanah Suci adalah tempat yang paling tepat untuk anda mengadukan segala beban di hati. Anda bisa berdoa langsung di depan Kakbah, merendahkan diri memohon petunjuk Allah untuk pilihan hidup Anda. Tentu akan lebih baik ketika mendapatkan pencerahan di awal masa muda anda dibandingkan ketika Anda sudah lanjut usia.

    • Jabal Rahmah Solusi Kegalauanmu Anda Soal Jodoh
    Tidak hanya soal masa depan, biasanya jodoh adalah hal lain yang selalu mengisi lembar kebimbangan masa muda Anda. Berdoa di Jabal Rahmah merupakan solusi tepat untuk Anda yang tengah galau soal pasangan hidup.

    • Meningkatkan Kualitas Ibadah
    Di Tanah Suci, anda akan melihat masyrakat Arab menunaikan perintah Allah dalam keseharian mereka. Saat azan tiba, mereka akan berhenti berdagang dan akan langsung menunaikan ibadah salat berjamaah sambil meninggalkan dagangan mereka. Konsistensi mereka akan menginspirasi Anda untuk menjadi hamba-Nya yang terus memperbaiki kualitas ibadah meski dengan godaan duniawi yang bertebaran di sekitar Anda.

    • Perubahan Positif
    Sepulang dari Tanah Suci, Anda akan mengalami banyak perubahan positif dan besarnya kekuasaan Allah. Perjuangan melaksanakan ibadah di Tanah Suci akan meningkatkan keimanan anda ke level yang baru. Dan karena anda masih muda, maka anda akan punya lebih banyak waktu untuk menerapkan semua perubahan positif yang anda dapatkan setelah ziarah di Tanah Suci.

    Umur adalah misteri yang tidak bisa disingkap oleh pengetahuan manusia. Karena itu selagi kita mampu dan memiliki waktu, tentunya lebih baik untuk tidak menunda-nunda ibadah. Bagaimana, masih membutuhkan tambahan Alasan Umroh Selagi Muda.
     
    Adenatgeorge likes this.
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, setuju sekali guys, asalkan berdasarkan kesadaran sendiri bukan dorongan atau kemauan orang lain, plus sempurnakan niat:D
     
    farih shofi likes this.
  3. Adenatgeorge

    Adenatgeorge Member

    Joined:
    Jul 16, 2016
    Messages:
    30
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Niat, Tirakat, Mangkat... :D

    Niat sudah , masih Tirakat (Kerja, Nabung)... sedang berproses... mangkatnya belum tau ? heheh *huh*
     
    farih shofi likes this.
  4. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Mantab Gan, saya setuju banget...:D
     
  5. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Sipp, Konsepnya bagus Gan, " Niat, Tirakat, Berangkat "..:D
     
    Adenatgeorge likes this.
  6. ismailauly

    ismailauly Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yang sangat penting bagi yang mampu, jangan daftar umroh terlebih dulu tapi daftarlah haji walaupun butuh waktu tahunan untuk keberangkatannya. yang penting anda haji dulu, biaya haji dan umroh beda sedikit, sedangkan untuk haji itu wajib hukumnya bagi yang mampu, kalau mampu untuk umroh berarti mampu untuk haji, daftarlah haji dulu walaupun baru 10th baru bisa berangkat, yang pentinmg kamu udah melakukan yang wajib. jika ada rijeki lagi sebelum kamu berangkat haji, anda bisa umroh
     
    farih shofi likes this.
  7. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    486
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Kalau mau umroh tapi uangnya belum cukup. Sebaiknya ditabung di mana ya gan? Tolong saran.
     
    farih shofi likes this.
  8. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Mantab Gan Saran'nya, dulukan yang wajib daripada yang sunnah..
    Kalau mampu dua2'nya harus dilakukan, baik Haji maupun Umroh..:)
     
  9. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Ditabung di bank Kayaknya lebih aman Gan untuk nabung Umroh'nya..
    Sekarang sudah banyak model Tabungan Umroh dari berbagai macam jenis Bank..
    Semoga bermanfaat..:)
     
  10. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    486
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Saya juga kepikiran nabung di bank, tapi bank ada tabungan biasa dan tabungan haji. Apa bedanya? Emangnya, tabungan biasa gak bisa buat bayar haji, kok dibedain?

    Tolong sarannya gan.
     
    farih shofi likes this.
  11. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Memang ada bedanya gan antara tabungan Haji dan Tabungan Biasa, kalo tabungan haji itu tidak ada biaya administrasi bulanan, tidak ada ATM (Jadi Uangnya lebih AMAN dari kehendak Nafsu Kita Gan:D), Sedang tabungan biasa itu ada potongan biaya perbulan dan ada ATM (uang bisa diambil sewaktu2), Dan keduanya bisa digunakan untuk daftar Haji..
    Semoga bermanfaat..:D
     
  12. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    486
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Saya bingung, tabungan haji ada yang wadiah dan ijarah.
     
    farih shofi likes this.
  13. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    kalo setau saya, "Tabungan haji biasa" Itu memakai Akad Ijarah Gan (pengertian ijarah bisa di Googling aja, kepanjangan kalo harus dijelaskan di sini:D), intinya kalo agan pake akad ijarah itu sama dengan "Tabungan Biasa", Sedang untuk yang Wadi'ah biasanya dipakai untuk "Talangan Haji", Tapi untuk sekarang Talangan haji ini sudah tidak ada..
    Kurang lebih seperti itu Gan..:)
     
  14. aloy

    aloy Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    masih muda bisa beribadah umroh, ...... mau.......
     
  15. alma al

    alma al New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    melaksanakan ibadah umroh saat masih muda memang akan sangat bermanfaat bagi yang melaksanakan nya karena saat berada di masjidil haram dengan berbagai keutamaan nya bisa menjadi risalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik....
     
  16. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Ane setuju dengan pendapat aden.... inilah yang kadang salah dalam masyarakat kita den...
    Bagusnya abis daftar haji, sambil nunggu bolehlah umroh klo emg biaya umroh nya memadai...
     
    Last edited by a moderator: Oct 13, 2016
    farih shofi likes this.
  17. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Mantab gan, Ane setuju banget sama pendapat Agan-agan..:)
     
    Last edited by a moderator: Oct 13, 2016
  18. Den Haji

    Den Haji New Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Den Haji turut mendo'akan, semoga yang beribadah umroh baik tua ataupun muda, Allah mudahkan, Allah sehatkan agar kuat dalam menjalani rangkaian ibadah umroh, dan sepulang dari umroh terjadi perubahan sudut pandang dan sikap menjadi pribadi yang sholeh. Aamiin. :)
     
  19. Safari

    Safari Member

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    mantab den share nya.. jadi pengen segera ke tanah suci, mencium hajar aswad,.. tapi apaladaya, semua kondisi belum memungkinkan...
     
  20. zuhrihasyim

    zuhrihasyim New Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Memang idelanya melaksanakan Umroh ataupun haji kita laksanakan sewaktu masih muda. Karena ibadah umroh maupun haji memerlukan banyak tenaga. Mari persiapkan niat dan biayanya dari sekarang..
     
Loading...

Share This Page