6 Cara Mengatasi Prosesor/ CPU Panas (Overheat)

Discussion in 'Computer' started by NitroTekno, May 11, 2020.

  1. NitroTekno

    NitroTekno New Member

    Joined:
    Apr 4, 2020
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mengetahui Prosesor Panas

    Prosesor yang mengalami overheat tentu tidaklah bagus, hal ini dapat memperpendek umur dari prosesor agan. Selain itu, komputer agan menjadi lambat atau bahkan mati secara otomatis. Oleh karena itu, penting bagi agan untuk mengetahui cara mengecek apakah prosesor/ CPU agan terlalu panas (overheat) dan bagaimana penanganannya

    Setiap prosesor memiliki ambang batas suhu maksimal dalam penggunaannya. Apabila melebihi batas maksimum, suatu CPU akan mengalami throttling, di mana prosesor akan memperlambat kerjanya untuk menghindari terjadinya kerusakan. Sementara itu, sebagian prosesor lainnya akan mati secara otomatis bila mencapai ambang batas suhu maksimum

    Agan dapat mengunjungi artikel di bawah ini untuk mengetahui software yang dapat digunakan untuk memantau suhu prosesor
    5 Software Gratis untuk Cek Suhu Laptop/ Komputer


    Tips Mengatasi Prosesor Panas

    Mengecek Kondisi Kipas Casing

    Saat komputer agan menyala, pastikan semua kipas berputar dengan baik dan lancar. Selain itu, agan juga disarankan untuk membersihkan kipas dari debu yang menumpuk pada blade kipas seiring waktu agar udara dapat tetap mengalir dengan lancar.

    Mengecek Kondisi Pendingin Prosesor

    agan perlu membuka casing komputer terlebih dahulu. Ada 3 bagian yang perlu agan perhatikan dalam mengecek pendingin prosesor ini:

    a. Kipas prosesor
    Kipas CPU berfungsi untuk mengalirkan udara yang menangkap panas dari CPU untuk dikeluarkan dari komputer. Kualitas suatu kipas biasanya diukur dengan satuan CFM (Cubic Feet per Minute) yang menyatakan banyaknya udara yang dipindahkan tiap menitnya.
    b. Heatsink
    Heatsink ini berfungsi untuk menghantarkan panas dari thermal paste ke kipas. Seberapa baik suatu heatsink dalam menghantarkan kipas dipengaruhi oleh bahan pembuatannya.
    c. Thermal Paste (Pasta CPU)
    Thermal paste berfungsi untuk menghantarkan panas dari CPU menuju ke heatsink. Thermal paste digunakan untuk mengisi celah antara heatsink dan prosesor , karena pada umumnya bentuk permukaan CPU tidaklah rata tetapi sedikit cekung.
    Kualitas dari suatu thermal paste ini dipengaruhi oleh konduktivitas panasnya.
    Perlu diperhatikan bahawa konduktivitas panas dan listrik berbeda.

    Mengatur Sirkulasi Udara dalam Ruangan

    Suhu dan sirkulasi udara di dalam ruangan secara tidak langsung mempengaruhi suhu dari prosesor dan komputer. Hal ini disebabkan karena panas yang dibuang oleh komputer dari hardware (termasuk prosesor) akan dibuang ke ruangan. Apabila ruangan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, lama-kelamaan panas akan terakumulasi sehingga suhu ruangan dan komputer itu sendiri akan menjadi panas.

    Melakukan Undervolting pada Prosesor

    Undervolting prosesor bertujuan untuk mengurangi tegangan listrik secara dinamis pada prosesor. Dengan mengurangi tegangan ini, konsumsi daya dan panas yang dihasilkan dapat dikurangi.

    Undervolting pada prosesor Intel
    Apabila agan menggunakan prosesor Intel, software resmi yang digunakan adalah Intel XTU (Extreme Tuning Utility). agan dapat mengunduh Intel XTU pada link berikut ini.

    Undervolting pada prosesor AMD
    AMD memiliki 2 software, yaitu AMD Ryzen Master dan AMD Overdrive. AMD Overdrive digunakan oleh CPU AMD sebelum Ryzen dan tidak lagi dilanjutkan perkembangannya oleh AMD. Bagi pengguna AMD Ryzen, agan dapat menggunakan AMD Ryzen Master.

    Membatasi Prosesor Usage

    Dengan membatasi performa maksimum dari prosesor, maka agan juga dapat menghindari suhu yang terlalu tinggi. Akan tetapi, agan juga hanya dapat menggunaan prosesor sesuai batas tersebut.

    Sekian artikel mengenai cara untuk mengatasi prosesor panas di komputer agan. Bila agan masih ingin mengetahui lebih dalam tentang cara penanganan prosesor overheat/ panas, agan dapat mengunjungi artikel selengkapnya tentang Cara Mengatasi Prosesor Panas (Overheat)
     
    Last edited: May 11, 2020
  2. hendrik21

    hendrik21 Member

    Joined:
    Aug 30, 2018
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tindakan pertama mengatasi prosesor panas hingga mengakibatkan suara kipas menjadi nyaring ternyata hanya dengan membersihkan sirkuit dan kipas dengan menggunakan kuas atau kompressor. Biasanya masalah sudah beres...

    *Berdasarkan pengalaman pribadi
     
Loading...

Share This Page