6 Cara Mudah Sejukkan Kamar Agar Tidak Gerah, Sudah Pernah Coba?

Discussion in 'General Business' started by Garena, Dec 13, 2018.

  1. Garena

    Garena New Member

    Joined:
    Jul 6, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah, kamukah itu yang sesore ini sudah pusing mencari mini centrifugal termurah untuk membersihkan debu di kamar dan axial marine murah untuk menyegarkan ruangan? Yup! Di tengah cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, kamar yang seharusnya nyaman memang terkadang berubah panas dan membuatmu tidak betah berlama-lama tinggal di dalamnya.


    Kalau sudah begitu, AC pun tak jarang dianggap jadi solusi mutakhir yang paling ampuh meski menambahkan AC pada setiap ruangan di rumahmu bisa membuat tagihan listrik bisa membengkak. Namun sebenarnya, kamu bisa lho menyejukkan kamar dan ruangan-ruangan di rumahmu tanpa AC. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Keep on reading, ya.


    1. Mengecat tembok dengan warna yang tepat

    Jangan salah, pilihan warna cat untuk tembok kamar dan ruangan di rumah kamu bisa berpengaruh terhadap suhu, lho! Pilihan warna cat yang gelap bisa membuat kamar terasa sumpek dan panas. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih warna-warna yang cerah. Warna cerah seperti putih, biru muda, dan hijau muda yang bisa memberikan sensasi tenang sekaligus sejuk boleh kamu coba.



    2. Tutup tirai di siang hari, jangan lupa pilih tirai warna terang

    Sebenarnya, sekitar 30 persen temperatur tinggi di dalam rumah diakibatkan oleh panas sinar matahari yang masuk. Oleh karena itu, menutup tirai pada siang hari penting untuk dilakukan supaya intensitas sinar matahari yang masuk bisa diminimalisasi.


    Jangan lupa memilih tirai yang berwarna terang dan terbuat dari bahan ringan. Hati-hati, tirai berwarna gelap sekaligus berbahan tebal akan mudah menyerap panas dan mampu menghangatkan ruangan. Jika perlu, gunakan juga kaca film pada jendela-jendela di rumahmu untuk mempekecil intensitas panas yang masuk.



    3. Akali dengan kipas angin

    Kipas angin bisa jadi alternatif terbaik untuk menyejukkan ruangan. Meski begitu, usahakan untuk menyalakan kipas angin seperlunya. Sebab, kipas angin menggunakan mesin yang jika dihidupkan terus-menerus akan menghangatkan ruangan.


    Nah, kalau menyalakan kipas masih kurang menyejukkan, cobalah letakkan semangkuk es di depan kipas angin kamu. Dengan begitu, kipas angin akan menyebarkan udara dingin yang keluar dari es ke seluruh ruangan.



    4. Basahi lantai, buka jendela saat malam tiba

    Sebelum tidur, usahakan untuk membasahi lantai ruangan menggunakan air. Cara ini bisa membantu kamu menurunkan suhu di dalam rumah. Selain itu, pastikan kamu membuka jendela kamar saat malam hari. Biasanya, udara malam hari lebih dingin daripada udara siang hari. Jadi, manfaatkan waktu malam untuk menyejukkan ruangan.



    5. Minimalkan penggunaan lampu

    Sudah bukan rahasia lagi, penggunaan lampu memang bisa menaikkan suhu di dalam ruangan. Jadi, usahakan kamu meminimalisasi penggunaan lampu. Kalau perlu, gunakan lampu dengan watt kecil supaya panas yang terpancar tidak terlalu besar. Pastikan juga kamu mematikan lampu sebelum tidur dan saat siang hari.



    6. Letakkan tanaman di dalam kamar

    Tanaman hijau memang enggak ada duanya! Selain bisa memperindah desain interior, meletakkan tanaman di dalam kamar juga dijamin akan menyejukkan. Seperti yang sudah kamu tahu, tanaman mengeluarkan oksigen pada siang hari. Oksigen itu tentu bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman.


    Namun, pastikan kamu mengeluarkan tanamanmu saat malam tiba, ya. Sebab, pada malam hari, tanaman akan mengeluarkan karbon dioksida yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. So, jangan malas untuk memindahkan tanamanmu setiap siang dan malam hari, ya!


    Itulah 6 cara menyejukkan kamar yang bisa kamu coba. Meski tanpa AC, kamarmu bisa tetap sejuk, kok!
     
  2. blackking

    blackking Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    873
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    Membasahi lantai, belum pernah mencoba untuk tips yang ini, atau mungkin sekedar dibasahi dengan cara di pel
    kalau didalam kamar ditaruh tanaman bagus juga sih tapi harus rajin ngerawat
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    231
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    kalau taruh tanaman, bukan nya tiap malam tanaman itu nyedot oksigen ya ? , ane belum pernah sih masuk ke kamar yang ada tanaman nya
     
  4. Herna Ismayanti

    Herna Ismayanti New Member

    Joined:
    Nov 5, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  5. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    265
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Yang paling penting menurut saya sirkulasi udara harus lancar. Kalau kamar yg sirkulasi udaranya gx lancar gx bakalan betah didalamnya berlama2
     
  6. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    135
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Bukannya membuka jendela di malam hari itu tidak baik ya? Orng" tua dulu si bilang nya pamali
     
Loading...

Share This Page