6 Cara Selebgram Menghasilkan Uang Melalui Instagram

Discussion in 'Education' started by Ashary, Apr 17, 2021.

  1. Ashary

    Ashary New Member

    Joined:
    Mar 29, 2021
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apakah kalian pernah melihat seorang Selebgram yang hobinya traveling kesana kemari, hang out ke Mall untuk sekedar makan-makan serta membeli barang-barang yang harganya cukup fantastis sedangkan pekerjaan mereka hanya seorang Selebgram?

    Pertanyaannya adalah, bagaimana mereka bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari pekerjaannya sebagai seorang Selebgram?
    Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membahas bagaimana caranya seorang Selebgram menghasilkan uang melalui Instagram mereka.

    Instagram merupakan salah satu madia sosial yang memiliki banyak penggunanya di penjuru dunia. Dilansir dari Hoot Suite, pengguna Instagram pada tahun 2020 mencapai 1 miliar.

    Sementara di Indonesia, jumlah pengguna Instagram pada tahun 2020 mencapai 63 juta jiwa, dengan rincian sebagai berikut:
    Prosentase pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan: 50,8%
    Prosentase pengguna Instagram berjenis kelamin laki-laki: 49,2%

    Mengingat begitu banyaknya pengguna Instagram di Indonesia, banyak orang yang mencari popularitasnya melalui Instagram, salah satunya menjadi seorang Selebgram. Selebgram sendiri merupakan seseorang yang cukup terkenal di Instagram dan memiliki setidaknya 20.000 followers atau fans.

    Pernahkah kamu berpikir bagaimana seorang Selebgram dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah melalui Instagram? Nah, kali ini Mimin akan bahas bagaimana sih seorang Selebgram dapat menghasilkan uang dari profesinya sebagai seorang Selebgram.

    Perlu kamu ketahui, bahwa Instagram tidak memiliki standar cara menghasilkan uang seperti YouTube dan Google melalui konten atau iklanya. Maka dari itu, sampai saat ini seorang Selebgram tidak mendapat bayaran dari Instagram seberapa pun banyak jumlah pengikut yang mereka miliki.
    Lalu bagaimana seorang Selebgram bisa mendapatkan uang?

    1. Endorse
    Endorse adalah mempromosikan produk orang lain di akun Instagram seorang Selebgram. Selain mendapatkan produk tersebut secara gratis, mereka juga dibayar untuk aktivitas tersebut. Cukup menggiurkan bukan?

    Untuk kegiatan Endorse sendiri biasanya dilakukan melalui 2 cara. Pertama, Endorse melalui Insta Story, dan yang kedua melalui postingan konten di feed selebgram tersebut. Untuk bayarannya sendiri biasanya menyesuaikan dengan seberapa banyak followers yang dimiliki seorang Selebgram tersebut.

    2. Promosi Berbayar atau Paid Promote (PP)
    Pernah melihat postingan selebgram yang memposting berupa iklan atau foto sebuah produk? Yap, itulah yang dinamakan Promosi Berbayar atau Paid Promote. Lalu apa bedanya dengan Endorse?

    Paid promote biasanya hanya menampilkan foto, gambar, atau brosur dari pihak pengiklan lalu dipromosikan. Anggap saja pengiklan ingin melakukan paid promote kepada selebgram, maka pengiklan hanya perlu membayar tarif paid promote, selanjutnya pengiklan mengirim materi berupa foto atau video beserta captionnya. Kemudian seorang Selebgram memposting foto dan caption tersebut sesuai keinginan pengiklan.

    Sedangkan untuk endorse, produk biasanya sampai ke tangan selebgram tersebut untuk dipromosikan secara langsung. Misalnya pengiklan ingin promosi Jaket atau Hoodie maka jaket atau hoodie tersebut akan dikirim ke alamat selebgram (menjadi hak milik). Setelah sampai, selebgram tersebut akan mereview atau mempromosikan jaket maupun hoodie tersebut sesuai kesepakatan sebelumnya dengan pengiklan.

    Untuk Endorse sendiri bisa berbayar, bisa juga tidak. Ada beberapa selebgram yang menerima barang secara cuma-cuma lalu dipromosikan, ada juga yang harus mematok harga lagi. Itu semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

    3. Menjual Akun Instagram

    Apakah kamu pernah melihat beberapa selebgram memiliki lebih dari satu akun? Nah, selain fungsinya sebagai akun cadangan, akun tersebut sewaktu-waktu bisa lho dijual kepada orang lain. Harganya juga lumayan mahal, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada jumlah dan interaksi followers yang dimiliki.

    4. Melalui Youtube

    Cara yang satu ini cukup banyak dilakukan seorang Selebgram untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah. Seorang Selebgram biasanya memanfaatkan ketenarannya dengan cara menjadi Youtuber. Yap, cukup mudah memang bagi seorang Selebgram untuk mendapatkan subscriber dan views dari pengikut setianya. Mereka hanya perlu membuat konten menarik di Youtube, kemudian mempostingnya ke Instagram masing-masing untuk meminta subscribe maupun views dari followers atau pengikutnya.

    Baca Selengkapnya pada artikel
    6 Cara Selebgram Menghasilkan Uang melalui Instagram

    Nah, itulah beberapa cara yang dilakukan seorang Selebgram dalam mencari pundi-pundi Rupiah. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang Selebgram? Tentukan pilihanmu dari sekarang.
     
  2. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    68
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Ternyata seperti itu mekanismenya
     
Loading...

Share This Page