6 Fitur utama yang terdapat pada Audio System Mobil

Discussion in 'Otomotif' started by audiomobilbsd, Apr 27, 2018.

  1. audiomobilbsd

    audiomobilbsd Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    membeli-perangkat-audio-mobil-bekas.jpg

    Saat ingin memutuskan untuk mengganti sound system mobil, membeli audio system mobil baru bisa menjadi pertimbangan yang efisien. Anda bisa menemukan berbagai produk pilihan stereo mobil canggih di berbagai layanan jual beli pada toko audio mobil. Namun, bisa saja karena banyaknya pilihan, Anda cukup bingung Mana produk stereo yang sesuai. Sebagai bahan pertimbangan, ada 6 Fitur utama yang terdapat pada Audio System Mobil

    1. Sumber audio

    Head unit adalah salah satu komponen sebagai pengolah sinyal suara juga sebagai sumber audio yang sering digunakan. Apakah Anda tipe orang yang masih setia menggunakan CD player atau lebih suka menggunakan multimedia media digital?

    Sebagai catatan, meski lebih suka menggunakan CD player karena unit ini lebih fokus untuk stereo system. Anda tetap harus mempertimbangkan untuk memakai head unit double Din yang mendukung media digital, terutama port USB. Dengan begitu, stereo bisa memainkan berbagai jenis berkas media digital seperti MP3, WMA, ataupun AAC.


    2. Integrasi dengan aplikasi smartphone

    Fitur berikutnya yang bisa dipertimbangkan saat membeli Head unit integrasi dengan aplikasi smartphone. Kini banyak dijual dipasaran head unit yang dapat dihubungkan dengan smartphone dengan aplikasi Mirrorink. Dengan fitur tersebut semua aplikasi pada smartphone dapat ditampilkan pada layar monitor. Untuk menghubungkan aplikasi Mirrorink tersebut dengan kabel standart smartphone atau dengan dongle wi-fi.
    Selain itu head unit double din android system sudah built in internet Wi-Fi. Untuk pengguna Iphone dapat memilih fitur applecarplay. fitur tersebut dapat menampilkan GPS Waze navigasi. Sementara itu, para pengguna Android tak memerlukan kabel khusus untuk menggunakan ponselnya bersamaan dengan stereo mobil. sambungan dengan smartphone bisa dilakukan lewat Bluetooth untuk streaming musik dan telepon.


    3. Ketersediaan radio lokal dan satelit

    Secara umum, setiap produk Head unit stereo mobil dilengkapi dengan fitur radio AM/FM. Namun, saat ini siaran radio digital atau HD Radio memperoleh tambahan dengan keberadaan fitur tersebut. Fitur ini menyediakan akses ke siaran radio dari luar negeri dalam format digital.


    4. Navigasi dan GPS

    Navigasi dan GPS sangat membatu pemilik kendaraan untuk menacri lokasi. Head unit tersebut sudah built in Map GPS mengunakan SD card. Kelemahan system ini adalah navigasi ditampilkan secara offline sehingga untuk itu peta perlu di update. Tentu hal ini sangat merepotkan sebab anda harus mendatangi gerai audio mobil tersebut. Untuk itu sebaiknya pilih Double din GPS yang dapat terhubung secara online seperti Waze Map. caranya pilih unit yang memiliki fitur AppRadio contohnya adalah produk Pioneer.


    5. Dimensi dan Fitur

    Ukuran dari sebuah stereo mobil juga harus menjadi pertimbangan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih antara stereo single-DIN atau double-DIN. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Single Din minim fitur tapi untuk kualitas suara stereo cukup baik.Double Din kaya akan fitur yang mendukung multimedia.

    Sebelum membeli stereo mobil pastikan ukuranya pas dengan dashboard tempat head unit. Ada beberapa kendaraan yang mesti menggunakan frame khusus untuk kendaraan tertentu seperti ERTIGA, RUSH, NEW CRV, EXPANDER DLL. Head Unit Double Din lebih tepat difungsikan untuk multimedia karena banyaknya fitur yang menunjang sebagai hiburan. Fitur tersebut adalah Mirrorink, AppRadio, Bluettoth, Applecarplay, Weblink, Siri Eyes, DLL. Head unit ini dapat terhubung dengan kamera parkir dan remote kemudi.


    6. Sesuaikan daya
    Konsumsi power pada stereo bisa menjadi pertimbangan berikutnya. Sesuaikan daya power antara head unit dan speaker. Head unit memiliki daya yang relatif kecil dikisaran 45 Watt RMS @ 4 Ohm. Untuk itu tidak perlu membeli speaker degan daya 100 Watt RMS. Untuk menambah daya amplifier perlu digunakan. Amplifier untuk merepro daya yang lebih besar yang tidak didapatkan dari head unit. Satuan ukuran daya adalah RMS [ Root Mean Square ] sedangkan PMPO [ Peak Music Powwer Output ] bukan menjadi acuan daya yang digunakan.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau yang mobil keluaran baru audio pasti sudah canggih juga yah
    kalau mobil keluaran lama kalau mau pake audio canggih harus keluar modal lagi
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Audio system mobil baru memang keren. Kalau jarak jauh atau pas lagi macet, saya paling dengerin radio saja buat hiburan
     
Loading...

Share This Page